Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Mengenal Beragam Jenis Sistem Pembayaran di Era Digital

Fazz Business

Di zaman digital ini banyak ditemukan berbagai jenis sistem pembayaran. Tidak hanya transaksi konvensional dengan uang tunai, kini pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, bahkan bisa melakukan pembayaran sekaligus ke banyak rekening. 

Hal ini sebenarnya sangat menguntungkan dan mempermudah siapa saja dalam melakukan transaksi. Transaksi yang ada di era digital ini terasa jauh lebih cepat dan aman.


Ragam Sistem Pembayaran

Hampir sebagian besar orang mungkin sudah sering melakukan transaksi secara digital. Saat belanja di e-commerce misalnya, ada banyak pilihan metode transaksi yang bisa dipilih. Mari berkenalan lebih dekat lagi dengan jenis sistem pembayaran yang ada saat ini agar lebih mudah memilih mana yang paling efektif. 

1. QR Code

Pertama ada pembayaran QR code yang dianggap sangat praktis dan cepat. Metode transaksi ini menggunakan sistem scan barcode untuk menyelesaikan transaksi. Tagihan bisa langsung terbayar hanya dengan melakukan scan barcode. Teknologi pembayaran melalui QR code ini banyak difavoritkan karena aman dan bisa mempercepat transaksi. Jadi antrean kasir tidak mengular. 

Kode QR itu sendiri merupakan kode batang yang bisa merespon dengan cepat. Bentuk kodenya berupa dua dimensi dan ada data yang terisi di dalamnya. Lewat QR code ini device bisa saling bertukar informasi transaksi. Sangat aman dan minim kesalahan. Jika Anda punya bisnis offline, sistem pembayaran QR code di kasir sangat direkomendasikan. 

2. Dompet Digital

Berikutnya ada dompet digital atau biasa disebut juga dengan nama e-wallet. Metode transaksi ini juga sangat populer dan banyak difavoritkan khususnya oleh gen z dan milenial. Dompet digital ini juga sangat praktis, fungsinya sama seperti dompet biasa yaitu untuk menyimpan uang namun tidak berbentuk fisik melainkan digital. 

Dompet digital layaknya sebuah akun rekening namun lebih praktis penggunaannya. Kamu bisa menyimpan uang di akun dompet digital dan menggunakannya untuk berbagai jenis transaksi. Nantinya juga bisa melakukan transfer ke akun dompet digital lain atau rekening bank saat akan membayar. 

Penggunaan dompet digital semakin populer di era pandemi COVID-19 lalu. Pada saat diberlakukan PPKM ketat, masyarakat disarankan untuk melakukan transaksi secara digital. Ini dilakukan untuk mengurangi interaksi fisik lewat uang tunai. Sampai sekarang, dompet digital ini justru dianggap sangat praktis. Banyak orang tidak pernah membawa dompet dan uang tunai lagi karena adanya e-wallet. 

3. Virtual Account

Selanjutnya ada virtual account yang juga cukup sering dijadikan alat transaksi. Ini merupakan sebuah metode pembayaran digital yang dilakukan lewat akun virtual khusus. Jadi akun virtual ini hanya akan dipakai untuk menyelesaikan transaksi tiap pelanggan. 

Jika kamu sering belanja di e-commerce, mungkin sudah sering mendengar tentang metode pembayaran dengan virtual account. Jadi kamu akan menerima nomor virtual account dan bisa langsung mengirim uang lewat akun tersebut. Sangat praktis karena pelanggan biasanya hanya perlu menyalin nomor ID tadi dan nominal transaksi langsung terlihat. 

Virtual account ini juga menjadi solusi praktis bagi para pebisnis. Lewat virtual account, pebisnis bisa lebih mudah menerima transaksi dari pelanggannya. Pencatatan transaksi juga lebih akurat karena virtual account ini dibuat secara khusus untuk masing-masing pelanggan jadi tidak akan tertukar. 

4.Transfer Bank

Ini adalah jenis sistem pembayaran yang paling umum dan pasti sudah dikenali oleh banyak orang. Transaksi lewat transfer bank memang sangat umum dilakukan. Di zaman digital seperti sekarang, transfer bank semakin mudah dijangkau karena bisa diakses lewat aplikasi mobile.

Kamu bisa menggunakan aplikasi mobile untuk transfer antar rekening. Jadi tidak perlu ribet-ribet ke ATM atau bahkan antre di bank. Cukup dengan mengakses aplikasi mobile, bisa mengirim uang ke nomor rekening tujuan. Sistem pembayaran ini juga sangat aman dan dapat melihat riwayat transaksi dengan mudah. 


Fazz Business, Pilihan Mudah Berbagai Jenis Sistem Pembayaran

Bagi kamu yang mengelola sebuah bisnis, penting sekali untuk memperhatikan sistem pembayaran apa saja yang perlu disediakan. Dalam hal ini bisa memanfaatkan layanan dari Fazz Business.

Ada beragam jenis sistem pembayaran yang bisa diakses pada era digital seperti sekarang. Fazz Business memungkinkan bisnismu dapat menjangkau semua sistem transaksi yang ada.

Fazz Business memiliki fasilitas integrasi pembayaran secara otomatis. Kamu juga bisa melakukan bulk transfer atau transfer uang ke banyak rekening dalam satu waktu. Pilihan sistem pembayarannya juga banyak mulai dari QR code, virtual account, transfer bank, dan e-wallet. Ada juga fitur payment link dimana transaksi bisa dilakukan hanya dengan klik link pembayaran. 

Informasi layanan pembayaran dari Fazz Business lebih lanjut, bisa langsung dilihat pada website www.fazz.com/id/.

7 komentar

7 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    15 Maret 2023 pukul 08.40
    Tim cashless! Hahahaa. Aku tanpa sistem2 pembayaran ini bakal bingung, karena udh jarang megang cash
    Reply
  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka
    14 Maret 2023 pukul 07.08
    Fazz ini memudahkan kita bertransaksi keuangan secara digital ya jadi terintegrasi semuanya nggak usah banyak rekening
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    13 Maret 2023 pukul 07.49
    Aku tim QR karena praktis tgl scan aja hehe dan kadang kalo transaksi online pake virtual karna nggak ada biaya admin haha. Anw, bulk transfer ini praktia banget ya bisa langsung tf ke banyak rekening sekaligus
    Reply
  • Me
    Me
    12 Maret 2023 pukul 20.13
    Ga semua pernah pakai karena saya termasuk orang yang kudet. Akhir2 sering pakai QR code. Ternyata lebih mudah dan praktis
    Reply
  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri
    12 Maret 2023 pukul 15.28
    Aku baru tahu Fazz Business nih. Kalau pembayaran via transfer biasa memang sudah umum dan sering dilakukan. Termasuk virtual account dan sesekali QR Code. Bagus ya Fazz ini terintegrasi pembayaran secara otomatis. Kapan2 coba ah.
    Reply
  • ilsadest
    ilsadest
    10 Maret 2023 pukul 19.36
    QR code sistem pembayaran favorit aku. Anti ribet, tanpa takut salah nomor rekening..
    Reply
  • Bening Pertiwi
    Bening Pertiwi
    10 Maret 2023 pukul 09.03
    semakin banyak pilihan sistem pembayaran, godaan belanja makin besar bagiku, hehehe ... akhirnya pilih salah satu aja, buat mengerem godaan belanja.
    Reply