Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Liburan Tetap Fashionable dengan Capsule Wardrobe yang Sustainable

Laruna Fashion Forum

Liburan ke luar kota atau luar negeri seringkali jadi alasan untuk membeli outfit baru demi tampilan yang fashionable saat liburan. Nggak salah, sih, asal jangan berlebihan apalagi sampai beli fast fashion. Big no banget! Sebab, fast fashion adalah salah satu penyumbang sampah fashion terbesar.

Padahal ada cara lain agar tetap fashionable tanpa harus beli item fashion baru saat liburan. Salah satunya dengan metode capsule wardrobe yang mengusung konsep fashion ramah lingkungan. Kamu bisa tampil oke, instagramable, dan tentunya sustainable, dong!

Hah, gimana bisa? Yuk, simak cara agar tetap fashion saat vacation, tapi ramah lingkungan.


Antara Sampah Fashion dan Outfit Baru untuk Liburan

Sustainable fashion

Hayo, ngaku, siapa yang hobi banget beli item fashion baru untuk liburan? Tenang saja, itu hal yang wajar, kok. Siapa, sih, yang nggak pengen tampil kece saat liburan? Lebih-lebih lagi untuk update foto OOTD estetik saat liburan di media sosial.

Namun, keinginan beli fashion baru tersebut menjadi tidak wajar ketika menghasilkan sampah fashion yang baru. Tahu, nggak, sih? Sampah fashion di Indonesia sudah mencapai 2,3 juta ton per 2021 (SIPSN KLKH). Sumbangan sampah fashion terbesar berasal dari fast fashion yang biasanya punya kualitas rendah dan model fashion yang cepat berganti atau tidak timeless.

Fashion ramah lingkungan

Survei dari YouGov (2017) menyebutkan bahwa sebanyak 66% masyarakat dewasa Indonesia membuang minimal 1 pakaian dalam setahun. Sebanyak 25% dari jumlah tersebut, bahkan membuang 10 pakaian dalam setahun. Nggak heran, sih, kalau sampah fashion di Indonesia bisa mencapai jumlah jutaan ton.

Kalau sudah tahu fakta di lapangan seperti ini, apa masih tega beli fashion baru untuk sekadar memuaskan hasrat tampil estetik di postingan media sosial? Padahal kalau kita pintar mix and match, fashion lama pun bisa jadi tampilan yang estetik saat difoto. 

Nih, contohnya seperti salah satu blogger fashion ramah lingkungan dari Eropa bernama Sivan. Foto ibu cantik ini selalu tampak stylish dan fashionable saat liburan. Apakah Sivan selalu beli item fashion baru saat liburan?

Jawabannya tidak selalu. Hampir semua yang Sivan pakai adalah baju-baju atau aksesoris lama dengan model timeless. Kalau pun harus membeli, ia selalu memilih item fashion dengan prinsip sustainable fashion atau fashion ramah lingkungan yang berkelanjutan.


Kenalan dengan Sustainable Fashion yang Ramah Lingkungan

Laruna

Oh, iya, dari tadi bahas tentang fashion ramah lingkungan atau sustainable fashion. Sudah tahu belum? Kalau belum tahu, yuk, kenalan dengan sustainable fashion yang ramah banget sama lingkungan.

Secara sederhana, sustainable fashion atau fashion ramah lingkungan merupakan suatu cara untuk menekan dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan. Beberapa prinsip dalam sustainable fashion yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut.

Bahan Baku Ramah Lingkungan

Pertama adalah pemilihan bahan baku yang ramah lingkungan. Misalnya baju atau item fashion lainnya yang terbuat dari alam seperti serat organik, pewarna alami, atau serat alternatif yang memiliki jejak karbon rendah.

Selain bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah produksi, pemilihan bahan baku ramah lingkungan juga lebih minim risiko terhadap kesehatan manusia.

Proses Produksi yang Bertanggung Jawab

Dulu saat saya masih kuliah di jurusan kimia, pernah ambil mata kuliah Kimia Ramah Lingkungan. Salah satu pembahasan kuliah tentang proses industri hijau atau ramah lingkungan.

Jika ingin hasil produksi lebih ramah lingkungan, bisa pilih dua cara untuk menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan atau mengolah limbah hasil produksi agar lebih ramah lingkungan saat dibuang ke alam. Nah, mengolah limbah kimia itu sangat sulit, tak jarang butuh biaya besar. 

Jadi, lebih worth it untuk menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan, daripada harus maintenance limbah produksi dari industri fashion.

Desain Pakaian Timeless

Fashion ramah lingkungan

Sustainable fashion biasanya menggunakan desain pakaian yang timeless yang tidak mudah ketinggalan zaman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sifat konsumtif terhadap produk fashion karena takut ketinggalan zaman. Desain pakaian juga wajib melibatkan pemilihan bahan berkualitas tinggi, serta teknik pembuatan yang baik agar pakaian lebih tahan lama.

Rethink Sebelum Membeli

Selanjutnya, dari sisi kita sebagai konsumen harus sering-sering rethink sebelum membeli. Pikirkan kembali apa benar-benar membutuhkan barang fashion tersebut? Rencananya mau dipakai kemana? Kira-kira awet berapa lama?

Kalau tidak seberapa butuh, tidak tahu mau dipakai kemana, atau tidak awet, sebaiknya jangan dibeli. Alokasikan dana untuk perawatan fashion timeless yang sudah kamu punya agar semakin awet.


Capsule Wardrobe, Solusi Tetap Fashionable dan Sustainable saat Liburan

Gimana? Sudah ada gambaran tentang fashion ramah lingkungan, kan? Sekarang, saatnya mengenal suatu metode untuk padu padan fashion secara berkelanjutan. Jadi sangat ramah lingkungan.

Yap! Metode yang sudah sangat booming di Eropa ini dinamakan capsule wardrobe atau lemari kapsul. Metode yang biasanya digunakan untuk sehari-hari ini ternyata bisa juga dipakai untuk menentukan fashion saat liburan.

Capsule wardrobe
Contoh capsule wardrobe (sumber: pinterest)

Apa itu Capsule Wardrobe?

Capsule wardrobe merupakan suatu metode untuk mengatur lemari agar memiliki jenis pakaian yang mudah dipadukan satu sama lain. Pernah, nggak, beli baju tapi cuma bisa dipadukan dengan satu pakaian saja? Nah, dengan adanya capsule wardrobe, kita jadi lebih bisa rethink sebelum membeli baju agar bisa dipadukan dengan sebagian besar baju lainnya.

Konsep Capsule Wardrobe

Konsep item fashion yang ada di capsule wardrobe harus bisa dipadupadankan antara item fashion satu dengan lainnya. Oleh karena itu, biasanya capsule wardrobe berisi fashion dengan desain timeless, warna netral atau earth tone.

Misalnya saja celana jeans, atasan putih, cardigan, dan lain-lain. Item fashion yang bisa dipadupadankan antara satu dengan lainnya mulai dari atasan, bawahan, outerwear, dress, sepatu, dan aksesoris.

Capsule Wardrobe, Fashion, dan Vacation

Selain bisa dipakai untuk kebutuhan lemari sehari-hari, capsule wardrobe juga bisa digunakan untuk mengatur fashion saat liburan agar tampil estetik di depan kamera. Tinggal pilih beberapa item fashion dari capsule wardrobe sehari-hari, lalu sesuaikan dengan cuaca, kota atau negara tujuan.


Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Liburan

Penasaran, nggak, gimana cara membuat capsule wardrobe untuk liburan? Sini, ikuti langkah berikut agar fashion liburanmu tetap kece dan tentunya ramah lingkungan.

Misalnya, kamu mau liburan dari Indonesia yang cuma 2 musim mau liburan ke Jepang yang 4 musim. Kebetulan saat kamu vacation ke Jepang merupakan waktu peralihan dari musim semi ke gugur. Simak bagaimana cara menyusun capsule wardrobe untuk liburan ke Jepang.

1. Sesuaikan Style

Pertama, sesuaikan fashion OOTD liburan dengan style yang membuat kamu nyaman. Bisa style casual, chic, bohemian, edgy, preppy, classy, dll.

Fashion dan vacation
Macam fashion style (sumber: pinterest, Laruna)

Kalau masih bingung, nih, bisa lihat referensi fashion style lewat Laruna Indonesia Fashion Forum. Biasanya saya juga sering cari inspirasi fashion di instagram Laruna @stylebylaruna.

Di Laruna ini banyak sekali inspirasi fashion ramah lingkungan, lo. Jadi, kamu nggak usah bingung cari referensi fashion terkini yang ramah lingkungan atau inspirasi ide untuk mix and match fashion di lemari.

Contoh capsule wardrobe Spring in Japan kali ini saya buat style casual. Cocok untuk kamu yang anti ribet dan lebih netral dipakai oleh siapa pun.

2. Pilih Timeless Fashion

Bagi yang punya item fashion segambreng bisa coba mulai pisahkan mana yang timeless fashion, mana baju yang tidak terpakai, dan fast fashion. Pilih timeless fashion seperti jeans, blazer, kemeja polos, kemeja motif kotak-kotak atau garis, kulot, sepatu kets, topi musim panas, cardigan, flat shoes, kacamata hitam, jaket kulit, dan lain-lain

3. Warna Netral

Warna netral dalam capsule wardrobe

Pilih item fashion dengan warna netral seperti hitam, putih, nude, krem, coklat, navy, abu-abu, dll. Boleh menggunakan warna lain yang cocok dengan warna netral sebagai aksen agar tidak monoton seperti pink, biru tua, hijau zaitun, atau warna rustic.

4. Mix and Match Fashion

Syarat utama capsule wardrobe adalah bisa dipadupadankan atau mix and match antara baju satu dan yang lainnya. Misalnya kamu punya kemeja kotak, blazer, celana jeans, kaos, dan cardigan. Kamu bisa mix and match antara kemeja kotak-jeans-blazer atau kaos-blazer-jeans.

Fashion ramah lingkungan
Cara mix and match fashion dalam capsule wardrobe

5. Outfit Cuaca Dingin dan Panas

Salah satu faktor yang bisa diperhitungkan saat membuat capsule wardrobe untuk liburan adalah cuaca atau musim di kota atau negara tujuan. Kalau ke Jepang saat peralihan dari musim semi ke gugur Pastinya cuaca bakal peralihan dari hangat ke dingin. Pilih outfit yang bisa dipakai saat panas atau dingin. Contohnya jaket denim, cardigan, knit dress, dan lain sebagainya.

6. Look "Multifungsi"

Look fashion juga perlu dipikirkan agar tak membawa banyak item fashion juga. Usahakan pilih baju atau aksesoris yang netral dipakai saat formal, casual, siang, dan malam. Contohnya blazer, flat shoes, french coat, blouse, celana jeans, sepatu boots, sepatu kets, sling bag, kacamata hitam, dan lain-lain.

7. Buat Ilustrasi

Biar mudah dan nggak harus bongkar satu lemari, kamu bisa buat ilustrasi outfit yang bakal kamu padu padankan. Bisa gambar tangan, digital, atau menggunakan aplikasi seperti Canva.

Fashion dan vacation

Nah, seperti inilah bentuk capsule wardrobe untuk liburan “Spring in Japan”. Kamu juga bisa mix and match baju dengan ilustrasi ini supaya lebih mudah membayangkan bagaimana agar terlihat fashionable saat liburan dengan item fashion yang sudah ada.


Penutup

Fashion dan vacation memang kadang jadi pasangan yang tak terpisahkan ketika seseorang ingin tetap fashionable saat liburan. Namun, tak perlu membeli item fashion baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan untuk tetap menjaga bumi dari sampah fashion.

Capsule wardrobe bisa jadi andalan untuk tampil fashionable saat liburan, tapi tetap mengusung konsep sustainable atau fashion ramah lingkungan. Pemilihan outfit dengan desain timeless, warna netral, dan mudah dipadukan adalah kunci dalam mengatur capsule wardrobe untuk liburan.

Sudah siap liburan dengan tampilan kece tapi tetap sustainable? Yuk, bikin sendiri capsule wardrobe versimu untuk liburan! Kamu juga bisa menulis cerita caramu membuat capsule wardrobe di https://laruna.id/contributor/ supaya ide styling milikmu jadi inspirasi orang lain juga.


Referensi

https://laruna.id/topi-musim-panas-terbaik-ini-bikin-penampilan-makin-chic/

https://www.otwithstyle.com/language/en/travel-capsule-for-amalfi-coast-in-early-fall/

https://thinkconscious.id/bukan-lagi-plastik-limbah-tekstil-menjadi-penyumbang-sampah-terbanyak/

39 komentar

39 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Anisa Firdausi
    Anisa Firdausi
    21 Juli 2023 pukul 23.09
    Aah inspiring banget, ide outfitnya macem2 dan cute semua! Capsule wardrobe ini juga membuat kita lebih bijak ya dalam beli fashion. Catatan banget buatku yg sering belanja hanya krn lapar mata
    Reply
  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati
    21 Juli 2023 pukul 22.17
    Berrati intinya dengan wardrobe capsule ini kita bisa menghemat waktu saat memilih pakaian yang akan kita kenakan ya.
    Reply
  • Siti Syarafina Hasyim
    Siti Syarafina Hasyim
    21 Juli 2023 pukul 19.10
    Setuju banget sama postingannya. Kebanyakann org belum paham fashion kombinasinya gmn.. makasih kak infonya
    Reply
  • Andrie K.
    Andrie K.
    21 Juli 2023 pukul 18.18
    Suka banget sih sama tipsnya, udah coba dari beberapa tahun terakhir dari yang suka ganti-ganti pakaian jadi jarang banget. Bahkan hampir pakaian yang dipunya itu itu aja. Biasanya juga pemakaian baju dan celana bisa dikolaborasikan dengan yang lain, jadi gak mesti baju ini sama celana itu terus.
    Reply
  • Lisa Lestari
    Lisa Lestari
    21 Juli 2023 pukul 14.05
    Outfitnya cakep dan keren semua, aku biasanya memadupadankana kalau lagi dinas luar dan memnginap. nggak mau bawa baju banyak, jadi sebisa mungkin pilih warna yang netral aja agar kerudung dan lainnya bisa ditukar-tukar
    Reply
  • Hidayah
    Hidayah
    21 Juli 2023 pukul 11.38
    Hmmm, capsule wardrobe ini memang menarik. Kalau diterapkan untuk aktifitas liburan, itu emang bisa banget buat dicoba. Tapi kalau untuk sehari-sehari sepertinya susah ya kalo diterapin
    Reply
  • Min Nikunews
    Min Nikunews
    21 Juli 2023 pukul 10.20
    Yang saya suka dari Sustainable fashion ini adalah desainnya yang pas banget untuk kiblat fashion bergaya retro atau vintage. Cewek bumi pastinya milih style fashion ini sih harusnya
    Reply
  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin
    21 Juli 2023 pukul 10.12
    Di era sekarang makin gampang buat beli pakaian tapi jadinya makin banyak juga pakaian yang numpuk, konsep capsule wardrobe ini menurutku penting banget sih untuk diterapkan oleh orang-orang biar gak ada lagi sampah fashion
    Reply
  • Alienda Sophia
    Alienda Sophia
    21 Juli 2023 pukul 10.00
    Salah fokus sama pemilihan tone warna yang sedap sekali dipandang. Mix and match pakaian menjadi salah satu kesenangan yang menjadi bagian dari hidup perempuan maupun lelaki. Capsule wardrobe menjadi solusi nih untuk membuat kita lebih ga laper mata kalau belanja. Terima kasih ditunggu artikel selanjutnya
    Reply
  • Muhammad Teddy Wijaya
    Muhammad Teddy Wijaya
    21 Juli 2023 pukul 09.06
    Alhamdulillah dapat ilmu dan wawasan baru lagi, kali ini tentang Sustainable Fashion.

    Jadi dengan metode ini kita sudah mengurangi sampah fashion dan tentunya lebih hemat biaya karena tidak perlu selalu membeli baju dan celana baru kan Kak? Untuk Teddy pribadi sih selalu menerapkan hal ini Kak hehe, karena mungkin belum atau tidak terlalu memerhatikan soal pakaian karena jarang jalan keluar juga.

    Tapi mungkin kalau sudah punya istri bisa Teddy sarankan melakukan ini, Terima Kasih Kak.
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    21 Juli 2023 pukul 08.44
    Aku seneng lihat yang jago mix and match baju. Pakaianku sendiri dominan hitam (gamis hitam is a must). Tinggal gonta-ganti outer dan jilbab aja (ini aku lebih suka pakai pasmina yang bisa dipakai sebagai outer, bisa untuk kerudung).
    Reply
  • Ihsan Subhan
    Ihsan Subhan
    20 Juli 2023 pukul 21.31
    Nah ini, hujan pengetahuan di bidang fashion nich... Kalau saya memang orang yang pakai bajunya sudah disiapin sama istri. hehe. tapi beberapa kalau diniatin ya semaunya juga. kalau sudah minta masukan sama istri. wah udah deh bawelnya membludak...
    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai
    20 Juli 2023 pukul 16.15
    Saya suka fashion. Tapi, biasanya memang memilih model yang timeless. Supaya bisa dipakai lama. Warnanya pun pilih senetral mungkin supaya mudah dipadupadankan.
    Reply
  • KA Pamungkas
    KA Pamungkas
    20 Juli 2023 pukul 12.49
    Saya termasuk orang yang enggak terlalu konsen ke fasion. Tetapi setelah baca tulisan ini penerapan capsule wardrobe ini sepertinya sudah saya terapkan secara tidak sadar. Ketika membeli baju misalnya, saya akan berfikir kira2 bakalan cocok sama celana dirumah yang ini, begitu pula sebaliknya. Alhasil lemari isinya baju2 yang ready comot aja sesuai sikon.
    Reply
  • Rosalina Susanti
    Rosalina Susanti
    20 Juli 2023 pukul 11.25
    Semoga di Indonesia suatu hari makin banyak pilihan fashion yang ramah lingkungan seperti ini, dengan harga yang tetap ramah untuk kantong kaum menengah.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    20 Juli 2023 pukul 09.15
    Memang rethink before buying itu penting..Juga beli pakaian yang timeless yang tidak mudah ketinggalan zaman buat mengurangi sifat konsumtif terhadap produk fashion karena takut ketinggalan zaman...Wah, insightful ini artikelnya, Liburan fashionable juga bisa kok sekalian peduli lingkungan
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    20 Juli 2023 pukul 08.34
    Baru tau ada konsep capsule wardrobe, intinya padu padan baju kan ya. Sebisa mungkin membeli baju yang bisa dipadupadankan dengan yang lainnya. Ramah di kantong dan juga buat bumi
    Reply
  • Firdaus Deni Febriansyah
    Firdaus Deni Febriansyah
    20 Juli 2023 pukul 06.34
    Setuju sih. Kebanyakan orang sekarang suka gonta ganti fashion, setiap tahun pakaiannya selalu ganti, padahal ukuran badannya belum terlalu berubah. Harus dipertimbangkan nih utk membeli produk fashion ramah lingkungan
    Reply
  • Arni
    Arni
    19 Juli 2023 pukul 18.28
    Konsep item fashion yang ada di capsule wardrobe ini keren banget deh. Jadi satu baju itu bisa multifungsi, apalagi saat liburan, kita jadinya gak perlu bawa baju banyak-banyak. Cukup beberapa aja, tapi nanti dipadupadnkan dengan yang lain biar tetap cakep. Paling enak lagu klo bawa bajunya yang netral, bisa buat acara formal maupun non formal
    • Arni
      Wiwid Nurwidayati
      21 Juli 2023 pukul 22.30
      Saya baru tahu nih mbak, ada konsep capsule wardrobe ini. Kudert banget ya. tapi kayaknya sangat membantu banget ini, apalagi biasanya kita kebingungan saat milih baju.
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    18 Juli 2023 pukul 20.05
    Padu padan busana tentu akan ngebantu banget menjaga alam. Apalagi pola desain sepertinya berputar disitu situ saja. Selama bisa mix and match pasti tetep bisa tampil kece dong ya
    Reply
  • Rahman Kamal
    Rahman Kamal
    18 Juli 2023 pukul 09.45
    Menarik banget nih idenya, bisa juga diterapi oleh pria sepertiku. Meski, kayaknya baju di lemari isinya warna item semua 😂

    Jadi lebih banyak mikir ke depannya untuk belo item fashion lainnya.

    Thanks for sharing Kak
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    17 Juli 2023 pukul 22.58
    Capsule wardrobe merupakan konsep yang sangat berguna untuk mengatur pakaian dalam lemari. Dengan memilih pakaian yang mudah dipadukan satu sama lain, kita dapat menciptakan banyak kombinasi outfit walaupun dengan jumlah pakaian yang sedikit. Ini cocok banget buat orang yang suka bingung dalam memilih pakaian sehari-hari dan memaksimalkan penggunaan pakaian yang kita miliki.
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    17 Juli 2023 pukul 21.25
    Keren banget idenya. Bisa nih nyontih capsule wardrobe biar gak terlalu sering beli baju. Belajar mix and match juga ya
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    17 Juli 2023 pukul 06.17
    Aku jadi inget sama salah satu rubrik di majalah Gadis zaman dulu... Suka ada ide mix and match outfit item.
    Aku baru tau makna mendalamnya adalah agar kita bisa hidup dengan Sustainable Fashion yang gak harus selalu tampak cantik dengan menggunakan fashion item baru.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    16 Juli 2023 pukul 21.27
    menarik banget pembahasannya kak anggita. saya sempat pengen bahas juga terkait sampah fashion, tapi dikaitkan dengan fenomena thrifstore dan preloved. terlepas dari kontroversi pro dan kontra, thrift juga punya kontribusi terhadap pengendalian sampah fashion sih. menurutku ya. terlebih, aku emang pencinta thrift juga, hahahaha. jujur, aku kurang suka belanja baju baru, beneran. better belanja ngethrift karena selain cuttingnya ngefit di badan, meski termasuk fashion "bekas", dia tuh masi awet meski dipakai bertahun-tahun. desain juga gak pasaran.

    btw aku auto klk situsnya laruna, widih banyak banget artikel bermanfaat terkait suistainable fashion. auto di bookmark dong!
    • Eka FL
      Kyndaerim
      19 Juli 2023 pukul 20.00
      Wah, iya nih teh, aku juga barusan mampir ke situsnya Laruna, artikelnya bener bermanfaat, bisa jadi bahan bacaan juga referensi nih, hihi
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    16 Juli 2023 pukul 19.26
    Ngobrolin fashion memang ga ada berhentinya, apalagi kalau datang ke market atau lagi scrolling pasti yang dilihat akan terasa hal baru dan pengen memiliki, padahal setelah membeli pakibg-paling hanya di pakai sekali. Setelah itu biasanya ditaruh, wal hasil jadinya numpuk. Capsule wardrobe bisa nih jadi bagian dari lifestyle dengan memadu padankan outfit yang dimiliki (Sugianto)
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    16 Juli 2023 pukul 19.17
    Jadi lupa kapan terakhir beli baju baru. Hehe. Soalnya aku ga pernah ribet kali urusan fesyen. Kayaknya aku terakhir beli pas 2019 sebelum pandemi deh. Abis itu kan WFH. Jadi ga perlu beli lagi baju buat ke kantor. Jd irit pengeluaran jg.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    16 Juli 2023 pukul 17.48
    Cocok aku jarang buang baju termasuk baju jaman masih lulusan SMA masih ada kebetulan badan masih stabil, kadang disaat arisan emak2 ada warna DC nah suka mix match sama baju2 jadul ...

    Tips baju buat liburan okee punya...dan q sdh oraktekan jg suka q mix match ga kudu bawa banyak apalgi kalau ada mesin cuci di hotel hemat bawaan lagi (gusti yeni)
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    16 Juli 2023 pukul 16.52
    Jadi membuat kita itu lebih minimalis ya soal wardrobe. Dan juga bisa mengerem diri biar lebih bijak dalam menggunakan apalagi kalau mau beli pakaian baru
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    16 Juli 2023 pukul 10.54
    baruuu aja kemaren lewat TikTok ku ttg capsule wardrobe ini dan nggak sadar kalo selama ini udah nerapin hehe. aku juga lagi belajar ttg sustainable fashion. dan agak bingung ya jadinya pilih brand fashion ramah lingkungan. mungkin bakalan intip laruna juga
    Reply
  • Geng Ambil Remot
    Geng Ambil Remot
    16 Juli 2023 pukul 10.08
    Bahagia banget mampir ke mari dan mengenal lebih jauh soal capsule wardrobe yang bukan hanya bisa diaplikasikan saat bersiap untuk vakansi, tapi juga cakep banget kalau dimanfaatkan untuk gaya sehari-hari. Jadinya nggak perlu punya terlalu banyak item fashion. Selain itu, jadi lebih memikirkan dampak bagi lingkungan juga deh.
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    15 Juli 2023 pukul 23.42
    Aku tipe orang yang suka nyesel kalo beli baju. Apalagi kalo lagi jalan-jalan nemu baju murah, bawaannya kalap. Padahal di rumah masih banyak baju yang belum kepakai. Sekarang aku sudah nggak mau beli baju karena sayang jika tidak dipakai secara maksimal dan rumah juga terasa sumpek kaena bayak barang
    Reply
  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan
    15 Juli 2023 pukul 18.49
    Sebenarnya kalau dilihat lihat, pakaian yang digunakan, modelnya selalu berulang. Bahkan beberapa fashion stylist bisa menebak, kira kira pakaian dan warna apa yang jadi tren di tahun berikutnya. kudu bisa mix and match sebenarnya
    Reply
  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani
    15 Juli 2023 pukul 17.53
    Aku kalau liburan juga suka mix and match nih hahaha, kadang-kadang malah pinjem baju suamik. Eh cocok pulaaa. Btwe, konsep capsule wardrobe ini menarik yaahh, ada tekniknya, jadi pengen coba ahhhh.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    15 Juli 2023 pukul 15.43
    kalau saya jujur bukan termasuk yang suka mix and match pakaian jadi kalau liburan asli baju seadanya makanya jarang ambil foto. hihi. tapi memang mbak kita seharusnya bijak ya dalam berbelanja fashion ini sebaiknya pilih yang awet sehingga tidak menjadi sampah yang mencemari lingkungan
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    15 Juli 2023 pukul 12.23
    Ide keren banget Capsule Wardrobe ini. Simple untuk tampil paripurna tanpa harus banyak mengeluarkan dana untuk belu pakaian bari. Dengan ide-ide keren padu padan pakaian, kita tampil bisa tampil chic, ya
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    15 Juli 2023 pukul 07.57
    Cakep² nih outfitnya. Walo pun aku tim gamisable, haha.. Tapi pengen deh nerapin konsep capsule wardrobe, biar makin stylish tapi tetep syar'i, xixixi..

    Etapi, Mbak, kalo udah serba sustainable gitu, jatuhnya jadi lebih mahal ya? Hehe..
    Reply