Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

5 Manfaat Pola Makan Sehat untuk Cegah Berbagai Penyakit

Mie Jiwa Pagi

Kapan lalu, ibu pernah bercerita tentang temannya yang kakinya terluka, lalu lukanya menghitam, dan seperti akan membusuk. Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata teman ibu menderita diabetes.

Teman ibuku sangat kaget dan tidak menyangka kalau penyakit yang juga sering disebut kencing manis itu sedang menggerogoti tubuhnya. Padahal tidak ada keturunan dalam keluarga teman ibuku yang menderita diabetes.

Setelah ditelusuri, ternyata gaya hidup dan pola makan teman ibuku termasuk tidak sehat. Beliau sering makan junk food, minum minuman rasa-rasa, jarang olahraha, dan terbiasa tidur setelah makan.

Dari cerita teman ibuku, bisa dipetik pelajaran bahwa gaya hidup sehat itu penting untuk tubuh yang sehat. Selain itu, manfaat pola makan sehat juga bisa untuk mencegah berbagai penyakit. Jangan sampai gara-gara pola makan yang tidak sehat berakibat buruk untuk kesehatan di masa depan.


Pola Makan Sehat, Pondasi Utama Dalam Gaya Hidup Sehat dan Cegah Penyakit

Pilar atau pondasi utama untuk memulai gaya hidup sehat adalah pola makan. Apa yang kita makan tentunya akan berpengaruh terhadap tubuh. Sebagai contoh kasus teman ibuku yang menderita diabetes tipe 2 yang terjadi akibat pola makan tidak sehat.

Pola Makan Sehat untuk Tubuh Sehat

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan penyakit degeneratif yang sangat terkait pola makan, gaya hidup kurang sehat yang meliputi kurangnya aktivitas fisik dan obesitas (Herdiana dkk., 2019).

Bahkan, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar keempat di dunia (WHO, 2019). Hal ini menunjukkan bahwa hampir sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Oleh karena itu sangat penting untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan. Manfaat pola makan sehat juga banyak sekali, terutama untuk kesehatan dan kekebalan sistem imun tubuh.

Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul Karena Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan merupakan salah satu faktor gaya hidup yang bisa menentukan apakah tubuh mudah terserang penyakit atau tidak. Pola makan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Berbagai penyakit dalam yang bisa muncul akibat tidak menjaga pola makan sehat adalah kanker, diabetes tipe 2, jantung koroner, stroke, hipertensi, penyakit mental, dan lain-lain.


Manfaat Pola Makan Sehat untuk Cegah Berbagai Penyakit

Pola makan sehat tentunya juga akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat pola makan sehat untuk cegah berbagai penyakit adalah sebagai berikut.

1. Mengontrol Gula Darah

Penggunaan karbohidrat lain pengganti nasi yang lebih rendah gula seperti roti gandum, sorgum, dan beras merah bisa membantu mengatur gula darah. 

2. Membantu Jaga Berat Badan

Perbanyak konsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian memiliki manfaat untuk membuat kenyang lebih lama. Makanan tersebut tinggi lemak dan tinggi kalori sehingga membuat kenyang lebih lama, berat badan pun terjaga dari obesitas.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Zat fitokimia dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan bisa bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa antioksidan ini termasuk betakaroten, likopen, dan vitamin A, C, dan E.

4. Jaga Kesehatan Jantung, Cegah Stroke

Berdasarkan informasi dari Yayasan Jantung dan Stroke Kanada (The Heart and Stroke Foundation of Canada), sebanyak 80 persen kasus penyakit jantung dini dan stroke dapat dicegah dengan membuat perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

5. Memelihara Kesehatan Ginjal

Manfaat pola makan sehat selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan ginjal. Makan makanan bergizi olahan sendiri dengan nutrisi seimbang, mengurangi junk food, dan minuman rasa-rasa bisa meringankan kerja ginjal. Sebab, pewarna atau pengawet makanan bisa memberatkan kerja ginjal karena harus bekerja ekstra membuang zat racun.


Cara Memulai Pola Makan Sehat

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, mengimbau masyarakat Indonesia untuk memulai pola makan sehat dengan cara berikut ini.

Jaga Hidrasi Tubuh, Minum Air Sesuai Kebutuhan

Air adalah kebutuhan utama tubuh yang harus dipenuhi agar metabolisme tubuh berjalan lancar. Minimal 8 gelas air atau sekitar 2 Liter cairan harus masuk ke dalam tubuh.

Menentukan Jadwal Makan Utama

Jadwal makan utama yang dianjurkan oleh Kemenkes RI adalah 3 kali sehari dengan catatan harus memenuhi karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayur. Makan lebih dari 3 kali sehari bisa menyebabkan obesitas jika tidak diimbangi dengan olahraga.

Camilan Sehat di Sela Jadwal Makan Utama

Bagi yang merasa makan utama sebanyak 3 kali masih kurang untuk pemenuhan energi, bisa menambah waktu makan dengan camilan sehat. Usahakan makan camilan berupa buah-buahan atau makanan lain olahan sendiri tanpa pengawet atau pewarna.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur banyak mengandung zat antioksidan untuk mencegah kanker. Selain itu, buah dan sayur memiliki kandungan gula alami, tinggi lemak, dan tinggi kalori. Jadi, mengonsumsi sayur dan buah bisa memenuhi rasa lapar dan menjaga berat badan agar tidak terjadk obesitas.

Kurangi Gorengan, Perbanyak Rebusan atau Kukusan

Mengolah makanan dengan merebus atau mengukus bisa mengurangi risiko lemak jahat atau kolesterol tinggi dalam olahan makanan berupa gorengan. Lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, atau hipertensi.

Mengurangi Penggunaan MSG

Mengurangi penggunaan MSG dalam olahan makanan merupakan hal penting untuk menjalani pola makan sehat. Agar manfaat pola makan sehat bisa lebih maksimal didapatkan oleh tubuh, lebih baik mengonsumsi makanan tanpa MSG dan bervitamin. Makanan tanpa MSG lebih menyehatkan tubuh dan menjaga kesehatan ginjal.


Mie Jiwa Pagi, Camilan Sehat Tanpa MSG untuk Pola Makan Sehat

Aku ingin ngemil sehat, tapi bingung selain buah dan sayur, bisa ngemil sehat apalagi ya?"

Mie Jiwa Pagi
Sumber: jiwapagi.com

Tenang, selain buah dan sayur, kita bisa ngemil sehat dengan Mie Jiwa Pagi, mie instan tanpa MSG. Jiwa Pagi merupakan produk mie instan sehat dan enak yang diproduksi untuk mendukung pola makan sehat demi hidup yang lebih sehat. Selain diproduksi tanpa MSG, mie Jiwa Pagi juga terbuat dari sayuran, kaya vitamin, mineral, dan rendah lemak.

Mie Instan Tanpa MSG

Mie Jiwa Pagi adalah produk mie instan tanpa MSG untuk camilan sehat di luar jam makan utama. Selain non MSG, mie Jiwa Pagi adalah tak mengandung pengawet, pewarna buatan, bahkan perisa sintetik.

Terbuat dari Sayuran

Mie Jiwa Pagi terbuat dari sayuran yang tentu saja penuh nutrisi. Warna hijau pada mie goreng berasal dari bayam dan brokoli. Sementara itu, warna jingga pada mie rasa ayam bawang mengandung wortel dan warna kuning pada mie rasa soto mengandung wortel dan buncis.

Kaya Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam mie instan sehat Jiwa Pagi adalah vitamin A, B2, B9, zat besi, serta zink. Adanya kandungan vitamin dan mineral ini juga diperlukan untuk asupan tubuh yang lebih sehat.

Rendah Lemak

Tak hanya non MSG, kaya vitamin, mineral, dan tanpa pengawet, tapi mie Jiwa Pagi juga rendah lemak. Proses pengolahan mie tidak digoreng, tapi dipanggang. Oleh karena itu lebih cocok jadi camilan sehat anti penyakit.


Tubuh Bugar Berkat Manfaat Pola Makan Sehat, Iringi dengan Camilan Sehat Tanpa MSG

Ternyata manfaat pola makan sehat sangat berguna untuk cegah penyakit berbahaya tidak menular seperti kanker, jantung, stroke, diabetes, dan lain-lain. Selain menerapkan pola makan sehat, penyediaan camilan sehat juga bisa menunjang kebutuhan nutrisi harian tubuh yang mungkin masih kurang. Mie Jiwa Pagi merupakan mie instan sehat tanpa MSG dengan segala kebaikan sayuran, rendah lemak, dan mengandung banyak nutrisi.


Referensi

  • https://www.jiwapagi.com/tentang-jiwa-pagi
  • Herdiana, Y., Wardana, Y. W., Runadi, D. (2019), Pemeliharaan Pola Hidup Sehat dan Pemanfaatan Obat untuk Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus,Dharmakarya 8 (2), 98-100.

19 komentar

19 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    27 Oktober 2022 pukul 15.06
    Pola makan sehat nih terbukti bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga gak gampang sakit dan bisa bikin bugar tubuh juga ya kak
    Reply
  • Fera Marentika
    Fera Marentika
    26 Oktober 2022 pukul 02.20
    bener banget. kita harus membiasakan pola hidup sehat sesegera mungkin. kita harus bersyukur kita masih sehat dan kita harus menjaga kesehatan tersebut. makan makanan yang sehat, minum air putih yang banyak dan mulai olahraga ringan yang rutin.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    22 Oktober 2022 pukul 11.32
    Karena konsumsi mie gak boleh sering-sering, namun sejak mengenal Mie Jiwa Pagi, jadi bisa beberapa kali konsumsi mie dengan aman, Proses dan bumbunya tanpa MSG jadi bikin tenang.
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    22 Oktober 2022 pukul 11.19
    Baru tau nih ada Mi Jiwa Pagi, belinya dimana tuh mba? Aku masih suka makan mi instan nih, kalau ada yang sehat gini kan jadi enggak worry lagi saat nyemil.
    Reply
  • https://www.rumahami.com
    https://www.rumahami.com
    22 Oktober 2022 pukul 10.48
    Wah aku baru tahu ada mie jiwa pagi dari artikel ini.
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    22 Oktober 2022 pukul 09.13
    penasaran dengan mie berbahan sayur nih, sepertinya yummy ya mbak
    saya juga sedang mencoba untuk memperbanyak sayur dan buah, sekaligus mengurangi asupan karbo
    Reply
  • Han
    Han
    22 Oktober 2022 pukul 07.58
    Wahh sebagai pencinta miee kayaknya ngga akan terpuaskan sebelum cobain mie Jiwa Pagi ini mbaa, asli penasaran, di sini dah ada belum yaa? Atau ntar nyari di marketplace dehh
    Reply
  • Kata Nieke
    Kata Nieke
    22 Oktober 2022 pukul 07.18
    Saya juga udah pakai pola makan yang sehat sejak 2015. Rasanya lebih enak setelah detoks tubuh dari MSG. Begitu iseng nyoba lagi makan msg kok rasanya jadi aneh.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    22 Oktober 2022 pukul 06.00
    Iya nih, pola makn mesti dijaga karena apa yang masuk ke dalam tubuh tuh berdampak banget bagi kesehatan. Btw baru tau saya tentang mie jiwa ini
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    22 Oktober 2022 pukul 05.47
    Setelah pengalaman anak sakit berturut -turut karena pola makan tidak sehat. Rasanya ingin bertaubat untuk menerapkan pola hidup sehat bagi keluarga.
    Reply
  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa
    22 Oktober 2022 pukul 04.34
    Benerrr bgt mba.
    Sekarang banyak penyakit aneh2, karena dipicu gaya hidup yg ga sehat

    Semogaaaaa kita semua selalu sehat yaaaa
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    22 Oktober 2022 pukul 00.38
    Setuju kak Manfaat Pola Makan Sehat memang sangat bermanfaat untuk Cegah Berbagai Penyakit ya
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    21 Oktober 2022 pukul 20.33
    Penyakit diabetes itu memang serem ya Mbak. Selain bisa turun secara genetik, pola makan pun bisa jadi pemicunya. Harus mulai coba beralih ke makanan-makanan sehat memang. Berhubung hampir sekeluarga suka sama yang namanya mie, perlu mulai cari alternatif mie yang sehat, seperti mie jiwa pagi ini.
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    21 Oktober 2022 pukul 18.27
    Bener banget, pola hidup dan makanan junk food pengaruh banget buat kesehatan. Apalagi sekarang, doyan micin, olahraga kurang huhu.
    Untung ada Mie Jiwa Pagi yah, solusi ngemil sehat tanpa msg.
    Reply
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    21 Oktober 2022 pukul 16.30
    Mie jiwa pagi ini ada si supermarket mba? Rasanya saya belum pernah melihatnya....bagus nih buat memindahkan kebiasaan makan mie instan.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    21 Oktober 2022 pukul 13.01
    penasaran pengen cobain mie Jiwa Pagi ini niy mba, kayaknya enak banget ya, belum cobain. Saya suka kalau mie sehat begini banyak kandungan sayurannya
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    21 Oktober 2022 pukul 12.05
    Aku beli ini kapan hari karena anakku bilang lebih sehat - setelah dia baca komposisi dll di bungkusnya. Eh aku cek bener juga. Tenang hati kalau produk mie instan sehat dan enak begini, bisa nih mendukung pola makan sehat demi hidup yang lebih sehat.
    Reply
  • Nita
    Nita
    20 Oktober 2022 pukul 18.56
    Mie jiwa pagi ini sepertinya mie baru ya, mba. Bagus nih non MSG. Masuk kategori mi sehat, ya. Jadi penasaran pingin coba rasanya.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    20 Oktober 2022 pukul 18.31
    Pola makan sehat ini memang baik ya mbak
    Membuat badan kita lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit
    Reply