Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Tempat Wisata Ramah Anak di Surabaya, Bikin Lebaran Makin Happy!

Wisata Ramah Anak di Surabaya

Lebaran sebentar lagi… Yeay! Biasanya yang paling antusias menyambut Lebaran adalah anak-anak. Sebab, di momen inilah pundi-pundi THR dari saudara mengalir deras, ditambah libur panjang. Nah, momen libur Lebaran ini adalah saat yang tepat untuk mengajak mereka ke tempat wisata ramah anak.

Bagi emak-emak yang domisili di Surabaya atau yang akan mudik ke Surabaya, saya punya rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang ramah anak. Jadi, nggak perlu bingung lagi mau ajak anak kemana selain ngemall. Tempat wisata ramah anak di Surabaya juga asyik dan seru, loh!

Dimana saja tempat wisata di Surabaya yang ramah anak? Yuk, gercep pantengin daftar tempat wisata ramah anak lewat artikel ini, Mak!


Siapa Bilang Surabaya Membosankan? Tempat Wisata Ramah Anak ini Bakal Bikin Anak Happy!

Dulu, saat saya kecil, liburan di Surabaya terasa sangat membosankan. Wisatanya itu-itu saja seperti Kebun Binatang Surabaya, Monkasel, Mall, dan Kenjeran. Sekarang banyak sekali pilihan wisata di Surabaya, terutama wisata yang ramah anak. Wisata lawas 

Pariwisata di Surabaya sudah banyak mengalami kemajuan sejak kepemimpinan Tri Rismaharini. Mulai dari taman, tata kota, potensi wisata lokal, dan lain-lain. Semuanya dikelola dengan baik untuk kebutuhan hiburan warga Surabaya.

Beberapa tempat wisata di Surabaya ini bisa jadi rekomendasi untuk libur lebaran yang seru dan pastinya bikin anak makin happy. Ini dia rekomendasi 10 tempat wisata ramah anak di Surabaya untuk menikmati libur Lebaran:

1. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata ramah anak di Surabaya
Lokasi: Jl. Setail No.1, Kec. Wonokromo, Surabaya, 60241. Lokasinya dekat dengan terminal Joyoboyo.
Jadwal buka: Senin-Minggu, jam 08.00-16.00 WIB
Harga tiket: Rp15.000 (masuk saja), jika ingin masuk wahana lain atau ikut feeding animal dikenakan biaya lagi antara Rp20.000-Rp100.000.

Pertama-tama ada tempat wisata legendaris di Surabaya yang saat ini sudah mengalami banyak perubahan menjadi lebih menarik lagi. Dimana lagi kalau bukan Kebun Binatang Surabaya.

Dulu cuma bisa lihat-lihat binatang saja di sini. Sekarang sudah banyak wahana lain seperti The Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya, Kolam Renang Anak, Animal Edutainment, Wisata Perahu, dan Feeding Animals.

Mungkin saat weekend atau libur Lebaran bakal sedikit ramai pengunjung. Hal ini bisa disiasati dengan datang paling pagi mulai jam 7 atau datang di saat siang jelang sore. Berdasarkan pengalaman pribadi jam paling ramai pengunjung saat weekend adalah jam 9 ke atas hingga siang.

Soal makanan atau minuman, di sini sudah tersedia semacam spot khusus untuk Sentra Kuliner. Jadi tidak usah khawatir si kecil akan kelaparan atau kehausan, tapi harganya memang sedikit pricey. Bisa disiasati dengan membawa bekal makanan ringan seperti roti, snack, dan minuman.

2. Alun-Alun Surabaya

Wisata di Surabaya yang Ramah Anak
Lokasi: Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, 21256. Letaknya berada di pusat kota Surabaya, dekat dengan Balai Kota, dan dekat dengan kuliner legendaris Ice Cream Zangrandi.
Jadwal buka: Selasa-Minggu, jam 07.00-22.00 WIB
Harga tiket: gratis, hanya membayar parkir saja Rp5.000 sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Alun-alun Surabaya ini dulunya merupakan kompleks Gedung Balai Pemuda. Sejak diresmikan jadi Alun-Alun Surabaya, menurut saya pribadi, sih, makin bagus dan aestetik. Namun, menurut pegiat sejarah penggantian nama dari Gedung Balai Pemuda jadi Alun-Alun Surabaya ini penuh kontroversi karena dianggap mengaburkan sejarah. Alun-Alun Surabaya yang asli sebenarnya menurut sejarah adalah Alun-Alun Contong.

Terlepas dari kontroversi nama dan sejarah, Gedung Balai Pemuda masih berdiri tegak dengan gaya arsitektur kolonial Belanda yang masih dipertahankan. Di sini terdapat halaman luas dengan ornamen air mancur yang kadang diisi dengan es kering, sehingga menimbulkan asap unik.

Selain halaman yang luas, di Alun-Alun Surabaya juga terdapat Galeri Basement (Bawah Tanah) yang berisi galeri lukisan karya Arek Suroboyo, Skateboard Park, Sentra Kuliner di lantai 2, Perpustakaan, Rumah Bahasa, dan masih difungsikan untuk tempat belajar budaya seperti karawitan, tari remo, dan lain-lain.

3. Taman Flora Bratang 

Tempat wisata ramah anak di Surabaya
Lokasi: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, 60284. Letak Taman Flora Bratang dekat sekitar 200 m dari Terminal Bratang. Di sekitar lokasi juga terdapat Pasar Bunga dan Pasar Burung Bratang.
Jadwal buka: Senin-Minggu, jam 08.00 - 17.00 WIB
Harga tiket: gratis, hanya membayar parkir saja.

Taman Flora Bratang ini dulu lebih dikenal sebagai Kebun Bibit Bratang karena dulu memang difungsikan untuk pembibitan. Sekarang lokasi pembibitan dipindah ke Kebun Bibit Wonorejo.

Bisa dibilang Taman Flora Bratang ini seperti Kebun Binatang Surabaya versi mini. Selain berbagai jenis pepohonan yang rindang di sini juga ada kandang rusa, sangkar burung raksasa, area bermain anak, taman baca, dan kolam ikan. Jadi, kalau gagal ke Kebun Binatang Surabaya, bisa mlipir ke sini untuk melihat beberapa binatang.

Di sini juga ada mushola, ruang menyusui, dan area teduh untuk sekadar beristirahat.. Sementara itu, di area luar Taman Flora juga tersedia Sentra Kuliner yang cukup besar dan juga para penjaja mainan anak. Waspada, ya, Mak, biasanya anak-anak suka merengek minta mainan di sini.

4. Adventure Land Romokalisari

Wisata ramah anak
Sumber: Humas Pemkot Surabaya
Lokasi: Jl. Romokalisari I, Romokalisari, Kec. Benowo, Surabaya, 60192
Jadwal buka: Senin-Minggu, jam 08.00-16.00 WIB
Harga tiket: sementara gratis tiket masuk, hanya bayar beberapa wahana mulai dari Rp10.000-Rp30.000

Adventure Land Romokalisari ini termasuk wisata alam baru di Surabaya karena baru diresmikan tahun 2022. Di dalam Adventure Land Romokalisari terdapat beberapa wahana seperti Playground Anak, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV, Kano atau Sekoci di area mangrove, dan Wahana Jet Ski.

Anak-anak bisa bermain di wahana Playground dan Mini Zoo agar lebih aman. Selain itu, lebih baik untuk dewasa saja. Jangan mengorbankan keselamatan anak untuk naik ATV atau Jet Ski demi konten, ya, Mak #eh.

Tempat wisata alam di Surabaya seperti Adventure Land Romokalisari ini lebih menawarkan wisata alam outdoor. Sangat cocok untuk keluarga yang senang berpetualang di alam dengan catatan anak hanya boleh di wahana sesuai usia dan harus diawasi secara ketat.

5. Taman Hutan Raya Jeruk

Tempat wisata ramah anak
Sumber: tourism.surabaya.go.id
Lokasi: Belakang Puskesmas Jeruk, Jalan Raya Menganti, Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya.
Jadwal buka: Senin-Minggu, jam 08.00-16.00
Harga tiket: gratis, hanya bayar parkir kendaraan bermotor saja.

Berlibur ke Surabaya kurang lengkap kalau tidak mengunjungi salah satu taman. Sebab, wisata taman di Surabaya  terkena paling ciamik, murah, dan bagus tata letaknya. Salah satu taman di Surabaya yang wajib dikunjungi adalah Taman Hutan Raya Jeruk.

Taman Hutan Raya Jeruk atau lebih dikenal dengan Taman Jeruk atau Bukit Teletubbies ini pernah viral di tahun 2022. Pemandangannya seolah-olah bukan seperti di Surabaya, tapi lebih mirip pemandangan hijau di pedesaan. Maklum saja karena letaknya berada di wilayah dekat perbatasaan Surabaya-Gresik, jadi memang masih asri dibandingkan tengah kota Surabaya.

Daya tarik Taman Hutan Raya Jeruk ada di nuansa alam mirip bukit Teletubies yang berwarna hijau yang luas dan sejuk. Di sini terdapat gazebo, sport area, sangkar burung besar, dan kolam ikan. Latar alam yang sangat hijau juga bisa dijadikan spot foto dengan nuansa alam yang ciamik puol.

6. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Wisata di Surabaya
Lokasi: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, 60271. Paling mudah diingat letaknya ada di sebelah Delta Plaza.
Jadwal buka: Senin-Minggu, jam 08.00 - 21.00 WIB
Harga tiket: Rp15.000 (include masuk ke kRI Pasopati 410 dan Nonton Video Rama)

Monumen Kapal Selam atau sering disebut Monkasel merupakan salah satu wisata unik yang ada di Surabaya. Bukan replika atau duplikat, kapal selam yang ada di Monkasel merupakan kapal selam asli KRI Pasopati 410 yang dulu pernah dipakai untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Pengunjung bisa memasuki bagian dalam kapal selam, melihat bagaimana isi dalaman kapal selam. Ada juga periskop untuk melihat bagian luar kapal dan rudal. Selain itu, pengunjung bisa juga menikmati video Rama yang menceritakan sejarah KRI Pasopati 410. Letak pemutaran Video rama ini berada di luar kapal selam, di suatu ruangan khusus mirip bioskop kecil. Dijamin anak bakal happy karena bisa eksplor hal baru di dalam kapal selam.

Area di sekitar Monkasel juga sudah tertata rapi. Ada area bermain anak dan rerumputan. Ada juga Sentra Kuliner di dekat pintu masuk untuk sekadar membeli snack atau makanan kecil jika anak lapar.

7. Museum 10 Nopember

Wisata edukatif ramah anak di Surabaya
Lokasi: komplek Monumen Tugu Pahlawan, Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya.
Jadwal buka: Selasa - Minggu, jam 08.00 - 15.00 WIB.
Harga tiket: Rp8.000

Selain wisata unik di kapal selam, Surabaya juga punya Museum bawah tanah, lo! Museum bawah tanah itu ada di area Monumen Tugu Pahlawan, namanya Museum 10 Nopember. Sebenarnya di Surabaya juga banyak sekali wisata museum. Namun, museum paling interaktif menurut saya pribadi adalah Museum 10 Nopember.

Museum 10 Nopember terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berada sekitar 7-8 meter di bawah permukaan tanah. Di Museum 10 Nopember terdapat benda bersejarah, ruangan multimedia untuk pemutaran film Soera ing Baja, diorama statis, diorama bangunan, dan LCD interaktif tentang sejarah pembangunan Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 Nopember.

Biasanya Museum 10 Nopember akan sangat ramai saat libur lebaran atau weekend. Jika ingin menikmati suasana museum yang cenderung sepi, bisa berkunjung di hari biasa atau beberapa hari setelah lebaran.


Yuk, Liburan ke Surabaya! Banyak Tempat Wisata Ramah Anak di Sini

Surabaya kini tak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan, tapi juga kota dengan wisata ramah anak. Banyak sektor wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga selain mall. Mulai dari taman, museum, kafe, dan lain-lain.

Momen Lebaran yang tinggal menghitung hari bisa jadi sarana liburan keluarga ke tempat wisata ramah anak di Surabaya. Selain lebih nyaman untuk anak, wisata di Surabaya juga bisa bikin anak happy dengan petualangan baru di tempat yang unik.

Rekomendasi 7 tempat wisata ramah anak di Surabaya dari saya ini bisa jadi pilihan untuk mengisi libur lebaran bagi yang stay di Surabaya atau mudik ke Surabaya. Dijamin anak bakalan have fun, hati riang, dan ketagihan liburan di Surabaya!


Referensi

  • https://tourism.surabaya.go.id/travel
  • https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/destinasi-wisata-edutainment-ramah-anak-di-indonesia

23 komentar

23 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    20 April 2023 pukul 15.40
    Kalo ke romokalisari gak panas banget mbak naik sekoci? Bisa buat anak juga ya sekocinya? Kok agak susah ya jalannya karena padst mangrove hehe
    Reply
  • R Palupi
    R Palupi
    19 April 2023 pukul 20.44
    Wah baru tau kalau ada Adventure Land Romokalisari. Seru juga ya bisa rafting di sana.
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    19 April 2023 pukul 06.09
    Ayo mbak kita playdate yuk
    Ajak anak anak supaya bisa nyaman bermain sambil belajar
    Pasti seru eksplorasi Surabaya
    Reply
  • Happy
    Happy
    18 April 2023 pukul 23.48
    kebun binatang sih udah paling aman dan nyenengin buat anak-anak. tapi pasti lebaran gini mah rameb banget yaa
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    18 April 2023 pukul 23.29
    waktu ke surabaya saya pernah ke monumen kapal selam, next trip saya mau ke Adventure Land Romokalisari ah, seru kayaknya apalagi bawa anak-anak
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    18 April 2023 pukul 22.51
    Wah asik
    Banyak juga tempat wisata ramah anak di Surabaya yang bisa dijadaikan destinasi saat libur lebaran ya mbak
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    18 April 2023 pukul 22.25
    bener-bener beragam pilihan tempat wisata di Surabaya yang ramah anak, udah gitu ga melulu healing tok, tapi bisa ke museum yang ada unsur edukasinya atau mengenalkan kekayaan fauna ke kebun binatang juga alternatif yang bagus, ya
    Reply
  • khairiah
    khairiah
    18 April 2023 pukul 22.14
    paling senang kalau ada tempat wisata ramah anak, alun-alun kota tetap jadi tempat favorit karena free paling hanya perlu bayar parkir, dan bawa snack sendiri
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    18 April 2023 pukul 21.58
    Wah 3 dari 7 wisata yg disebutkan belum aku kunjungi. Noted masuk kist area sby barat
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    18 April 2023 pukul 20.08
    Sudah lama sekali ga ke Surabaya. Terakhir ke Surabaya zaman kuliah belasan tahun lalu. Jadi pengin ke Surabaya lagi, ngajak anak2 ke monkasel pasti pada seneng.
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    18 April 2023 pukul 20.02
    Wow banyak juga ya tempat wisata yang ramah anak di surabaya. Bisa jadi rekomendasi kalo mau ajal keluarga liburan ke sana
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    18 April 2023 pukul 19.44
    Taman Hutan Raya jeruk ini hijau sekali ya, Asik tempatnya terlihat sejuk juga. Surabaya ternyata menyimpan banyak destinasi yang bisa dikunjungi bersama keluarga
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    18 April 2023 pukul 18.33
    Banyak juga ya tempat wisata yang ramah anak di Surabaya. Selain itu harga tiketnya masih sangat murah-meriah. Cocok buat kita semua.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    18 April 2023 pukul 16.58
    Banyak pilihan wisata yang ramah anak nih, bisa dibuat daftarnya juga ya hari ini mau mengunjungi yang mana. Karena kayaknya gak bisa ya dalam satu hari 3 tempat?
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    18 April 2023 pukul 14.57
    Udah lama nih ga ke Surabaya lagi. Liburan emang selalu ke mal mulu. Haha. Padahal liburan outdoor juga seru ya kak. Aku baru tahu 2 tempat aja nih. Bonbin ama Monkasel. Wkwkw
    Reply
  • Hallowulandari
    Hallowulandari
    18 April 2023 pukul 14.40
    aku baru pernah ke monumen kapal selam aja nih, dan pengennn banget ke Adventure Land Romokalisari sama Taman Hutan Raya Jeruk, kayanya seru banget tuh main main ala-ala rafting di kota yang puanas pol hahhahaha
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    18 April 2023 pukul 14.25
    Kak Anggi, kalau masuk KBS boleh bawa bekal nasi gak sih? apa dirazia?
    Penasaran pengen ke taman flora Bratang, kayaknya bagus.

    Akutu kalo ke SBY lewat doang sebelum ke pantura, belum bener2 piknik ke kotanya.
    Reply
  • hani
    hani
    18 April 2023 pukul 12.57
    Aku pengen deh ke Museum Kapal Selam tsb. Bol-bal ke Surabaya, engga ada waktu aja buat keliling Surabaya. Kalau bawa anak harus tahu tips triknya yah...soalnya mereka kan bosenan
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    18 April 2023 pukul 12.11
    memang banyak nih wisata ramah anak di surabaya. taman kota pun ada banyak dan enak untuk dikunjungi saat akhir pekan sama anak2 mba
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    18 April 2023 pukul 10.09
    Wah list buatb jalan jalan bareng keluarga dah ada nih, hayo yang mau mudik ke Surabaya harus dicatat nih. Nice info kak
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    18 April 2023 pukul 06.48
    Wah, ada monumen kapal selam! Kalau ke Surabaya mesti kudatengin nih.
    Museum 10 November juga menarik tapi ... didampingi guide nggak kalau mau keliling museum?
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    17 April 2023 pukul 17.02
    Wah, banyak tempat seru nih d Surabaya. Pas banget jalan-jalan bersama keluarga ya, Mbak. Bahkan ada yang gratis kayak alun-alun. Saya baru sempat mengunjungi Monkasel, Mbak. Semoga bisa segera main ke Surabaya.
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    17 April 2023 pukul 10.28
    Saya penasaran banget sama Museum Kapal Selam. Soalnya Kakak saya udah ke sana, sementara saya belum, wkwkwk... Padahal di Surabaya ada saudara sepupu, tapi waktunya yang sangat sulit untuk ketemuan 😭😭
    Reply