Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Ikut Pelatihan Gratis Bersertifikat di Grow with Google, Begini Caranya

Grow with Google

Teman-teman ada yang sedang atau pernah menjalani realita kuliahnya di jurusan C, tapi kerjanya di bidang Z? Kalau iya, tos dulu dah! Dulu saya kuliah di jurusan kimia, sekarang jadi ibu rumah tangga yang fokus menulis di blog, dan sedang mempelajari digital marketing.

Funny, isn’t it? Begitulah kehidupan, haha! Kadang memang se-bercanda itu. Namun, menurut saya pribadi, selain menempuh jalur pendidikan formal, ada saatnya kita butuh belajar skill lain agar bisa beradaptasi dalam perkembangan zaman.

Contohnya kelas gratis dan bersertifikat dari Grow with Google yang sedang saya ikuti. Saya ambil topik digital marketing dengan sub topik Dasar Penelusuran Google Ads.

Seperti apa cara ikut kelas gratis dapat sertifikat pula di Grow with Google? Begini caranya, ya, teman-teman online-ku!


Apa itu Grow with Google?

Pelatihan gratis dari Google

Ternyata program Grow with Google ini sudah mulai dikenalkan sejak tahun 2019. Bahkan Grow with Google juga memberikan beasiswa gratis untuk Google Indonesia dalam program Google Career Certificates. Ketinggalan info banget ya ogut wkwkwk.

Nah, kalau kelas yang sedang saya ikuti ini benar-benar gratis dari Grow with Google. Sedikit berbeda dengan Google Career Certificates. Seperti apa bedanya?

Platform Pelatihan Daring dari Google

Grow with Google merupakan platform pelatihan daring dari Google. Tujuannya untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mereka yang ingin upgrade skill atau mengembangkan karir.

Gratis dan Bersertifikat

Program dalam Grow with Google ada yang gratis dan berbayar. Kalau saya ambil pelatihan gratis di bidang Digital Marketing untuk topik Penelusuran Google Ads. Di sini ada juga pelatihan yang berbayar, tapi banyak juga yang gratis.

Bedanya apa dengan Google Career Certificates?

Google career Certificates
Grow with Google gratis dan Google Career Certificates

Kalau Google Career Certificates itu lebih ke sertifikat untuk langsung terjun ke dunia kerja. Nantinya bakal diarahkan oleh Google ke perusahaan mana saja yang butuh keahlian kita. Tentu saja dengan fasilitas istimewa tersebut kelas dalam Google Career Certificates berbayar.

Program Grow with Google di Google Indonesia

Sebenarnya Google Indonesia sudah menyiapkan beasiswa lewat Google Career Certificate sejak Januari 2023. Sayangnya lagi-lagi saya ketinggalan info.

Namun, Alhamdulillah Grow with Google masih menyediakan beberapa kelas gratis. Lumayan untuk upgrade skill sekaligus mendapatkan sertifikasi.


Macam Pelatihan Gratis untuk Keterampilan Kerja di Grow with Google

Meskipun gratis, kelas dalam Grow with Google cukup variatif. Menurut saya juga sangat diperlukan untuk skill di dunia digital. Berikut beberapa kelas gratis yang disediakan Grow with Google.

1. Digital Marketing

Nah, pelatihan di bidang digital marketing ini yang sedang saya ikuti. Lewat pelatihan ini kita bisa mempelajari strategi digital marketing yang efektif untuk menjangkau pelanggan. Selain itu, untuk adaptasi dengan perkembangan zaman di dunia bisnis.

Kesempatan karier yang bisa dijangkau lewat pelatihan ini mulai dari Spesialis Pemasaran Digital, Analis Pemasaran, Spesialis Pemasaran Konten, Pakar SEO, dan Perencana Media.

2. Engineering Data

Lewat Grow with Google topik Engineering Data, teman-teman bisa belajar memahami perilaku digital, serta memvalidasi data baru untuk proyek-proyek bisnis lainnya. Karier potensial lewat pelatihan gratis engineering data adalah:

  • Insinyur Data
  • Analis data
  • Arsitek Solusi
  • Arsitek Aplikasi
  • Manajer produk

Grow with Google

3. AI and Machine Learning

Pelatihan keterampilan kerja satu ini untuk membuat sistem AI terukur dalam rangka menawarkan layanan di dunia bisnis. Karier yang biasanya membutuhkan keahlian ini adalah:

  • Peneliti Pembelajaran Machine Learning
  • Insinyur AI
  • Insinyur Machine Learning
  • Ilmuwan Data
  • Pengembang Business Intelligence (BI)

4. Teknologi Cloud

Siapa yang nggak kenal dengan penyimpanan digital cloud? Pelatihan keterampilan ini menawarkan inovasi cepat dalam menggunakan teknologi cloud untuk transformasi bisnis.

Emangnya bisa berkarir jadi apa, nih, lewat pelatihan teknologi cloud? Berikut daftar karir yang bisa berkembang dengan pelatihan teknologi cloud.

  • Cloud Architect
  • Insinyur Infrastruktur
  • Pemimpin Cloud Digital
  • Insinyur Keamanan Cloud
  • Insinyur Cloud DevOps

6. Pengembangan Software

Dari dulu sepertinya bidang pengembangan software tidak pernah habis masanya. Di Grow with Google, kamu bisa mempelajari dasar-dasar sistem, pemrograman, aplikasi, dan software fungsi khusus.

Melalui sertifikasi yang gratis dari Grow with Google bisa dukung karier di bidang Pengembang Web, Pengembang Seluler, Programmer komputer, Administrator Basis Data, dan Pengembang perangkat lunak


Cara Ikut Pelatihan Gratis di Grow with Google

Setelah paham pelatihan apa saja yang tersedia gratis di Grow with Google, sekarang saatnya ikut pelatihan dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman grow.google.com
  2. Pada halaman depan akan muncul dua pilihan, bisnis saya dan karier saya. Pilih "karier saya".Grow with Google gratis
  3. Scroll ke bawah sampai menemukan beberapa topik pelatihan keterampilan kerja.
  4. Kalau saya pilih Menguasai Keterampilan Digital Marketing. Klik "pelajari caranya".
  5. Di bagian panduan ini akan tertera penjelasan tentang keterampilan kerja yang akan didapat beserta beberapa saran pelatihan.
  6. Scroll sampai bertemu beberapa topik pelatihan sertifikasi seperti "Kuasai Google Ads dan jangkau audiens baru". Kalau ragu itu berbayar atau tidak, bisa klik tanda "?" di pojok kanan bawah. Setelah itu akan muncul keterangan pelatihan tersebut gratis atau berbayar.Grow with Google
  7. Setelah yakin akan memilih topik tersebut, klik "daftar". Kamu akan dialihkan ke laman lain tempat pelatihan diselenggarakan.
  8. Kamu sudah bisa memulai pelatihan gratis dari Grow with Google. Waktunya fleksibel, jadi cocok untuk siapa saja. Bahkan, ibu rumah tangga seperti saya sekali pun.


Penutup

Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk mencoba fasilitas belajar gratis dari Grow with Google? Kalau saya sih, yes! Sebelum Google berubah pikiran dalam memberikan pelatihan bersertifikasi gratis.

Next, saya akan bahas pengalaman ikut kelas gratis dari Grow with Google. Doakan cepat kelar, nggak pake ngaret, hehehe...


Referensi

grow.google.com

Vina Mulya, content creator bidang keterampilan kerja

17 komentar

17 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Antung apriana
    Antung apriana
    20 Juli 2023 pukul 15.07
    wah aku langsung meluncur ke alamatnya nih, mbak. penasaran juga nih gimana kursus dari google buat nambah skillku di dunia digital
    Reply
  • malicaahmad.com
    malicaahmad.com
    19 Juli 2023 pukul 11.46
    Wah, aku kayaknya tertarik banget nih mbak. Mau coba juga deh. Nanti aku boleh ya izin colek mbak buat nanya?
    Reply
  • Shalikah
    Shalikah
    19 Juli 2023 pukul 08.57
    Pas banget nih Mbak. Kemarin saya sempat terpikir mau belajar data analytics, ternyata program pelatihan online dari Google pun ada ya. Ikut sertifikasi online seperti ini memang penting ya rasanya di era digital ini agar bisa terus update dengan zaman.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    19 Juli 2023 pukul 08.16
    Menarik sekali ya..bisa belajar upgrade skill dengan google. Banyak juga pilihan belajar nya..
    Reply
  • Han
    Han
    19 Juli 2023 pukul 06.43
    whaaa kereen, kok aku nggatau ada acara keren kek gini, mana dari google lagii :((
    hahaha.ditunggu mba cerita di kelas berikutnya sama google
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    18 Juli 2023 pukul 22.42
    Memang cukup jauh sih ya Mba dari Kimia ke Digital Marketing wkwkwkwkwk, but apapun itu pokoknya berguna buat kita, jalani ajaaaaaa.

    Menarik sih ini pelatihannya, sudahlah gratis ada sertifikat pula, lumayan buat ngisi CV
    Reply
  • hani
    hani
    18 Juli 2023 pukul 21.13
    Bagus banget ini...Seusia aku masih bisa ga ya? Pengen belajar juga Digital Marketing euy...Hari gini semua kan serba digital...
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    18 Juli 2023 pukul 16.55
    Wah, aku tertarik nih
    Pengen juga belajar digital marketing yang tersertifikasi gini
    Mana gratisan pula
    Cuss mau cobain ah
    Reply
  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari
    18 Juli 2023 pukul 15.55
    menarik nih mbak, baru tahu saya, ingin coba juga, kutunggu testinya ya mbak. untuk memantapkan diir ikut kelasnya hehehe
    Reply
  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana
    18 Juli 2023 pukul 15.11
    Dulu pernah ikut pelatihan dari Google tapi lupa lagi nama pelatihannya, udah lama banget soalnya, hehe.. Mesti dimanfaatkan dengan baik nih pelatihan-pelatihan dari Google, apalagi dapet sertifikat dan gratis pula, hehehe
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    18 Juli 2023 pukul 14.20
    Mau bangeett...ikutan belajar gratis dari Grow with Google.
    Karena memang saat ini tuh selain specialist, kita juga perlu mengembangkan banyak skills and be generalist. Semoga bisa membantu minimal untuk terus mengembangkan diri sendiri dulu. Bersyukur kalau sampai bermanfaat lebih luas lagi.
    Reply
  • lailyfitrianimenulis
    lailyfitrianimenulis
    18 Juli 2023 pukul 09.11
    Wah, menarik ya Mbak? saya udah dengar bahwa di Google kita bisa ikutan pelatihan-pelatihan, tapi belum pernah coba, karena padatnya kegiatan. Terima kasih atas info Mbak.
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    18 Juli 2023 pukul 09.02
    Aakkk makasiii banyak mbaaa

    kapan hari itu aku lihat status WA teman yg crita klo lagi ikutan pelatihan by Google, tapi ndak dijabarkan sedetail ini. ya namapun stts WA ye kan 😆

    Hamdalah, aku main ke blog dikah nbaaa

    dan super duper lengkaappp infonya.
    makasiii
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    17 Juli 2023 pukul 20.19
    Wah asyiknya, ada kelas gratis Grow with Google yang variatif. Kalau begini siapa saja punya kesempatan seluas-luasnya untuk upgrade skill dan mengembangkan karir.
    Ditunggu pengalaman ikut kelasnya ya Mbak..keren pisan ini! Sukses terus dengan aktivitasnya!
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    17 Juli 2023 pukul 18.59
    Kata orang, era digital akan menutup banyak ranah pekerjaan karena tenaga manusia digantikan oleh mesin. Ternyata, muncul berbagai pekerjaan baru yang menjanjikan. Asal kita mau belajar, peluang berkarir tetap ada ya, Mbak.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    17 Juli 2023 pukul 12.16
    kece banget ada pelatihan gratis di google. coba cek ah, kali aku bisa ikut juga.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    16 Juli 2023 pukul 21.26
    Terimakasih informasinya..memang ya kadang hidup ini terasa lucu. Sekolah apa, eh sekarang yang dipegang apa.
    Apalagi sebagai ibu rumah tangga kayanya kok gini gini aja. Hehehe ...
    Beruntung yang bisa akses internet. Setidaknya bisa berkelana ke dunia lain meski lewat jaringan. Termasuk belajar dan upgrade diri seperti dengan pelatihan dari google ini nih
    Reply