Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

6 Cara Efektif Mengatur Jadwal Kelas Karyawan dengan Aktivitas Kerja

Kelas karyawan BINUS online learning

Bekerja sambil kuliah sering jadi pilihan para karyawan yang ingin memiliki pendidikan tinggi. Untungnya saat ini sudah tersedia kelas perkuliahan khusus karyawan. Kelas karyawan merupakan kelas perkuliahan untuk para karyawan yang memiliki keterbatasan waktu sehingga tidak bisa mengikuti kuliah reguler.

Secara umum jadwal dari kelas karyawan dilakukan diluar jam kerja. Bisa saat malam, bisa juga saat weekend. Kuliah online kelas karyawan ini memang jadi solusi bagi mereka yang ingin bekerja sambil kuliah.

Namun, bagaimana cara mengatur jadwal antara bekerja dan kuliah? Padahal bekerja saja sudah cukup menguras tenaga, serta pikiran. Yuk, simak tips mengatur jadwal kelas karyawan berikut ini!


Cara Mengatur Jadwal Kelas Karyawan

Nah, berdasarkan dari pengalaman teman saya yang dulu bekerja sambil kuliah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berbenturan antara kuliah dan aktivitas kerja. Setidaknya 6 hal berikut efektif dalam mengatur jadwal kelas karyawan.

1. Tetapkan Target

Kuliah kelas karyawan memang memiliki waktu yang cukup fleksibel, tapi bukan berarti kamu menganggap remeh, bahkan mengabaikan. Ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, kamu tetap harus menentukan target kapan akan lulus.

Target diperlukan agar kamu bisa lebih bertanggung jawab kepada keputusanmu untuk kuliah sambil bekerja. Jadi tentukan dulu komitmen, serta target untuk lulus sebelum mendaftar kuliah.

2. Memilih Jurusan Sesuai Bidang Kerja

Selain memilih kuliah berdasarkan minat dan bakat, kamu juga disarankan untuk menyesuaikan dengan bidang kerja. Memilih jurusan yang linear dengan bidang kerja saat ini bisa memudahkan dalam menerima materi perkuliahan yang diberikan. Kamu juga bisa menghubungkan masalah yang terjadi di kantor dengan materi perkuliahan yang tengah dipelajari. 

3. Patuhi Jadwal

Kadang saat bekerja sering ada shift yang mengharuskan seorang karyawan masuk. Tak jarang shift jatuh di waktu malam hari atau weekend saat jadwal kuliah berlangsung. Lantas bagaimana cara untuk mengkondisikan jadwal yang bisa bentrok tersebut? 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan jadwal shift dan jadwal perkuliahan. Setelah itu susun agenda sekaligus rincian kegiatan. Jika ada kegiatan yang bertabrakan, cobalah komunikasikan dengan dosen atau atasan terkait. 

Usahakan ini dilakukan dari jauh-jauh hari agar kamu tak perlu pusing ketika kemungkinan ini terjadi. Jika kamu kesulitan dalam mengingat, bisa gunakan aplikasi pengatur agenda untuk membantumu mengelola jadwal. 

Terakhir, sepadat apapun jadwal kerja dan jadwal kuliah, selalu sisihkan waktu untuk rekreasi. Sediakan waktu untuk diri sendiri atau keluarga agar pikiran bisa lebih fresh, sera terhindar dari ancaman stress.

BINUS online learning

4. Bentuk Pola Belajar dan Bekerja yang Efisien

Membentuk pola belajar dan bekerja adalah hal yang penting. Dalam proses belajar, cobalah sediakan waktu khusus untuk menyelesaikan tugas kuliah.

Selalu catat materi dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen jika ada materi yang belum dipahami. Menjalani materi dengan seksama akan membuatmu lebih terorganisir, sehingga terhindar dari lembur. Khususnya saat menjelang ujian.

Selain membuat waktu belajar lebih efisien, kamu juga perlu membuat waktu bekerja efisien juga. Mulailah dengan merinci tugas serta tanggung jawab, lalu buatlah daftar berdasarkan skala prioritas. Setelah itu atur urutan pekerjaan dengan baik.

Nah, dalam pekerjaan pastikan untuk melakukan koordinasi dengan tim. Tolak pekerjaan yang bukan tanggung jawabmu. Ingat, mengerjakan tugas yang bukan tanggung jawabmu sendiri akan membuatmu rentan kelelahan hingga berimbas pada kuliah.

5. Kelola Stress

Ketika seseorang memutuskan bekerja sambil kuliah, otomatis harus siap dengan jadwal yang sibuk. Nah, jadwal yang tidak dikelola dengan baik akan meningkatkan stress. Hal ini bisa berakibat pada terbengkalainya perkuliahan. 

Lantas bagaimana solusinya?

Ketika kamu merasa lelah, istirahatlah sekitar 10 sampai 15 menit. Selain itu jagalah kualitas tidur dan hindari begadang. Lakukan olahraga rutin sebagai salah satu cara membuat tubuh tetap bugar dan pikiran lebih fresh. 

6. Tetapkan Prioritas

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah dan bekerja, maka kamu harus siap untuk plan yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Intinya, meskipun kamu telah mengatur jadwal atau waktu sedemikian rupa, bisa saja ada suatu hal yang mengharuskan untuk memilih prioritas mana antara kuliah atau bekerja.

Jika ini terjadi dan kamu harus memilih, pastikan kamu telah mempertimbangkan keputusanmu dengan matang. Konsultasilan dulu dengan atasan di pekerjaan atau dosen di perkuliahan.


Rekomendasi Kuliah Online Kelas Karyawan

Kelas Karyawan kuliah online
Sumber: BINUS online learning

Saat ini banyak universitas yang membuka kelas karyawan. Namun berdasarkan pengalaman teman saya, ada satu kelas karyawan yang recommended, yaitu kuliah online kelas karyawan dari BINUS. Kenapa? 

BINUS Online Learning dilakukan dengan metode full daring. Sehingga kamu tak perlu menghabiskan waktu untuk ke kampus ketika mata kuliah berlangsung. Nah, kuliah full daring ini juga menjadi angin segar bagi kamu yang ingin kuliah di perguruan tinggi ternama namun memiliki keterbatasan geografis. 

Selain itu, tubuh pasti lelah setelah bekerja sehingga dibutuhkan solusi praktis dan efektif untuk memaksimalkan waktu kuliahmu. Solusinya tentu saja kuliah daring. Kuliah metode ini bisa dilakukan dimanapun.

Artinya kamu bebas ingin berada dimana ketika kuliah berlangsung. Bahkan jika pun kamu liburan kamu tetap bisa mengikuti sesi kuliah. Selama koneksi internet baik, serta gawai mendukung, kuliah online kelas karyawan bisa dilakukan dimana saja.


Penutup

Bekerja sambil kuliah saat ini bisa dilakukan dengan lebih fleksibel berkat hadirnya kuliah online kelas karyawan. Jadwal kuliah yang biasanya dilakukan di luar jam kerja, membuat para karyawan bisa ikut merasakan pendidikan tinggi sambil bekerja. Tertarik untuk mencoba? Kamu bisa coba kelas karyawan BINUS dan terapkan 6 tips untuk mengatur jadwal kuliah dan bekerja.


76 komentar

76 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Andrie K.
    Andrie K.
    13 Agustus 2023 pukul 06.13
    Keren banget nih, walaupun sudah bekerja tapi tetap ada keinginan untuk terus belajar dan menggapai pendidikan setinggi-tingginya dan luar biasnaya bisa mengatur waktu dengan baik antara kerja dan menempuh pendidikan itu.
    Reply
  • Finaira Kara
    Finaira Kara
    12 Agustus 2023 pukul 20.33
    Aku juga kuliah di universitas yang menyediakan kelas karyawan. Tapi emang butuh perjuangan lebih buat kelola diri, finansial, waktu, dan stres. Bebannya berat kalau gak sanggup ya
    Reply
  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    11 Agustus 2023 pukul 22.47
    Saya dukung kerja sambil kuliah.. Eh kuliah sambil kerja. Mana yg betul ya. Pokonya gitu. Capek sih, tapi pokoknya nggak sia sialah
    Reply
  • GE MAULANI
    GE MAULANI
    11 Agustus 2023 pukul 10.33
    Waaah iya juga ya kalau dipikir-pikir, ngambil jurusan yang nyambung sama bidang kerja itu bisa memudahkan untuk problem solvingnya. Makasih tipsnya kak. Ternyata di Binus ada kelas karyawannya ya. Noted banget
    Reply
  • Ika Maya Susanti
    Ika Maya Susanti
    11 Agustus 2023 pukul 09.05
    Jadi ingat dulu pernah ngajar kelas karyawan. Saya amati, kebanyakan dari mereka benar-benar harus pontang-panting banget untuk bagi waktu. Orang lain pulang kerja bisa istirahat, mereka-mereka ini justru berjbaku menuntut ilmu baru untuk naik level. Benar-benar salut!
    Reply
  • Min Nikunews
    Min Nikunews
    11 Agustus 2023 pukul 09.00
    Kelas karyawan gini memang solusi banget ya untuk mereka-mereka yang tetap ingin bisa menghasilkan tapi gak harus terbentur jadwal belajar yang konvensional. Tapi ya harus pandai-pandai manage stresnya.
    Reply
  • Ihsan Subhan
    Ihsan Subhan
    11 Agustus 2023 pukul 07.20
    Belum ngalamin sih kerja sambil kuliah. Pernah juga kuliah sambil kerja. Artinya sewaktu mengikuti kuliah reguler, saya menyempatkan bekerja, pada saat libur.
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    11 Agustus 2023 pukul 06.15
    Yang ikut kelas karyawan biasanya malah lebih disiplin karena udah ngerti sulitnya mencari duit sendiri. Hehe... Kelas online gini juga membantu banget, jadi masih bisa fokus belajar tanpa kecapekan di perjalanan dari kantor ke kampus pas jam pulang kerja.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    10 Agustus 2023 pukul 19.25
    memilih kuliah sambil bekerja (atau sebaliknya) itu memang tantangan tersendiri sih ya tapi sekarang gak perlu pusing dong ya ada BINUS yang bisa jadi salah satu solusi bagi yang masih tetap ingin lanjut kuliah namun bekerja :)
    Reply
  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian
    10 Agustus 2023 pukul 11.20
    Bonus online learning bisa jadi solusi bagi karyawan yang ingin terus menaikan jenjang Pendidikan ya ya mbak
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    10 Agustus 2023 pukul 10.53
    Program kelas online dari BINUS University ini bisa jadi alternatif pendidikan bagi yang ingin kuliah sambil kerja, ya. Karena kuliahnya online dan bisa dilakukan dari mana saja.
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    10 Agustus 2023 pukul 09.42
    Jadi inget dulu ikut kuliah kelas karyawan di akhir pekan setelah bekerja di hari biasa, memang harus bisa banget ngatur jadwal agar kerja dan kuliah tetap bisa dijalani beriringan, yang butuh ekstra adalah narik napas dan ngambil jeda untuk istirahat sejenak di antara rutinitas kerja dan kuliah agar tetap bisa waras
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    9 Agustus 2023 pukul 12.08
    pengen juga euy ikut kelas karyawan ini buat menambah kompetensiku. cuma masih kepikiran gimana atur waktunya soalnya sekarang aja agak keteteran. heu. semoga aja nanti aku beneran bisa kuliah lagi
    Reply
  • KA Pamungkas
    KA Pamungkas
    9 Agustus 2023 pukul 11.39
    Tipsnya mantap banget. Apalagi related sama jaman saya kuliah sambil kerja dulu. Kalau saya dulu tipsnya di bijak mengatur waktu dan skala prioritas agar keduanya tercapai sesuai tujuan atau masih dalam batas toleransi. Enak juga kali ya kalau nyoba kuliah full daring di BINUS. Bisa memangkas energi dan kebutuhan untuk wira-wiri. Tentunya dengan mengganti akses gadget dan internet yang bisa diandalkan.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    9 Agustus 2023 pukul 09.36
    Program kelas online dari BINUS university ini bisa membantu para karyawan untuk tetap bisa kuliah tanpa meninggalkan pekerjaan
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    9 Agustus 2023 pukul 09.28
    Salut deh sama teman-teman yang mengambil kuliah saat sudah bekerja, byuh bagi waktu, bagi pikiran sekaligus tenaganya yang luar biasa
    program kuliah online binus cukup membantu bagi yang sibuk kerja, paling ga mengurangi tenaga untuk datang ke kampus karena kuliah bisa dilakukan secara online
    Reply
  • ginanelwan
    ginanelwan
    9 Agustus 2023 pukul 08.02
    kantorku lagi menawarkan aku untuk kuliah lagi, dengan mengambil kelas karyawan. Tips yang di atas sangat membantu saya nantinya, makasih mba atas tulisannya.
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    9 Agustus 2023 pukul 06.17
    Keren nih, Binus menjembatani siapa saja yang ingin menuntut ilmu dan membuka wawasan yang lebih luas, karena meskipun sudah menjadi karyawan upgrade ilmu dan teknologi tetap penting dan dibutuhkan agar pekerjaan yang dijalani makin mantap.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    9 Agustus 2023 pukul 06.16
    Thanks banget tips dan referensi kuliahnya MB. Pingin banget kuliah lagi . Apalagi ada pilihan kuliah online..
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    9 Agustus 2023 pukul 05.00
    Dengan aktivitas yang padat, salut banget sama yang tetap mengutamakan studinya dan didukung oleh kuliah online di kampus swasta terakreditasi BAN PT, BINUS Online Learning. Semangat untuk tentukan prioritas dan cepat lulus untuk mengamalkan ilmunya di masyarakat.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    8 Agustus 2023 pukul 21.41
    Zaman sekarang kukiah pun senakin dimudahkan ya, asalkan ada niat dan usaha insyaallah bisa terlaksana dengan baik. Binus ini ngenatu banget buat karyawan yang ingin kuliah yaa
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    8 Agustus 2023 pukul 20.34
    Kalau kelas karyawan pastinya harus memperhatikan kesesuaian jurusan yang diambil dengan bidang kerjanya. Selain itu juga harus memperhatikan jadwal dengan baik agar bisa berjalan dengan lancar studi yang dijalani
    Reply
  • Munasyaroh Fadhilah
    Munasyaroh Fadhilah
    8 Agustus 2023 pukul 19.59
    Keberadaan Binus ini emang membantu sekali, jadi bisa menempuh pendidikan tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga di perjalanan.
    Reply
  • Nengsih
    Nengsih
    8 Agustus 2023 pukul 18.47
    Kuliah sambil bekerja memang menguras tenaga dan fikiran banget. Tapi di Binus udah ada solusinya tu ya kak.. Karena full daring. Jadi bisa lebih hemat waktu
    Reply
  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti
    8 Agustus 2023 pukul 14.37
    Memang perlu pinter2 bagi waktu sih kalo karyawan mau kuliah lagi. Karena biasanya pas weekend kan waktunya santai2 tapi dipake buat kuliah dan tugas.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    8 Agustus 2023 pukul 13.19
    Suami saya pernah ambil short course di BINUS dulu dan memang bagi seorang karyawan jadi keteteran. Maka online learning BINUS seperti ini bisa ajdi opsi bagi karyawan dan siapa saja untuk belajar dan mengembangkan diri dengan cara yang mudah dan praktis
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    8 Agustus 2023 pukul 10.40
    Suami pernah nih mau kuliah sambil kerja tapi diurungkan niatnya karena bingunh ngatur jadwal. Kalau ada yang online gini sepertinya bisa
    Reply
  • admin
    admin
    8 Agustus 2023 pukul 10.20
    Thanks ya sharingnya mba.. notice banget untuk saya. Semiga bisa diamalkan
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    8 Agustus 2023 pukul 09.57
    kalau ada pilihan kelas online buat karyawan tentu lebih nyaman yaa buat nentukan jadwal. apalagi ada binus online learning yang udah terjamin bagus
    Reply
  • Nabilla DP
    Nabilla DP
    8 Agustus 2023 pukul 09.15
    menarik juga ada binus online learning ini.. saya jadi penasaran berapa biayanya karena prospeknya juga bagus untuk masa depan ya kak
    Reply
  • Han
    Han
    8 Agustus 2023 pukul 09.15
    Jadi pengen kuliah lagiii ya ampun, aslii, jiwa pembelajarku meronta-ronta, apalagi ada BINUS untuk online ginii, asyik banget ngga tuh
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    8 Agustus 2023 pukul 07.33
    Pokoknya selalu salut dengan orang yang bisa membagi waktu antara kerja dan kuliah. Karen tidak semua mampu melaluinya dengan baik.

    Sekarang makin banyak ya kampus yang memberikan kuliah secara daring. Benar-benar jadi solusi buat yang ingin kuliah namun dengan keterbatasan waktu
    Reply
  • laila dzuhria
    laila dzuhria
    8 Agustus 2023 pukul 05.06
    Aku jadi ingat saat2 kuliah sambil kerja. Pernah melewati 2 fase. Di mana, saat jd call center part time dari pukul 5-10 malam dan kuliah masuk pagi-sore. Di fase berikutnya menjadi sekretaris direktur. Dimana harus bekerja pagi dan kuliah malam sampai jam 9. Rasanya lelah banget... dan benar memang harus sesuai dg apa yg kita ambil di dunia kerja. Saat itu aku ambil D3 sekretaris. Jadi pas dg pekerjaanku.

    Alhamdulillah banget ada Binus Online Learning. Jadi mahasiswa/i sekarang tidak begitu lelah saat belajar dan tidak menghabiskan waktu. Mereka bisa belajar saat di rumah atau saat di jalan sekalipun.
    Reply
  • gemaulani
    gemaulani
    7 Agustus 2023 pukul 23.06
    Setuju sih kalau belajar sambil bekerja aka kelas karyawan itu butuh pengelolaan stress yang baik supaya semuanya berjalan lancar. Waaah kalau belajarnya di Binus sih udah enggak diragukan lagi kualitasnya ya kak.
    Reply
  • Linda Puspita
    Linda Puspita
    7 Agustus 2023 pukul 22.50
    Betul kak tidur sekitar sekitar 10 sampai 15 menit kok malah di badan jadi seger beger ya, beda kalau tidurnya lama sekitar satu atau dua jam, malah lelah badan. PRku sekarang nih hindari begadang dan melakukan olahraga rutin hehhe
    • Linda Puspita
      Kyndaerim
      10 Agustus 2023 pukul 17.24
      Duh, sama banget lagu kita, Mbak. Wkwk.. PR banget memang buat ilangin mager olahraga, huhu..
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    7 Agustus 2023 pukul 19.57
    binus memang keren sangat

    bisa memfasilitasi siapapun yg ingin lanjutkan kuliah ya

    mantab
    • nurul rahma
      Luluk Sobari
      8 Agustus 2023 pukul 16.04
      Setuju banget Mbak, apalagi yang karyawan tapi pengen kuliah. Bisa pilih kelas online daripada kelas malam seperti biasa yang ada. Jadi nggak terlalu capek, karena waktunya fleksibel.
    • nurul rahma
      Dee_Arif
      8 Agustus 2023 pukul 22.08
      Suami temanku lagi ambil kuliah S2 di BINUS
      Dengan program onlinenya, dia bisa tetap kuliah sambil kerja
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    7 Agustus 2023 pukul 18.39
    Kalau zaman kuliah dulu juga ada kelas karyawan, namanya kuliah ekstensi. Cuma kayaknya zaman sekarang lebih dipermudah lagi.
    • Putu Felisia
      Didik Purwanto
      8 Agustus 2023 pukul 21.52
      Iya kak. Dulu sempat mau ikut kelas ekstensi krn enak kan kuliah malam gt. Ga panas pas siangnya. Trs kita bs kerja dl pas siang.

      Skrg enak bgt ya ada kuliah online. Apalagi ini kampus ternama loh.
    • Putu Felisia
      Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
      8 Agustus 2023 pukul 23.09
      Om-ku itu yang kuliah ekstensi
      Bayarnya mahal
      Tapi sekarang sudah jadi arsitek
    Reply
  • lailyfitrianimenulis
    lailyfitrianimenulis
    7 Agustus 2023 pukul 18.37
    Beneran banyak hal yang harus dipersiapkan bagi seorang karyawan yang memutuskan untuk kuliah. Management waktu yang pasti harus diperhatikan ya Mbak? dan setuju dengan Binus yang memberikan kuliah online, selain memudahkan juga waktunya fleksibel bagi karyawan.
    • lailyfitrianimenulis
      Fenni Bungsu
      8 Agustus 2023 pukul 19.29
      Dengan adanya kuliah online, buat seorang karyawan jadi memudahkan ya buat mengikuti kelas. Jadinya bisa sambilan, antara kerja dan kuliah tanpa perlu terhalang
    • lailyfitrianimenulis
      lendyagasshi
      9 Agustus 2023 pukul 05.33
      Setuju banget untuk kelola waktu dan skala prioritas hingga kelola stres.
      Karena semua harus selesai dan semoga BINUS Online Learning bisa membuat karyawan tetap mendapatkan ilmu, ijazah keahlian serta meningkatkan jenjang karir.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    7 Agustus 2023 pukul 17.11
    Binus ternyata ada kelas online untuk karyawan, ya. Makin mantap dong kualitas mahasiswanya kalau digodog sama Binus
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    7 Agustus 2023 pukul 16.58
    Jadi inget pas masih kuliah. Sayangnya pas masih kuliah ga kaya sekarang yang udh bisa online hehe
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    7 Agustus 2023 pukul 09.49
    Skala prioritas ini penting banget untuk menentukan arah jadwal sehari-hari.
    Dan efeknya bisa pencapaian yang diinginkan dalam setahun ini.
    Solutif banget adanya BINUS Online Learning. Sehingga bisa tetap kuliah dimanapun berada dengan tetap menjalani rutinitas sehari-hari dengan nyaman.
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    6 Agustus 2023 pukul 23.13
    Sering yang terjadi kalo ikut kelas karyawan dan siangnya harus kerja, mesti capek dan sulit atur jadwal belajarnya juga. Tapi di artikel ini bagus nih, ada tipsnya lengkap begitu. Eh, tapi binus kan juga ada kelas online ya, jadi bisa lebih mudah juga ngikutin kelas meskipun sambil kerja
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    6 Agustus 2023 pukul 22.50
    Harus ada prioritas meski ingin semua dipelajari
    Jangan sampai lelah yang diperoleh tapi ilmunya lewat...
    Reply
  • Shanty febrianti
    Shanty febrianti
    6 Agustus 2023 pukul 22.29
    pendidikan harus jadi nomor 1 jadi biar sesibuk apapun tetap harus sekolah / kuliah.. Nah salah satu binus nih yg rekomendasi banget tempat kuliah
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    6 Agustus 2023 pukul 21.53
    auto pengen deh kuliah di BINUS online learning, cocok banget buat IRT yang pengen meneruskan kuliah atau IRT yang sedang bekerja juga untuk kuliah lagi
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    6 Agustus 2023 pukul 21.51
    Banyak juga yang kuliah sambil kerks ya
    Makanya program kelas online dari BINUS ini membantu ya mbak
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    6 Agustus 2023 pukul 21.47
    Paling ngena emang poin yang patuhi jadwal sih Mba . Secara kalau ngambil kuliah online apalagi disambi bekerja itu nggak bisa dibilang sebagai perjalanan yang mudah karena bakalan ada masa ruwetnya semasa adaptasi antara kehidupan pekerjaan juga momen perkuliahan yang sudah diambil.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    6 Agustus 2023 pukul 21.27
    Memang tidak mudah bekerja sambil kuliah, butuh perjuangan, konsisten dan tegas keras pada diri sendiri.

    Rasa malas pasti ada apalagi dibarengi dengan kerjaan kantor yang belum kelar, spt ulasan diatas kembali ke target keinginan awal kenapa mau sekplah lagi yaakss...

    Binus rekomended sebagai kampus yang memiliki kelas online cocok buat pegawai. (Gusti yeni)
    • Ranggi's Travel Story
      Eka FL
      8 Agustus 2023 pukul 22.46
      setuju kak, saya juga pernah kuliah sambil kerja dan itu gak mudah. akhirnya harus memilih kuliah atau kerja. tentu kuliah. agak berat sih menimang hal itu. di Binus bisa banget ya kerja sambil kuliah tanpa galau
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    6 Agustus 2023 pukul 20.57
    Jaxi inget zaman kukiah dulu nih, abis capek²nya kerja, sore ya langsung disuruh belajar, haha.. Sekarang ini online learning BINUS memang lagi bnyak peminatnya yah.
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    6 Agustus 2023 pukul 20.09
    Kuliah karyawan di BINUS ini memang cocok bagi pekerja. Selain membuat waktu belajar lebih efisien, juga membuat waktu bekerja efisien juga. Fleksibel banget pokoknya
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    6 Agustus 2023 pukul 20.02
    Kuliah online kelas karyawan dari BINUS memang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengoptimalkan waktu dan fleksibilitas dalam kuliah. Dengan metode full daring, dapat dilakukan dimanapun, menjadi pilihan yang praktis dan efektif.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    6 Agustus 2023 pukul 19.06
    Kelas karyawan ini memang sangat banyak diminati pekerja kera yang ingin terus menambah jenjang karir. Alhamdulillah kuliahnya bisa dengan sistem online ya. Jadi bisa banyak waktu untuk belajar dan bekerja
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    6 Agustus 2023 pukul 18.19
    Di tempatku dulu kuliah khusus karyawan ini biasanya sore hingga malam. Soalnya karyawan tuh rata2 ya masuk pagi. Jd sore baru bs ambil kuliah. Kl kerjanya mlm ya bs ambil kuliah reguler yg pagi. Tp biasanya biaya SKS utk kuliah malam agak mahal tuh. Tp ya enak jg sib kan udh kerja, dpt gaji. Jd ya santai aja buat kuliahnya.
    Reply
  • Erin Herlina
    Erin Herlina
    6 Agustus 2023 pukul 17.45
    Aku pengin banget nih kuliah lagi walau sekarang sibuk kerja. Karena, kuliah salah satu cara buat uppskill menjadi lebih baik lagi. Ternyata bisa kuliah di BINUS ya, karena ada e-learning.
    Reply
  • Han
    Han
    6 Agustus 2023 pukul 17.16
    ya ampun, aku selalu takjub dan salut sih sama temen2 yang kuliah sambil kerja, keren banget atur waktu dan staminanyaaa. aku aja yang kuliah doangg udah teler dan kewalahan hiks
    Reply
  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati
    6 Agustus 2023 pukul 17.01
    Zaman makin maju, teknologi kian berkembang. Seneng banget deh kalau bisa kuliah online di BINUS.

    Pengen nyobain, tapi aku slownya hanya sabtu dan minggu aja.
    Reply
  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    6 Agustus 2023 pukul 14.06
    mantapp program e-learningnya Binus bisa menjangkau semua kalangan yang pengen kuliah tapi terkendala jarak yaa..
    • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
      Kyndaerim
      7 Agustus 2023 pukul 20.17
      Iya, nih. BINUS Online Learning super pengertian dan kekinian, jadi lebih fleksible.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    6 Agustus 2023 pukul 10.44
    Buat yang gak bisa mengikuti kelas reguler bisa dengan mudah nih belajar di kampus dengan mengikuti kelas karyawan. Jadinya meski sedang kerja, tetep bisa menjadi mahasiswa dan meraih gelar sarjana
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    6 Agustus 2023 pukul 09.43
    Kuliah sambil kerja kalau kelas offline pastinya capek banget, kalau kuliah online bisa sambil istirahat juga sejenak. Kelas online memang butuh fokus dan kejelasan jadwal, khususnya bgai pekerja agar bisa terbagi dengan baik antara waktu belajar dan bekerja.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    6 Agustus 2023 pukul 06.39
    Bekerja dulu, baru setelah itu disambi kuliah, memang jadi solusi bagus untuk meningkatkan karir ya, Mbak. Termasuk adik saya, yang kerja beberapa tahun dulu, lalu ambil kuliah 3 minggu sekali. Cuma sering keteteran juga. Apalagi jarak rumah dan tempat kuliahnya jauh.
    Makanya sekarang lebih dimudahkan dengan adalah kuliah khusus karyawan yang bisa online. Dan Binus memberi kemudahan nih.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    6 Agustus 2023 pukul 00.47
    Jujur aku juga pengen banget kuliah lagi tapi kepikirannya bisa nggak ya bagi waktu antara kerja, ngurus rumah dan kuliah? Kayaknya bagusnya kuliah Online aja ya biar nggak capek
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    5 Agustus 2023 pukul 23.13
    Bener banget, buat yang kerja sambil kuliah harus bener-bener busa mengelola stres. Bagaiamanpun pasri bebannya lebih berat dari yang mahasiswi reguler. Belum beban kuliah, belum beban kuliah.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    5 Agustus 2023 pukul 19.50
    Belajar dari pengalaman emang kudu pinter ngatur jadwal banget kuliahnya, plus harus beneran fokus kalau ada tugas, jangan nunda kalau ngga mau keteteran. Target selesai kudu jelas dan kudu kenal baik ama dosen kalau mau aman
    • Tukang Jalan Jajan
      Bambang Irwanto
      8 Agustus 2023 pukul 09.15
      Setuju sekali, Bang Don. Dan kalau pintar atur waktunya, kerja sambil kuliah bisa sejalan. Apalagi zaman now ada kuliah online, jadi lebih memudahkan dan membantu, termasuk efisien waktu.
    Reply
  • Fera Marentika
    Fera Marentika
    5 Agustus 2023 pukul 01.41
    nah bener, kalau bekerja dan kuliah jalan secara paralel, kita harus bener2 ketat dengan waktu dan polanya. disiplin dan konsentrasi tentunya. dulu saya pernah melakukannya, kalau sekarang sepertinya saya akan pikir ulang :)) masih terlalu banyak hal yang akan mengganggu fokus saya
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    4 Agustus 2023 pukul 19.16
    Enak juga ya sekarang bisa memilih program kuliah online untuk karyawan di BINUS. Karyawan yang sibuk, bisa banget nih kuliah online di BINUS, karena saat ini nggak sedikit juga karyawan yang kuliah sambil bekerja. Makasih banyak infonya Mba Anggita.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    4 Agustus 2023 pukul 14.18
    jadi inget dulu jaman kuliah sambil kerja. asli capek banget pagi kerja trus langsung lanjut kuliah malemnya. mana jaraknya juga jauh pula. coba dulu ada kuliah online gini kan lebih bikin kita fokus yak hehe. bagus nih Binus bikin online learning gini. jadi buat karyawan yang pengen kerja bisa atur jadwal lebih mudah
    Reply