Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Do’s and Don’ts

Mendapatkan uang dari blog

Resign dari pekerjaan setelah memiliki seorang anak, membuatku kembali fokus mengisi blog. Awalnya hanya asyik mengisi waktu luang. Hingga suatu ketika, Allah SWT membuka jalan rezeki lewat teman bloger yang memberitahu cara menghasilkan uang dari blog.

Perjalanan untuk menghasilkan uang dari blog sama susahnya dengan memantau tumbuh kembang anak. Harus dirawat dan dipupuk setiap hari agar terus berkembang. Harus promosi dan melakukan banyak hal agar blog semakin dikenal sekaligus mengundang brand untuk kerja sama.

Ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog dari segi tulisan, SEO, template, loading blog, DA/PA/DR/SS, dan masih banyak lagi. Selain itu, ternyata juga ada hal yang tidak boleh dilakukan agar suatu blog tetap bernilai positif di mata klien atau orang yang ingin menggunakan jasa bloger.

Bagaimana, sih, cara menghasilkan uang dari blog dan apa yang sebaiknya dilakukan (do's) dan tidak dilakukan (don'ts)?


Bloger Masih Ada, Semakin Naik Daun di Era Digital

Buat apa ngeblog? Emang ada yang mau baca, ya? Capek-capek nulis, nggak dapat duit.”

Siapa nih, teman bloger yang pernah mendapatkan selentingan kalimat indah penuh makna terpuji seperti itu atau yang mirip-mirip lah? Tenang, nggak usah sedih, sakit hati, atau bahkan merasa minder.

Kasih paham aja berapa gaji bloger pemula yang kadang bisa mencapai UMR. Apalagi bloger profesional yang sampai bisa membangun rumah dengan hasil blogging. Dijamin mereka bakal auto kicep dan pengen ikutan jadi bloger juga #eh.

Sebab, di era digital saat ini pekerjaan bloger lagi naik daun, loh. Bahkan brand-brand besar tanah air sudah banyak yang menggunakan bloger dalam bagian strategi pemasaran digital. Tentunya untuk bloger yang sudah memiliki integritas dan profesionalitas, ya.

Bagi bloger yang baru saja terjun ke dunia blogging, fokus saja dulu untuk meningkatkan kualitas blog. Nggak usah buru-buru untuk memaksakan diri agar bisa menerkma job. Kalau buru-buru padahal kualitas masih belum memadai, nanti malah di blacklist klien. Malas juga, kan, ya?


Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Dulu blog ini aku beri nama Coretan Warna Penuh Makna. Isinya hanya seputar curhatan, cerita traveling, atau cerita kehidupan. Seiring berjalannya waktu, aku rebranding blog ini dengan nama pena Anggita Ramani agar bisa menghasilkan uang. Jadi, terlihat lebih profesional.

Nah, aku akan membagikan cara menghasilkan uang dari blog sesuai dengan pengalamanku. Mulai dari hal paling dasar, hingga tingkat lanjut.

Persiapkan Blog Agar Terlihat Profesional

Hal paling dasar yang harus diperhatikan jika ingin menghasilkan uang dari blog adalah mempersiapkan blog agar terlihat lebih profesional. Mulai dari menentukan niche blog seperti parenting, traveling, dll. Boleh juga jika memilih niche gado-gado atau campuran, tapi tetap tentukan niche yang bakal jadi ciri khas. Contohnya blog ini punya niche gado-gado yang lebih fokus membahas parenting, lingkungan, traveling, dan beauty. Bisa jika membahas tema lain, tapi jangan terlalu dominan.

Setelah itu perhatikan nilai DA (Domain Authority), PA (Page Authority), SS (Spam Score), dan DR (Domain Rating). Biasanya klien paling sering minta nilai DA dan PA di atas 10. Meskipun kualitas blog tidak sepenuhnya dinilai dari PA dan DA, tapi dua hal ini sering jadi acuan syarat job bloger.

Selanjutnya usahakan template blog yang digunakan SEO friendly dan mendukung loading blog yang cepat. Bagi bloger pemula pengguna blogspot bisa menggunakan template gratis rasa premium, Fiksioner dari Igniel. Kalau WordPress kurang paham karena aku tidak menggunakan platform tersebut.

Terakhir, usahakan page view blog bisa di atas 5000. Caranya bagaimana? Rajin menulis, blogwalking, dan gunakan teknik SEO on page atau off page.

Mendaftar di Platform Penyedia Job Bloger

Jika sudah memastikan hal dasar tersebut ada di dalam blog, Selanjutnya silakan mendaftar di platform penyedia job bloger. Contohnya seperti SosiaGo, RajaBacklink, SeedBacklink, HIIP, dan lain-lain.

Bentuk kerjasama yang ditawarkan platform tersebut biasanya seperti content placement, sponsored content, dan sejenisnya. Jadi ada yang berupa konten yang tinggal posting atau bloger menulis sendiri.

Ikut Komunitas Bloger

Job bloger kadang juga bisa datang dari komunitas bloger. Berdasarkan pengalaman pribadi, aku pernah mendapatkan job menulis dari komunitas blogger 1 Minggu 1 Cerita, Blogger Crony, Ibu-Ibu Doyan Nulis, dan Mama Daring.

Memang tidak setiap waktu ada job, tapi sekalinya ada job menulis, fee nya lumayan besar. Jadi silakan bergabung di komunitas bloger yang membuatmu nyaman.

Ikut Forum Job Bloger di Facebook

Siapa bilang Facebook sudah menemukan ending? Banyak job bloger justru ada di grup Facebook."

Jujur aku juga baru ngeh kalau job bloger juga banyak bertebaran di grup Facebook. Contoh grup yang biasanya jadi penghubung antara klien dan bloger adalah SMSC Mencari Contact, Job Blogger Indonesia, Job Blogger, dan lain-lain. Kadang ada klien yang menyimpan data kita, sehingga langsung menghubungi lagi jika ada job.xjc oh ookj

Iklan Adsense

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menggunakan Iklan AdSense. Teman-teman bisa langsung mendaftarkan blognya jika sudah yakin dengan traffic dan kualitas tulisan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penghasilan dari iklan AdSense baru bisa diambil jika sudah mencapai sekitar 100 dolar atau Rp1.300.000-an. Jadi anggap saja seperti sedang menabung jika mengandalkan penghasilan dari iklan AdSense.

Lomba Blog

Selanjutnya adalah dengan mengikuti lomba blog. Hanya dengan menulis satu artikel akan mendapatkan pundi-pundi yang lumayan besar jika menang.

Tantangan terbesarnya adalah harus bersaing dengan bloger senior di seluruh Indonesia. Belum lagi kita juga tidak tahu tulisan bagus seperti apa yang diinginkan juri atau penyelenggara agar bisa menang.


Do’s

Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan bloger agar bisa menghasilkan uang dari blog dengan baik.

Tulisan Informatif

Pertama tulisan harus bersifat informatif dan dibutuhkan orang. Sebab daerah digital Ini kebanyakan orang mencari informasi lewat internet.

Perbaiki Kualitas dan Kuantitas Tulisan

Perbaiki kualitas tulisan agar lebih mudah dibaca. Selain itu, kita juga harus memperbanyak tulisan agar traffic blog semakin tinggi. Jadwalkan postingan secara teratur di hari-hari tertentu dan konsisten.

Terapkan SEO Saat Menulis

Gunakan teknik SEO saat menulis agar tulisan kita mudah terindeks oleh mesin pencari Google. Teman-teman bisa membaca salah satu teknik SEO on page yang sudah aku tulis di sini.

Pasang Google Analytics dan Google Search Console

Jangan lupa untuk memasang Google Analytics dan Google Search Console untuk memantau traffic dan statistik blog. Kebanyakan klien akan meminta data page view dari Google Analytics.

Pasang Informasi Kerjasama di Blog

Sertakan informasi kerjasama pada bagian profil diri agar klien mudah menghubungi jika ingin bekerja sama denganmu. Gunakan kalimat formal santai dan informasi kontak yang jelas.


Don’ts

Kebalikan dari apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog, berikut ini hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk menjaga integritas blog.

Tulisan Kebanyakan Curhat, Tidak Informatif

Jangan kebanyakan menulis curhat yang tidak ada solusinya. Boleh menulis untuk curhat, tapi sertakan solusinya agar orang lain dengan masalah yang sama bisa mendapatkan manfaat dari blogmu.

Copy-Paste Tulisan Orang Lain

Jangan pernah copy-paste plek ketiplek dengan tulisan orang lain. Hal ini akan menjatuhkan nama baikmu sebagai seorang bloger.

Menggunakan Black SEO

Ternyata di dunia SEO juga ada cara tidak jujur yang dikenal dengan black SEO. Lebih baik jangan pernah mencari tahu tentang black SEO. Kalau ketahuan bisa membuat rangking blog terjun bebas, bahkan tidak terindeks oleh mesin pencari.

Mengandalkan PV Dashboard

Satu lagi kesalahan fatal yang dilakukan bloger pemula adalah mengandalkan PV atau Page View dashboard blogspot untuk memberikan laporan ke klien. Meskipun hal tersebut disediakan oleh blogspot, tapi statistik dari PV dashboard dinilai kurang akurat.

Tergesa-gesa Menerima Job

Sebagai bloger pemula, mantapkan dulu performa blog dan tulisan sebelum menerima job. Tidak usah tergesa-gesa dalam menerima job daripada nanti malah dikomplain oleh klien. Sebab, nanti bisa panjang urusannya dan berujung blacklist.


Penutup

Kira-kira seperti itu cara menghasilkan uang dari blog berdasarkan pengalamanku. Perhatikan pula apa yang harus dilakukan (do’s) dan tidak boleh dilakukan (don’ts). Dulu aku juga pernah melakukan beberapa kesalahan. Oleh karena itu, aku bagikan di sini agar tak ada lagi bloger pemula melakukan kesalahan yang sama.

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi