Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Sahur dan Nutrisi yang Dibutuhkan Selama Berpuasa

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Sahur

Menahan haus dan lapar saat puasa bukan berarti teledor dalam memberikan makanan sehat untuk sahur dan berbuka. Terutama ketika sahur yang biasanya sering dilewatkan orang. Padahal ada keberkahan dalam sahur yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan manfaat puasa.

Namun, seringkali kita cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi saat sahur. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat dan bergizi untuk sahur, agar tubuh tetap sehat dan kuat selama berpuasa.

Bingung memilih makanan sehat dan bergizi untuk sahur? Simak tips saya dalam memilih makanan sehat untuk sahur dan nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa.


Memilih Makanan Sehat untuk Sahur Agar Puasa Lancar

Mempersiapkan makanan sehat untuk sahur memang agak tricky karena biasanya di jam-jam tersebut perut agak enggan menerima makanan berat. Namun, tenang saja bisa diakali dengan 8 tips memilih makanan sehat dan bergizi untuk sahur agar puasa lancar tanpa kendala kesehatan.

1. Pilihlah Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Pertama-tama boleh pilih pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Pilih karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, kentang rebus, dan nasi merah. Sumber karbohidrat kompleks tersebut mengandung serat yang lebih tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh.

Karbohidrat kompleks ini memberikan energi yang tahan lama dan membuat perut terasa kenyang juga lebih lama. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Lauk pauk sebagai pendamping nasi juga harus mengandung protein. Kandungan protein sangat penting untuk memperbaiki dan membangun sel tubuh.

Contoh makanan yang mengandung protein adalah telur, ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan otot selama berpuasa. Jadi, bisa tetap berolahraga ringan selama puasa tanpa takut menjadi lemas.

Makanan sehat untuk sahur

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain karbohidrat dan protein, jangan lupa untuk konsumsi buah dan sayuran selama sahur. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung serat untuk membantu menjaga pencernaan tetap sehat selama berpuasa. Dengan demikian, imbangi makanan utama saat sahur dengan konsumsi buah dan sayuran secara seimbang pula.

4. Hindari Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Selanjutnya, hal yang harus dihindari selama sahur adalah konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Contohnya seperti kue, permen, dan minuman bersoda. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan gula darah naik secara drastis dan membuat tubuh cepat merasa lapar. Disamping itu, konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi juga berpotensi memicu penyakit diabetes.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum yang cukup selama puasa

Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selama berpuasa, tubuh kekurangan cairan dan dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup saat sahur.

6. Pastikan Makanan Mengandung Nutrisi Penting untuk Tubuh

Ketika memilih makanan sehat untuk sahur, pastikan juga memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Beberapa nutrisi yang penting untuk diperhatikan antara lain:

Protein

Protein sangat penting untuk memperbaiki dan membangun sel tubuh. Konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

Serat

Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks memberikan energi yang tahan lama dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, dan nasi merah bisa membuat puasa lebih berenergi.

7. Jangan Menunda Waktu Sahur

Selain memilih makanan sehat untuk sahur, penting juga untuk memperhatikan waktu makan. Jangan menunda-nunda waktu sahur, agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dan terhindar dari dehidrasi. Perkirakan waktu sahur cukup untuk memasak atau menghangatkan makanan, serta makan dengan tenang. Misalnya saja bangun untuk sahur 1 jam sebelum imsak.

8. Memanfaatkan Internet IndiHome untuk Memilih Makanan Sehat untuk Sahur

Manfaat internet untuk mencari makanan sehat untuk sahur

Jika masih bingung untuk memilih atau mempersiapkan makanan sehat untuk sahur, internet cepat seperti IndiHome yang saya pakai di rumah dapat menjadi solusi praktis dalam mengakses informasi. Lewat internet IndiHome, saya dapat mencari resep makanan sehat untuk sahur sekaligus mengakses informasi nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa. Selain itu, bisa juga memesan bahan makanan secara online dan menghemat waktu yang lebih banyak untuk persiapan sahur.

Seperti dilansir dari situs review gadget, internet IndiHome bisa digunakan untuk mencari berbagai resep makanan sehat untuk sahur yang mudah dan praktis. Berbagai situs dan blog kulinari tersedia untuk diakses dengan mudah. Disamping itu juga memberikan banyak pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk sahur.

Saat mencari resep makanan, jangan lupa untuk mempertimbangkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Nah, Internet IndiHome dari Telkom Indonesia juga dapat membantu dalam mengakses informasi nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa.

Ditambah lagi, berbagai situs dan aplikasi kesehatan digital juga tersedia untuk memberikan informasi tentang nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa dan cara memperolehnya dari makanan sehari-hari.

Dengan begitu, kita selalu bisa memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.


Penutup

Begitulah 8 tips untuk mempersiapkan makanan sehat untuk sahur agar kebutuhan nutrisi saat berpuasa bisa terpenuhi. Penggunaan internet di era digital ini juga bisa sangat membantu dalam memilih menu makanan sehat untuk sahur. Mulai dari kandungan nutrisi, hingga bahan makanan yang bisa memberikan energi untuk kebutuhan berpuasa. IndiHome dari Telkom Indonesia pun bisa jadi teman akses informasi untuk kesehatan selama berpuasa.


Referensi

https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/13077/belajar-masak-online-ide-kreatif-untuk-menu-buka-puasa-dan-sahur

81 komentar

81 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Sabrina
    Sabrina
    16 April 2023 pukul 13.08
    Wah seru juga dengan adanya IndiHone kita bisa mencari banyak referensi makanan sehat untuk sahur dan buka puasa ya
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    15 April 2023 pukul 10.03
    kadang gorengan itu sangat menggoda untuk buka puasa ya mbak wkwkwk, tapi sekarang sudah ta batasi kok mbak, sadar umur, diawali dnegan kurma dan buah, perbanyak air putih juga
    Selain itu juga mengurangi karbo
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    15 April 2023 pukul 09.26
    Memilih makanan yang sehat untuk sahur itu penting ya mbak
    Karena bisa membantu kita memiliki energi yang cukup untuk berpuasa seharian
    Reply
  • Nita
    Nita
    15 April 2023 pukul 09.25
    Nah, yang paling belum bisa ditinggalkan seratus persen adalah mengkonsumsi yang anis-manis, selalu tergiur, hihi. IndiHome memang sangat membantu ya,kak, dalam mencari ide-ide menu masakan sehat lewat internet.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    15 April 2023 pukul 09.05
    Saya termasuk yang rajin berburu menu berbuka dan sahur lewat internet ni Mbak hehehe. Memang membantu sekali. Memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu koentji agar bisa berpuasa dengan lancar di bulan Ramadan.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    15 April 2023 pukul 01.00
    Secara teori memang sangat bagus tapi secara realita kadang sering sekali teledor.. padahal asupan itu penting membuat puasa kita produktif
    Reply
  • Amicytia Nadzilah
    Amicytia Nadzilah
    15 April 2023 pukul 00.56
    Kalo lagi puasa suka lupa sama jenis makanan yang di makan 😁, paling seneng sama es dan gorengan. Untungnya ada internet cepat dari IndiHome jadi bisa cari resep untuk menu buka puasa dan sahur yang bisa mencukupi nutrisi selama bulan puasa
    Reply
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    15 April 2023 pukul 00.05
    Betul banget ini Mbak. Untuk menjalani puasa yang berkualitas, maka asupan makanan yang masuk harus bergizi dan sesuai dengan komposisi kebutuhan tubuh.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    14 April 2023 pukul 12.03
    Sebenarnya makan sahur itu malas sekali ya. Pengen juga makanan cepat saji. Tapi bener, kita gak boleh abai akan kesehatan. Setidaknya pilih makanan yg cukup nutrisi supaya asupan tubuh tetap terjaga
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    14 April 2023 pukul 11.50
    Air putih memang penting banget apalagi bulan Ramadan tahun ini cuacanya lumayan ekstrim, dari panas terik tiba-tiba hujan deras, stamina harus fit nih dan salah satu cara dengan konsumsi makanan sehat tapi yah itu, susah banget nahan diri ngak makan gorengan saat berbuka...sabar-sabar wkwkw.
    Reply
  • Indri Ariadna
    Indri Ariadna
    13 April 2023 pukul 22.20
    Makanan sehat memang penting banget dikonsumsi terutama saat puasa agar tubuh bisa kuat menahan lapar dan haus. Akan lebih baik lagi kalau kita mempunyai rencana masak jadi bisa mempersiapkan belanja dan memasak dengan lebih baik.
    Reply
  • Deny Ir
    Deny Ir
    10 April 2023 pukul 08.54
    sebenarnya, kita itu udah tahu mana yg sehat dan mana yg nggak kn kak, cuman manusia itu khilafnya berlebihan, wkwkw. Hanya saat bulan puasa aja seperti ini, biasanya cenderung tertib saat konsumsi makanan bernutrisi baik ketika sahur maupun berbuka puasa,
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    10 April 2023 pukul 00.18
    Emang banyak sih ya rekomendasi menu makanan yang bisa kita dapatkan di Internet, bahkan lengkap dengan kandungan gizinya. Dan yang terpenting kalau buat sahur, banyakin konsumsi buah dan sayur ya ternyata
    Reply
  • Ririn Wandes
    Ririn Wandes
    9 April 2023 pukul 23.44
    Puasa gini memang perlu sekali jaga kesehatan tubuh makanya makanan yang dikonsumsi pun harus tepat nih. Cocok banget dengan adanya tips makanan sehat gini biar makin tau juga apa aja yang perlu dibelanjain.
    Reply
  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani
    9 April 2023 pukul 23.11
    aku tim yang semakin banyak konsumsi buah sih mbak, entah kenapa kalau puasa itu lebih suka makan buah daripada makanan berat :') tapi alhamdulillah lancaar puasanya yaa
    Reply
  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C
    9 April 2023 pukul 23.03

    Paling susah masuk pas sahur itu makanan berserat, padahal itu nutrisi yg penting banget untuk kesehatan pencernaan selama berpuasa.
    Reply
  • Happy
    Happy
    9 April 2023 pukul 23.00
    yang sahurnya sering makan mie relate ga ya? wqwq. tapi aku juga sama, kalau sahur pasti yang paling penting itu banyak minum
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    9 April 2023 pukul 22.50
    Jam-jam kritis itu ya.. kalau makan gak bisa langsung hap hap.
    Dengan adanya bantuan internet cepat, jadi bisa mengetahui banyak menu simple yang mudah diterima dan dicerna baik selama puasa.
    Reply
  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila
    9 April 2023 pukul 21.48
    Penting banget ya untuk makan makanan sehat saat berpuasa gini biar asupan tetap terjaga. Untungnya sekarang gampang buat cari referensi makanan sehat tinggal browsing aja deh.
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    9 April 2023 pukul 21.47
    wah bener nih, apa yang kita makan pas sahur itu kuncinya.. biar badan tetep bugas gak lemes selama puasa ya :) seneng udah ada internet bisa nyari beragam menu yang mau dimasak hihi
    Reply
  • Han
    Han
    9 April 2023 pukul 19.01
    Aku juga suka banget scrolling nyari menu2 berbuka atau sahur soalnya suka kehabisan ide wkwkwkw besok masak apa yaa besok masak apa yaa, gituu aja terus. untung ada internet nih
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    9 April 2023 pukul 18.27
    Paling penting itu air putih biar gak dehidrasi. Setelah itu makan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Puasa lancar jika sahurnya gak terlewat.
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    9 April 2023 pukul 13.04
    Sekarang aktivitas kita bisa tanpa batas dengan adanya internet ya, kak. Apalagi dengan akses internet cepat dari IndiHome. Makin mudah menyiapkan sahur dan berbuka sesuai kebutuhan kita :D
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    9 April 2023 pukul 12.33
    Makin tua makin sadar deh kalau nggak semua makanan enak itu sehat. Haha. Puasa ini banyakin makan sayur dan kurang-kurangin gorengan. Apalagi yang punya riwayat asam lambung kayak saya. Jangan sampe kambuh dan mengganggu kelancaran puasa.
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    9 April 2023 pukul 11.18
    Menu makanan untuk buka puasa dan sahur memang harus sangat diperhatikan. Enggak boleh asal makan yang penting kenyang, tetapi juga harus diperhatikan nutrisinya.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    9 April 2023 pukul 08.44
    Mengatur waktu bangun sahur ini juga nggak kalah penting sih ya biar sempat memperhatikan asupan menu sahur. Soalnya kalau mepet mepet ujung-ujungnya cari yang super simple semisal mie instan yang beneran nggak mencukupi nutrisi tubuh kecuali ditambah sama bahan tambahan lainnya.
    Reply
  • Harianeko.com
    Harianeko.com
    8 April 2023 pukul 22.32
    Menyajikan mknn sehat buat buka puasa / sahur wajib kak supaya badan tetap fit dang seger.
    Reply
  • hani
    hani
    8 April 2023 pukul 22.01
    Ternyata harus mengurangi gula yah. Duh pe-er nih. Seringnya malah makan manis karena enak sih...hehe...Yuk ah, ubah kebiasaan, sahur yang sehat.
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    8 April 2023 pukul 21.51
    betul banget saya juga kalau bingung mau sahur atau buka apa, saya pasti akan lari ke internet untuk cari banyak informasi referensi buat buka dna sahur, untungnya di rumah pakai internet cepat dari IndiHome
    Reply
  • YSalma
    YSalma
    8 April 2023 pukul 20.05
    Internet lancar saat ini sangat membantu aktivitas banget, termasuk memilih referensi menu sehat untuk sahur selama bulan Ramadhan. Soalnya sahur kalau diturutin suka males melakukannya kan ya.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    8 April 2023 pukul 15.14
    Infonya sangat bermanfaat, mbak. Aku sekeluarga saat puasa gini selalu mengurangi makanan-makanan yang digoreng dan yang mengandung kadar gula tinggi.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    8 April 2023 pukul 14.34
    waduhh saya malah biasanya mengulur waktu sahur, dekat Imsyak baru deh makan, anggapannya biar makin lama makanan tinggal di dalam tubuh heheh, ternyata malah sebaliknya ya, noted nih.
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    8 April 2023 pukul 12.47
    Yang penting aku hrs ada sayur berkuah sih. Proteinnya dr tahu tempe aja. Murah meriah. Aku udah bosen protein hewani, kecuali telur sih. Hehe
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    8 April 2023 pukul 12.04
    Waah selama ini keluarga saya masih makan nasi putih biasa. Yang paling gampang soalnya nyetoknya heheee... Mungkin bisa diseling dengan nasi merah dan sumber karbohidrat lainnya.
    Reply
  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar
    8 April 2023 pukul 11.47
    Biar lebih kuat dan nutrisi terpenuhi, makanan sahur juga harus ditentukan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral. Tipsnya sangat membantu kak :)
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    8 April 2023 pukul 11.28
    Alhamdulillah tiap sahur keluarga diusahain makan buah yah meski saya jug suka makan snack, entak kenapa suka banget makan snack pas sahur, bukannya malah pas berbuka hehehe
    Reply
  • Rizka Amita Ridwan
    Rizka Amita Ridwan
    8 April 2023 pukul 11.07
    Sahur itu kadang dengan waktu yang singkat orang jadi makan asal asalan ya. Padahal saat sahur tetap harus makan makanan bergizi.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    8 April 2023 pukul 10.34
    Makan sahur yang sehat dan bernutrisi sangat penting agar kita bisa menjalani puasa dengan baik ya mbak
    Reply
  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani
    8 April 2023 pukul 09.43
    Kalau makan makanan manis biasanya buat takjil ya Mba. Justru kalau Pas sahur saya banyakin makan sayur atau minum air putih.
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    8 April 2023 pukul 08.23
    Memang harus selektif dalam memilih menu sahur, apalagi di awal2 puasa di mana tubuh masih beradaptasi. Enaknya sekarang milih menu sahur jadi lebih mudah ya, tinggal browsing pakai indihome, langsung dapat banyak pilihan deh
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    8 April 2023 pukul 05.43
    Wah nasehat banget buat saya yang masih mau instan instan. Meskipun sudah banyak sekali literasi membahas ini tapi masih saja sudah mengubah habit.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    8 April 2023 pukul 04.13
    Iya nih, kebanyakan makanan manis menyebabkan gula darah naik secara drastis dan membuat tubuh cepat merasa lapar. Maka mesti perhatikan asupan yang tepat untuk sahur agar puasa lancar
    Reply
  • Han
    Han
    7 April 2023 pukul 20.38
    Dann ternyata ngga harus serat yang dibanyakin kayak kata ibu aku haha tapi juga proteinnya mesti adaa. oke dehh nti malam mau bikin cumi goreng tepung aaah wkwkwk
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    7 April 2023 pukul 19.34
    Sehat selalu, ya, Mbak. Bulan puasa musim pancaroba gini agak berat kayaknya. Saya yang nggak puasa aja kena panas dalam. Semoga lancar puasanya.
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    7 April 2023 pukul 13.24
    Bersyukur sejak adanya internet, kit abisa dengan mudah mencari referensi dan menemukan tips-tips seputar kesehatan, tidak terkecuali makanan sehat selama di bulan ramadan. Benar-benar sebuah manfaat berharga dari keberadaan internet
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    7 April 2023 pukul 12.09
    Penting sekali memerhatikan asupan makanan ketiksa sahur dan berbuka, membuat tubuh siap kembali hadapi segala aktivitas selama perut tidak mengolah makanan secara aktif seperti hari biasanya.
    Reply
  • Arai Amelya
    Arai Amelya
    7 April 2023 pukul 06.06
    Penting banget sih untuk menyiapkan makanan sehat buat sahur karena gimanapun juga bakal ngefek ke kekuatan selama berpuasa seharian. Untung ada internet yak, sekarang mah nyiapin masakan sahur enak dan bergizi tinggal googling doang, apalagi pake IndiHome, jaminan lantjaar
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    7 April 2023 pukul 03.20
    Jadi ingat kalau sahur dan berbuka itu wajib pakai buah dan sayur.
    Serasa mengembalikan energi selama berpuasa seharian ya...
    • lendyagasshi
      Bundamami Devi
      9 April 2023 pukul 11.06
      Setuju, Kak. Buah, sayur, dan kebutuhan air harus terpenuhi dengan baik ya, karena bulan puasa itu rawan dehidrasi dan sembelit, hehe.
    Reply
  • Deny Ir
    Deny Ir
    7 April 2023 pukul 00.17
    terima kasih kak, sudah diingetin utk konsumsi makanan sehat selama sahur. Maklum, kadnag khilaf juga mau sahur atau buka, tetap aja konsumsi gorengan, hii
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    6 April 2023 pukul 21.49
    Oh, justru harus menghindari yang mengandung gula tinggi ya? Jadi teringat bapak alm. Dulu kalau sahur suka bikinin kami minuman teh atau cokelat yang manissss banget.
    Reply
  • Alley Hardhiani
    Alley Hardhiani
    6 April 2023 pukul 19.52
    Harus pinter2 milih makanan nih kalau pas puasa. Biar ttp berenergi di siang hari dan ga gampang lapar. Kebutuhan cairan jg harus terpenuhi biar ga dehidrasi. Cm sebelnya, kalau kebanyakan minum jd beser. Tp ya gpp sih, demi kesehatan diri sendiri.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    6 April 2023 pukul 18.44
    Kalau mau puasanya lancar, pastikan selalu memenuhi asupan nutrisi yang menyehatkan ya mbak
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    6 April 2023 pukul 18.43
    demi kondisi jiwa raga paripurna, kita memang kudu selektif memilih menu utk buka dan sahur ya

    makasii infonya mbaaa
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    6 April 2023 pukul 14.48
    penting banget ini menjaga pola makan saat ramadan. harus konsumsi makanan bernutrisi dan minum air putih yg cukup saat buka dan sahur
    • Indra DP
      Yonal Regen
      8 April 2023 pukul 17.52
      sepakat Bang Indra, apalagi pas sahur yang kadang suka malas makan, tapi kalau liat makanannya sehat dan menggugah selera, pastinya kita juga sahur dong ya, biar puasa tetap sehat dan kuat
    Reply
  • Han
    Han
    6 April 2023 pukul 14.35
    Bener bangett untuk sahur aku lebih banyakin seratnyaa timbang karbo, karena jadi awet juga di perut kenyangnyaa hehehe,kalo buka bebas sihh
    • Han
      Fenni Bungsu
      9 April 2023 pukul 18.50
      Setuju kak, karena kalau kebanyakan Karbo juga malah jadi lemes ya.
      Sebaiknya memang si sayur dan buah ini yang diperbanyak
    Reply
  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi
    6 April 2023 pukul 13.54
    Setuju banget ini Mbak. Kebutuhan nutrisi di bulan Ramadhan harus benar-benar diperhatikan ya, agar puasa lancar dan tetap sehat. Kebanyakan memang orang skip makan waktu sahur, padahal makan sahur itu penting agar tetap aktif seharian saat puasa ya.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    6 April 2023 pukul 10.52
    Nutrisi harus banget diperhatikan selama menjalankan puasa di bulan Ramadan ini. Perut kosong seharian akan tetap Ok dengan konsumsi sahur yang baik dan sehat
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    6 April 2023 pukul 10.20
    Pola hidup sehat memang indah untuk diterapkan. Apalagi ini asiknya bisa ceki-ceki lewat internet sehingga dapat dilakukan secara konsisten
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    6 April 2023 pukul 10.10
    Makan makanan yang sehat ketika buka puasa dan sahur itu penting banget ya. Biar puasa lancar dan aktivitas tetap berjalan dengan baik.
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    6 April 2023 pukul 09.27
    Walau sedang berpuasa,nutrisi harus tetap diperhatikan ya. Bukan asal kenyang atau enak saja.
    • Yustrini
      nurul rahma
      7 April 2023 pukul 04.24
      Yeayyyy, semangat sahuurr raih keberkahan dan penuhi kebutuhan nutrisi utk tubuh😂🙏
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    6 April 2023 pukul 09.25
    Sahur tuh kadang malas makan karena ngantuk dan tidak lapar. Padahal tetep harus aa asupan makanan yg sehat ya biar kuat fan tetep sehat selama puasa
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    6 April 2023 pukul 05.54
    Sekarang enak yah ada jaringan internet cepat, aku juga kadang browsing menu sehat dan bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan sahur dan berbuka. Bisa masak praktis tapi bergizi.
    • Lintang
      Yuni Bint Saniro
      8 April 2023 pukul 15.02
      Plus tetap enak meski makanannya buat sahur yang kadang bikin malas makan berat itu ya, Kak. Jadi, nggak ada alasan buat nggak sahur lagi.
    Reply
  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro
    5 April 2023 pukul 20.05
    Bener banget. Sahur tuh emang waktu yang kadang membuat kita malas buat makan. Seringnya kelewatan begitu saja..
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    5 April 2023 pukul 14.13
    setuju, internet membantu banget di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Kalau kehabisan ide tinggal browsing aja mau masak apa..
    • Retno Kusumawardani
      lendyagasshi
      15 April 2023 pukul 01.29
      Alhamdulillah ya..
      Jadi kebayang mau masak apa dengan bahan yang ada, berkat bantuan internet cepat dan stabil.
    Reply
  • hani
    hani
    5 April 2023 pukul 12.44
    Iya nih...aku harus rajin cari menu sehat melalui internet. Kemarin-kemarin sahurnya ceplok terus, saking engga mau ribet. Duuh...kan engga sehat. Untung ada IndiHome, bisa browsing menu sehat...
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    5 April 2023 pukul 12.27
    Bsrkat internet kita bisa dpaat informasi seputar lola hidup sehat di bulan ramadhan dengan mudah ya,Kak. Pastinya menjadikan kita lebih terkelola dalam menjalankan ibadha puasa
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    5 April 2023 pukul 12.10
    betul nih kak, kalau untuk orang dewasa memang harus sangat menjaga asupan makanan yaa termasuk apa2 saja yang dapat kita makan saat berbuka puasa nanti
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    5 April 2023 pukul 11.53
    Penting banget milih menu sahur yang bergizi. Jangan asal makan aja. Biar puasanya lancar dan nggak ada gangguan yang signifikan. Sekarang mudah banget sih cari tips makanan sehat untuk sahur, cukup browsing lewat internet, problem solved!! Nice infoh
    • HendraDigital
      Bambang Irwanto
      7 April 2023 pukul 09.41
      Setuju sekali ini, Mas. Karena katanya, pas sahur itu jangan kejar kenyangnya saja, tapi juga harus makanan yang berserat.
    • HendraDigital
      Eka FL
      8 April 2023 pukul 23.55
      setuju kak, yang penting ada sayurannnya. kalo gak suka di masak aku sih biasa di rebus aja. PR banget kalo masak karena keluarga gak suka sayur. untungnya ada internet jadi bisa nyari resep mengolah sayur gimana jadi enak dan menarik
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    5 April 2023 pukul 09.52
    Sebelum masuk Ramadan, saya ikut talk show, Mbak. Katanya selama puasa, jangan mengutamakan makanan yang mengenyangkan perut, tapi makanan yang bisa mencukupi berbagai kebutuhan tubuh. Termasuk perbanyak serat-serat. Jadi pemilihan bahan makanan memang perlu sekali.
    • Bambang Irwanto
      Ayah Ugi
      7 April 2023 pukul 08.50
      Wah,note banget nih. Pantesan kalau pas buka puasa terlalu kenyang jadinya ngantung. Ga semangat malah.
    • Bambang Irwanto
      Triani Retno A
      9 April 2023 pukul 05.02
      Meskipun tau banget teorinya seperti di artikel ini, tapiiiii.....tetep aja aku sahur pake karbo sederhana dan nggak selalu ada sayur atau buah :'(
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    5 April 2023 pukul 09.27
    aduh saya suka banget nih ngemil yang manis-manis waktu sahur apalagi kue, gimana ya enak sih, hahaha. tapi tetep diimbangi dengan makan protein dan sayuran dong. biar siang gak lemes shaayyy, hihihi. btw iya banget nih internet bantu aku nyari informasi makanan sehat apa aja yang bisa dikonsumsi selama buka puasa dan sahur. biar puasanya aman dan lancar
    • Eka FL
      Lia Yuliani
      15 April 2023 pukul 08.23
      Saya pun kadang suka nyicip macem-macem kalau sahur terutama kalau waktu sahurnya masih panjang. Memang godaan sih ya. Harusnya sih makan sahur itu bernutrisi biar puasanya lancar
    Reply