Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Precious One dan Bisnis Inspiratif untuk Teman Disabilitas

Bagaimana jika kamu diberi kesempatan kedua untuk hidup? Kehidupan seperti apa yang kamu pilih?”

Bisnis Inspiratif Precious One

Mungkin beberapa orang akan memilih kehidupan yang lebih baik untuk dirinya sendiri. Namun, tidak untuk Ratna, setelah Tuhan memberikan kesempatan lagi untuknya, ia memilih jalan yang berbeda untuk membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik lagi.

Bersama Precious One, Ratna membangun bisnis inspiratif yang melibatkan teman disabilitas. Tak disangka, produk hasil karya dari teman disabilitas diterima di pasaran. Yuk, simak cerita bagaimana Precious One berdiri dan teman disabilitas dalam mengelola bisnis serta produk hasil karya mereka!


Mengenal Precious One, Nyala Harapan Bagi Teman Disabilitas

Precious One merupakan suatu organisasi non pemerintah yang fokus dengan pemberdayaan teman disabilitas. Ratna ingin teman disabilitas dapat hidup mandiri lewat kerajinan tangan atau hasil karya yang dihasilkan oleh mereka.

Ratna memilih nama Precious One karena ia meyakini setiap orang itu berharga, apa pun kondisinya. Mengusung tagline “Special Product for Special People”, harapan besar Ratna adalah lebih banyak orang yang percaya bahwa teman disabilitas juga bisa membuat produk yang bagus asal diberi kesempatan.

Berawal dari Nazar Ratna, Cerita Inspiratif Precious One Berdiri

Cerita bagaimana Precious One berdiri juga tak lepas dari cerita inspiratif Ratnawati Sutedjo yang diberi ujian berupa penyakit hepatitis A yang cukup parah. Saat itu Ratna tidak bisa melakukan apa pun, bahkan rasanya sudah seperti orang yang tidak berguna. Sampai akhirnya muncul suatu nazar dalam benak Ratna.

Bagaimana perasaan teman-teman disabilitas ya? Mereka punya keterbatasan fisik sehingga tak bisa bekerja? Saya pun berkata pada Tuhan, kalau sembuh saya ingin terjun ke dunia disabilitas."

Tuhan pun mendengar doa Ratna, memberikan kesempatan kedua untuknya dengan kesembuhan. Setelah proses pemulihan, Ratna mulai mewujudkan nazar yang pernah ia ucapkan.

Sebenarnya maksud Ratna adalah ingin sekadar mengenal teman disabilitas. Nyatanya Tuhan punya rencana lain untuk teman disabilitas lewat Ratnawati Sutedja. Dari momen inilah bibit Precious One akan tumbuh dan berkembang.

Teman Tuli Pertama Hadirkan Produk Berkualitas

Ratna mulai berkenalan dengan seorang teman tuli sekitar tahun 2004. Teman disabilitas pertama Ratna tersebut mulai bercerita tentang kesulitan mereka untuk bekerja karena kekurangannya.

Curahan hati teman disabilitas tersebut membuat Ratna yang awalnya hanya ingin membersamai mereka, jadi tergerak untuk menciptakan lapangan pekerjaan juga. Ratna akhirnya mendirikan Precious One sebagai wadah untuk teman disabilitas.

Hal pertama yang dilakukan oleh Ratna adalah mengajarkan teman disabilitas cara berkarya. Ratna membuatkan alat peraga agar mereka bisa fokus mengembangkan skill di bidang kerajinan tangan atau produk tertentu.

Hingga saat ini, ada kira-kira 20 orang yang bekerja sebagai tim produksi di workshop Precious One. Selain itu, Ratna juga menjalin kerja sama dengan banyak mitra yg tersebar di berbagai daerah. Produk yang dikembangkan Precious One dari teman disabilitas seperti  tas, dompet, pakaian, boneka, kuliner, hingga jasa.

Teman Disabilitas Lain Mulai Bergabung

Precious One mulai melebarkan sayap dengan menggandeng teman disabilitas dari berbagai wilayah Indonesia untuk berkarya. Tak hanya teman tuli, saat ini juga ada teman-teman down syndrome dan autis yang ikut berkarya. 

Mereka dilibatkan dalam sektor jasa packing sendok. Meskipun memiliki kekurangan, ternyata teman down syndrome atau autis ini bisa melakukan packing sendok. Tuh, kan, mereka juga sama seperti orang lainnya. Mereka bisa jika diberi kesempatan.


Program Pengembangan Teman Disabilitas di Precious One

Aplikasi kasir iReap POS Lite
sumber gambar: Precious One

Tak hanya mengembangkan produk hasil karya teman disabilitas, program yang ada di Precious One juga tersedia untuk pengembangan untuk penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Apa saja programnya? Kita kepoin, yuk!

1. Stop Bully Disabilitas

Pertama ada program stop bully disabilitas berupa ajakan ke masyarakat luas dari berbagai kalangan agar dapat mengenal kehidupan teman-teman disabilitas. Tujuan dari program ini sebagai reminder atau pengingat agar kita bersyukur atas hidup yang kita terima dari Tuhan, terlebih menghargai teman disabilitas.

Sebab, bisa jadi suatu saat kita yang jadi disabilitas. Oleh karena itu, hargai hidup kita sendiri,, hargai juga hidup teman-teman disabilitas yang sama-sama makhluk ciptaan Tuhan.

2. Special Day for Special Children

Program yang ada di Precious One ini untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak disabilitas. Caranya dengan mengajak mereka bermain di mall, sama seperti yang biasa dilakukan anak-anak lain. Program SDSC ini biasanya mengundang 1000 anak-anak disabilitas di satu kota. Wow! Luar biasa, ya!

3. Program Bangga

Satu lagi program kece dari Precious One untuk teman disabilitas adalah mentoring UKM disabilitas di seluruh Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengangkat produk karya UMKM disabilitas agar dikenal oleh banyak masyarakat.


Strategi Bisnis Pengelolaan Produk Hasil Karya Teman Disabilitas

Saat membaca cerita bisnis inspiratif Precious One, saya jadi penasaran tentang cara mereka mengelola produk yang dihasilkan teman disabilitas. Apalagi saat ini bisa bekerja sama dengan berbagai mitra yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Apa, sih, rahasia mereka bisa mengelola produk, hingga penjualan dengan rapi?

Mengelola Produk Otomatis dengan Aplikasi Kasir iReap POS

Precious One teman disabilitas

Ternyata, mereka menggunakan aplikasi kasir otomatis untuk merekap semua produk, analisa produk yang sering dibeli, dan konsumen loyal. Aplikasi yang digunakan tim Precious One adalah aplikasi kasir iReap POS versi Pro.

Lewat aplikasi iReap POS Pro, mereka bisa mendata semua barang hasil produksi teman disabilitas di Precious One lewat website atau device seperti smartphone. Selain itu, mereka juga bisa monitor penjualan, keuntungan, dan stok barang secara real time, kapan saja, dan dimana saja.

Strategi yang Bisa Diadaptasi untuk Bisnis Kecil dengan iReap POS Lite

Strategi penggunaan aplikasi iReap POS yang dilakukan Precious One  juga bisa diaplikasikan ke bisnis rumahan sepertiku. iReap POS atau Integrated Retail Application Point of Sale adalah aplikasi kasir yang dirancang, serta dikembangkan untuk mengatur dan menjalankan operasional toko. Aplikasi iReap POS terdiri dari Point Of Sales atau sistem kasir dan sistem untuk mengelola barang.

Mengapa harus menggunakan aplikasi iReap POS Lite? Meskipun bisnis kecil, kalau pengelolaan produk tertata rapi, pastinya juga bakal membuat bisnis lebih terlihat profesional, serta mudah dilakukan evaluasi berdasarkan data penjualan, stok barang, dll.

Karena penasaran, saya juga coba pakai aplikasi iReap POS Lite untuk usaha saya yang masih merintis. iReap POS Lite merupakan aplikasi versi android yang full gratis, tanpa batasan master data produk, tanpa batasan transaksi, dan tanpa iklan.  

Cara penggunaannya ternyata cukup mudah lewat langkah berikut:

  1. Download iREAP POS Lite dari Google Play Store dan Install.
  2. Pilih jenis bisnis yang sedang dijalankan. Kalau saya pilih Fashion, Boutique, Apparel, Shoes, dan Eyewear Store.Aplikasi kasir iReap POS Lite
  3. Klik ikon Master Data, lalu klik Manage Category. Tekan tanda “+” untuk memasukkan kategori produk yang dijual.
  4. Klik Manage Product. Klik kategori yang diinginkan untuk memasukkan data produk. Isi keterangan produk mulai dari barcode, nama produk
  5. Ketika terjadi transaksi penjualan atau pengembalian, klik ikon Sales/ Return. Jika terjadi penjualan, klik produk dan jumlah produk yang dibeli konsumen, serta pilih metode pembayaran yang digunakan.

Keuntungan Menggunakan iReap POS Lite pada Bisnis Kecil

Setelah menggunakan aplikasi iReap POS Lite ternyata sangat mempermudah saya dalam rekap data penjualan maupun produk meskipun tanpa kasir toko. Beberapa keuntungan lain juga saya rasakan seperti berikut ini:

Precious one dan aplikasi kasir iReap POS Lite

  1. Pencatatan data dilakukan secara offline yang nantinya akan tersimpan di device pengguna masing-masing. 
  2. Bisa input data barang, produk yang terjual, serta kategori barang dengan import file format CSV
  3. Aplikasi gratis, jika ingin upgrade ke iReap POS Pro hanya butuh biaya Rp99.000 per bulan per perangkat. Jika dibayar per tahun langsung hanya dikenakan biaya Rp41.667 /bulan/perangkat.
  4. Tersedia backup dan restore data lewat Google Drive atau Local Drive


Penutup

Begitulah cerita inspiratif dibalik berdirinya Precious One sebagai wadah yang menaungi teman disabilitas. Teman-teman bisa membeli produk teman disabilitas lewat website Precious One, Instagram @preciousone_catalogue, dan e-commerce. Nah, jika teman-teman yang memiliki usaha kecil atau UMKM juga ingin mencoba aplikasi kasir iReap POS Lite, bisa langsung unduh lewat Playstore atau Apple Store.


Referensi

  • https://www.ireappos.com/id/index.php
  • https://precious-one.com/
  • https://www.ireappos.com/news/id/

25 komentar

25 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Eka FL
    Eka FL
    14 Juni 2023 pukul 23.04
    subhanallah, inspiratif sekali perjuangan mba Ratna untuk mendirikan Precious One, saya kira gak banyak orang yang memiliki kepedulian dan keberanian seperti mba ratna. semoga Precious One makin sukses dimasa yang akan datang ya. iReap emang bantu banget urusan keuangan dan transaksi keuangan terutama untuk pemilik usaha, termasuk Precious One ini.
    Reply
  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah
    14 Juni 2023 pukul 21.30
    inovasi yang bagus sekalii. Jadi bisa ngatasin masalah keuangan yang bikin pusing ini jadi sat set dan lebih simple
    Reply
  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M
    14 Juni 2023 pukul 09.24
    Salut bgt kak. Masih ada org yg memikirkan para disabilitas. Memang kita harus saling merangkul untuk bisa mensupport satu sama lain
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    14 Juni 2023 pukul 07.29
    Karya teman-teman Precious One bisa diperoleh dimana, kak?
    MashaAllaa~
    Aku kagum banget dengan sosok penggagas Precious One. Karena berkat kak Ratna, semuanya menjadi berdaya dan mampu mengembangkan kreatifitasnya.
    Kemudian didukung oleh aplikasi iReap POS Lite. Makin maju terus Precious One-nya ya..
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    14 Juni 2023 pukul 06.22
    Tenang ya kalau ada aplikasi iReap ini. Masalah keuangan jadi lancar karena gak belibet ngurusnya
    Reply
  • Happy
    Happy
    14 Juni 2023 pukul 04.55
    apresiasi banget untuk teman-teman disabilitas. aku jadi inget sama salah satu kafe di serang yang semua pegawainya disabilitas, mereka ramah-ramah banget dan lucu.
    Reply
  • Leyla Hana
    Leyla Hana
    14 Juni 2023 pukul 03.38
    Senang sekali ada orang-orang seperti Ratna yang mau membantu memikirkan nasib disabilitas. Apalagi sekarang dibantu dengan fitur ireappos.
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    14 Juni 2023 pukul 01.18
    menggunakan iReap POS Lite ini memang lebih efisien dan sat set ya, Mbak. Laporan keuangan, keuntungan, keadaan stok barang juga lebih tertata. mantep banget buat umkm pemula
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    14 Juni 2023 pukul 01.04
    Makin keren pastinya karena saudara kita yang disabilitas tidak akan merasa minder lagi karena bisa menghasilkan karya dengan keterbatasan itu BISA dan jauh lebih memiliki value
    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    13 Juni 2023 pukul 23.20
    Masya Allah pembuka tulisannya bikin nyes. Dan jadi ke ingat dr Cha coba. Bener sih jadi bisa lebih menghargai ya di kesempatan kedua pada umumnya. Terus berkembang precious one.

    Reply
  • Hamimeha
    Hamimeha
    13 Juni 2023 pukul 23.13
    Menarikmbak anggit. Gak banyak yg tergerak untuk menggandeng teman2 disabilitas.

    Eh ternyata ada wadahnya.. semoga makin sukses.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    13 Juni 2023 pukul 21.48
    Salut banget sama pelaku usaha yg seperti ini
    Semoga bisnisnya makin berkembang, apalagi dibantu ireap post dalam pengelolaan keuanggnya ya mbak
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    13 Juni 2023 pukul 21.03
    Salut banget dengan orang-orang yang mau meluangkan waktu dan pikiran untuk memberdayakan teman-teman disabilitas. Mereka butuh banget dirangkul, diberi kesempatan untuk maju.
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    13 Juni 2023 pukul 20.37
    iReap POS bisa mendukung usaha semakin terkelola dengan lebih baik ya, Kak. Apalagi fiturnya komplit
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    13 Juni 2023 pukul 20.31
    wah keren banget ya program-programnya dari Precious One ini semoga akin banyak yang terinspirasi untuk terus mengembangkan disabilitas ini karena mereka ini banyak yang mempunyai potensi besar. dan iReaps ini cocok banget untuk usaha-usaha pemula termasuk yang dikembangkan oleh Kak Ratna ini
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    13 Juni 2023 pukul 19.05
    Salut bgt ama usaha PreciousOne yang mau membantu melancarkan usaha kaum disabilitas agar lebih berdaya. Semoga gaungnya ini bs sampe ke pelosok desa. Soalnya msh banyak kaum disabilitas yg kurang terbantu dan blm.bs mandiri secara finansial.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    13 Juni 2023 pukul 18.36
    Masya Allah mba Anggi sangat menginspirasi kisahnya, semoga tambah besar usahanya dan bisa membantu banyak orang. (Gusti yeni)
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    13 Juni 2023 pukul 16.39
    Senang dengan program mantapnya precious one ini, karena teman² disabilitas jadi makin semangat berdaya dan percaya diri dalam menghasilkan karya terbaik mereka.
    Reply
  • Han
    Han
    13 Juni 2023 pukul 15.34
    MasyaAllaah yaa, aplikasi kasirnya bikin efisien dan membantu bangettt. Aku punya cita2 berbisnis jugaa, bisa jadi referensi nih nanti untuk bisnisku ke depan >.<
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    13 Juni 2023 pukul 08.47
    Kerennya Mba Ratma ini. Bermula dari sebuah nazar yang kemudian ia wujudkan menjadi Precious One. Sudah begitu, bukan hanya produk kerajnan tangan saja yang dihadirkan untuk khalayak, bahkan sampai kuliner dan jasa juga.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    13 Juni 2023 pukul 08.03
    Salut dengan Precious One yang merangkul teman-teman disabilitas untuk berdaya dan menghasilkan karya. Pengelolaannya menjadi lebih efisien dengan adanya I-Reap Pos Lite yang sangat membantu. Ini nih yang namanya simbiosis mutualism
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    13 Juni 2023 pukul 07.52
    Betul banget kak, pakai aplikasi iREAP POS membantu banget buat pengelolaan produk, saya sudah coba pakai yang Lite untuk usaha kecil saya, tinggal printernya aja nih belum ada
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    12 Juni 2023 pukul 22.03
    Keren sekali yang dilakukan oleh Mbak Ratna ini ya, Mbak. lewat Precious One, Mbak Ratna mengembangkan potensi dan kemampuan teman-teman istimewa. Dan sebenarnya, dibalik kekurangan, mereka juga punya kelebihan. jadi perlu sekali dukungan kita semua.
    Reply
  • Nurul Mutiara R.A
    Nurul Mutiara R.A
    12 Juni 2023 pukul 19.35
    Bener-bener menginspirasi sekali ceritanya kak. Sekarang kalau tak lihat perkonomian lebih inklusif. Banyak usaha-usaha yang mengikutsertakan teman-teman disabilitas di dalamnya. Luar biasa
    Reply
  • Taumy
    Taumy
    12 Juni 2023 pukul 11.42
    Keren banget ya programnya. Salut karena sudah memperhatikan para disabilitas agar tetap bisa berkarya. Dan nggak nyangka juga bisa memanfaatkan IReap sebagai aplikasi kasir.
    Reply