Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

10 Wisata Kuliner Bandung Murah dan Enak, Wajib Dicoba!

Tempat makan seblak yang enak

Cung, urang Bandung mana suaranya? Selain terkenal dengan keindahan wisata alam, kota Bandung juga terkenal dengan jajaran wisata kuliner yang menggiurkan. Kali ini saya akan bahas tentang wisata kuliner Bandung murah dengan rasa otentik yang “Bandung banget”.

Kalau sedang atau akan plesir ke Bandung, jangan lupa cicipi kuliner ini. So, ini dia 10 rekomendasi wisata kuliner Bandung murah, enak, dan tentunya wajib dicoba.


Rekomendasi Kuliner Bandung Murah Wajib Dicoba, Rasa Bikin Nagih Euy!

Sebenarnya jajanan Bandung yang murah dan enak itu banyak sekali. Namun, ini daftar rekomendasi wisata kuliner Bandung yang menurut saya punya ciri khas dan “Bandung banget”. Istilahnya kamu belum ke Bandung kalau belum coba.

1. Mie Kocok Mang Dadeng

Wisata kuliner Bandung murah
Mie Kocok Mang Dadeng (sumber: Jurnal Gaya)
Lokasi: jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) No. 67, dekat Rumah Sakit Muhammadiyah, dan Hotel Horison.
Harga: mulai dari Rp23.000
Jam buka: 09.00 - 22.00 WIB

Dulu saat saya masih SMA sekitar tahun 2008 pernah makan mie kocok khas Bandung yang kalau tidak salah ada di jalan Walikota Mustajab Surabaya. Entah sekarang masih ada atau tidak.

Nah, kalau ke Bandung pasti saya bakalan coba menu mie kocok Bandung. Salah satu yang terkenal serta legendaris di Bandung karena sudah ada sejak tahun 1970 an adalah Mie Kocok Mang Dadeng.

Menggunakan bumbu rahasia keluarga, 27 macam bumbu rempah, serta kuah rebusan tulang sapi, sukses membuat mie kocok ini jadi buruan wisatawan yang datang ke Bandung. Uniknya lagi, Mie Kocok Mang Dadeng disajikan dengan potongan kikil dan sumsum.

Wow! Auto ngiler nggak, tuh. Apalagi kalau beli saat malam hari di kota Bandung yang dingin, kasih sambal yang banyak. Beuh, nikmatnya!

2. Seblak Mahda Hot  

Kuliner Bandung Murah
Seblak Mahda Hot (sumber: Google Photo)
Lokasi: jalan Babakan H. Tamim no. 73/208C, gang Kretek I, Bandung
Harga: mulai dari Rp10.000
Jam buka: 11.00 - 20.00 WIB

Kuliner Bandung murah dan enak selanjutnya adalah seblak. Makanan khas Bandung ini sudah tersebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Namun, menurut saya kalau plesir ke Bandung wajib beli seblak karena rasanya lebih otentik. Ketika saya tugas dinas ke Bandung beberapa tahun lalu, sempat merasakan seblak asli Bandung. Rasanya lebih mantul dan endul.

Salah satu tempat makan seblak yang enak di Bandung adalah Seblak Mahda Hot. Meskipun letaknya di gang sempit, Seblak Mahda Hot ini tetap sukses diburu penikmat seblak. Bahkan, para artis seperti Elizabeth Wang, sampai YouTuber kuliner seperti Separuh Aku Lemak pernah makan di sini.

Keunikan atau beda Seblak Mahda Hot dengan yang lain ada di kuah seblak. Terdapat empat pilihan kuah, yaitu original, asam manis, pasta, dan pasta bolognaise. Selain itu, pilihan toping seblak tergolong sangat lengkap di sini. Mulai dari yang klasik seperti ceker, bakso, cilok, hingga kekinian seperti aneka olahan ikan (suki).

3. Batagor Tamim

Kuliner hits Bandung
Batagor Tamim kering (sumber: Pergi Kuliner)
Lokasi: Jl. Tamim (Depan No. 23), Sudirman, Bandung
Harga
: mulai dari Rp20.000
Jam buka: 09.00 - 16.30 WIB

Kalau ngomongin batagor, masih teringat jelas jajanan sejak zaman SD yang pasti ada di dekat sekolah. Biasanya hanya menggunakan tahu yang digoreng dengan tepung agar lebih murah untuk ukuran uang saku anak SD.

Kalau batagor asli Bandung aslinya ada campuran ikan tenggiri yang dimasukkan ke dalam tahu. Kalau ke Bandung wajib coba Batagor Tamim yang menyediakan pilihan batagor kering dan batagor kuah.

Bumbu kacang Batagor Tamim terkenal lebih kental, enak, dan terasa kacangnya. Kalau saya, sih, tertarik untuk coba batagor kuah. Kalau kamu lebih suka batagor kering atau kuah?

4. Mie Yamin Bakso Akung Lodaya

Kuliner Bandung legendaris
Mie Yamin (sumber: Pergi Kuliner)
Lokasi: Jl. Lodaya No.123, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp26.000
Jam buka: 10.00 - 19.30 WIB

Mie yamin adalah salah satu kuliner Bandung yang kalau saya bilang mirip mie ayam tanpa kuah. Bedanya, kalau mie yamin cita rasanya lebih ke manis-gurih.

Kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke salah satu tempat makan yang menyediakan mie yamin seperti Mie Bakso Akung Lodaya. Porsi mie yamin di sini lumayan besar, tapi kamu bisa minta setengah porsi jika tidak habis dengan porsi asli.

5. Cuanki Serayu

Kuliner Bandung murah dan legendaris
Cuanki Serayu (sumber: Pergi Kuliner)
Lokasi: Jl. Serayu No. 2, Riau, Bandung
Harga: mulai dari Rp12.000
Jam buka: 11.00 - 17.30

Salah satu jajanan hits sekaligus legendaris Bandung yang wajib dicoba selanjutnya adalah Cuanki Serayu. Berdiri sejak tahun 1997, nama Cuanki Serayu diambil dari lokasinya yang berada di Jalan Serayu.

Eh, omong-omong sudah tahu belum cuanki itu apa? Kalau belum tahu, cuanki itu semacam siomay atau tahu bakso kering yang terbuat dari tepung dan ikan.

Menariknya lagi, ada 2 versi asal-usul penamaan cuanki. Mulai dari singkatan Cari Cuan Jalan Kaki (cuanki) sampai merk tahu bakso kuah Choan Kie yang diproduksi di Bandung.

Berbeda dengan cuanki yang lain, kuah Cuanki Serayu menggunakan kaldu rebusan tulang ikan yang membuat rasanya menjadi lebih khas. Selain itu, tersedia juga saus sambal, cuka, kecap asin, dan kecap manis yang dapat kamu racik sendiri untuk makan cuanki kalau tidak suka versi berkuah.

6. Bacang Braga

Kuliner Bandung murah dan enak
Bacang Braga (sumber: restaurantguru.com)
Lokasi: Jl. Braga No.1-7, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp10.000
Jam buka: 18.00 - 00.00

Berdiri sejak tahun 1980-an, Bacang Panas Braga berjualan di depan Bioskop De Majestic. Itu, lho, bioskop yang saat ini sudah jadi cagar budaya Bandung.

Bacang terbuat dari beras ketan berisi bumbu gurih yang dibalut daun bambu. Beda Bacang Braga pak Haji Halim dengan lainnya adalah adanya potongan gajih sapi atau tetelan. Umumnya, bacang disajikan dengan potongan daging sapi atau ayam.

Pasti bakal makin nikmat jalan-jalan malam di sekitar Braga sambil makan Bacang Panas Braga. Salah satu kuliner Bandung murah yang wajib banget dicoba, nih, kalau ke Bandung.

7. Lomie Imam Bonjol (Lomie Habibie)

Wisata kuliner Bandung apa saja?
Lomie Imam Bonjol (sumber: Travellingyuk.com)
Lokasi: Jalan Imam Bonjol no. 9, Bandung
Harga: mulai Rp25.000
Jam buka: 09.00 - 17.00 WIB

Masih dalam keluarga hidangan mie, Lomie Imam Bonjol jadi salah satu kuliner bandung murah yang legendaris. Sudah ada sejak tahun 1980, Lomie Imam Bonjol merupakan pelopor lomie halal yang ada di Bandung.

Bahkan, Presiden Habibie pernah makan di sini sehingga sering disebut juga sebagai Lomie Habibie. Lomie buatan Haji Ngatimin berbeda dengan lomie lainnya karena kuahnya dibuat dari seafood seperti udang dan ebi.

Dalam satu porsi lomie berisi bakso, mie gepeng, kangkung, tauge, suwiran daging ayam, dan irisan daun bawang. Lalu disiram dengan kuah kaldu kental dan ditaburi bawang goreng. Hmmm sepertinya enak, nih!

8. Roti Bakar Madtari

Kuliner Bandung hits
Roti Bakar Madtari (sumber: Pergi Kuliner)
Lokasi: Jalan Ranggagading No 10, Tamansari, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp9500
Jam buka: 09.00 - 03.00 WIB

Ke Bandung belum lengkap rasanya kalau belum coba roti bakar asli Bandung. Di Surabaya juga banyak yang bertebaran lapak roti bakar khas Bandung. Namun, kita juga kadang perlu tahu rasa otentik langsung dari kota asalnya.

Roti Bakar Madtari yang sudah 23 tahun ada di Bandung sebenarnya merupakan menu dalam Cafe Madtari. Terdapat kurang lebih 40 varian rasa mulai dari yang klasik seperti coklat keju sampai kekinian seperti Ovomaltine, milo, kornet, dan lain sebagainya.

9. Es Cendol Elizabeth

Wisata kuliner Bandung murah
Es Cendol Elizabeth (sumber: Travellingyuk.com)
Lokasi: Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp9000
Jam buka: 09.00 - 17.00 WIB

Es Cendol Elizabeth sudah ada di Bandung sejak tahun 1972, didirikan oleh H. Rohman. Jadi termasuk kuliner Bandung murah yang legendaris.

Tak hanya menyajikan es cendol original, di sini juga menyediakan berbagai macam toping seperti nangka, durian, alpukat, hingga ice cream. Wow! Pastinya bakal segar dan nikmat banget, ya.

10. Surabi Cihapit

Kuliner Bandung murah
Surabi Cihapit (sumber: menukuliner.net)
Lokasi: Jl. Sabang No.65, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp8000
Jam buka: 06.00 - 12.00 dan 15.00 - 22.00

Kalau pernah nonton film Petualangan Sherina pasti tahu jajanan khas Bandung bernama surabi. Salah satu surabi yang terkenal di Bandung adalah Surabi Cihapit

Surabi yang sudah ada sejak tahun 90 an ini masih mempertahankan konsep kaki lima dengan harga merakyat. Varian rasa di Surabi Cihapit sangat banyak. Namun, dua varian andalannya, adalah oncom dan kacang merah.

Surabi ini lebih cocok dimakan sebagai teman ngopi atau ngeteh. Ditambah lagi suasana kota Bandung yang dingin-dingin manja membuat surabi sangat cocok dimakan saat pagi hari atau malam hari.


Penutup

Dari 10 rekomendasi wisata kuliner Bandung murah dan enak tersebut, mana saja yang bakal kamu coba? Kalau saya ingin coba semua, terutama Seblak Mahda Hot.

Pastinya bakal jadi pengalaman wisata kuliner Bandung murah yang menarik dan ramah di kantong. Apalagi kalau bawa satu keluarga. Pastinya bakal happy dan kenyang!


Referensi

https://blog.cove.id/jajanan-enak-di-bandung/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200121125306-267-467257/surabi-cihapit-jajanan-tempo-dulu-yang-tak-lekang-waktu.

19 komentar

19 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    28 Juli 2023 pukul 21.09
    kuliner Bandung emang enak-enak ya bikin betah disana hihi.. tambahin lagi, ayam goreng panaitan, dimsum 9 ayam, tahu baso Pak Oyen hehe
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    25 Juli 2023 pukul 22.23
    So happy dapet rekomendasi kuliner enak di Bandung.
    Aku paling inget waktu baru-baru nikah, duit masih seada-adanya, heheh.. tapi pen makan enak.
    Cafe Madtari jawabannya. Manalah buka 24 jam, beb.

    MashaAllah~
    Tapiii.. terakhir kali aku lewat ((kira-kira 3 mingguan yang lalu)), kok uda gak ada ya..?
    Ini aku kurang info nih.. either pindah ke lokasi lain atauuuu...hiiiks~ ((gatega mo ngomongnya))
    Reply
  • Monica Anggen
    Monica Anggen
    25 Juli 2023 pukul 22.00
    Batagor, Mie Yamin, dan Es Cendol udah pernah coba itu, tapi yang lainnya belum. Wah, mesti dijadwalin nih liburan ke Bandung lagi biar bisa kulineran
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    25 Juli 2023 pukul 21.01
    Wah ini racun harus datang ke Bandung lagi nih. Belum ada satupun kuliner Bandung di atas yang pernah aku coba. Kalo ke Bdg selalu ke kafe mulu sih. Jd ngelewatin kuliner autentiknya. Smg ada kesempatan main ke sana lg sambil cobain kereta cepatnya. Hehe.
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    25 Juli 2023 pukul 20.57
    Ya ampunnn.. Enak enak semua iniii, kalau ke Bandung wajib coba semuanya... Kalo ngga bakalan kebayang bayang terus hihihi
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    25 Juli 2023 pukul 20.10
    Oh, no! Paling demen akutuh kalo udah bahas kuliner, apalagi ini Bandung, kulinernya mah nggak ada lawan. Harganya pun super terjangkau. Aslik bikin ngiler semuanya, kak. hihihi..
    Reply
  • Han
    Han
    25 Juli 2023 pukul 19.54
    Batagornyaaa. sungguh menggoda selera, mauu bangett. huhu.. kapan yaa bisa ke bandung terus kulineran dan cobain satusatu?
    Reply
  • Goresan hati
    Goresan hati
    25 Juli 2023 pukul 18.28
    Roti bakar madtari kayaknya enak tuh. Pecinta roti kayak aku wajib coba nih. Jadi pengen ke Bandung mbak
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    25 Juli 2023 pukul 16.49
    Itu seblak menawan hati banget buat disantap kak.
    Ah Bandung mah memang oke banget dalam varian kulinernya. Bakalan membuat nagih dan ngangenin buat bolak-balik dikunjungi
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    25 Juli 2023 pukul 16.22
    Kuliner Bandung mah dijamin bikin ketagihan. Dulu pas masih kuliah di Bandung aku juga sering kulineran di tempat2 di atas. Apalagi mie kocok, surabi, seblak, batagor, behh bikin candu semua.
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    25 Juli 2023 pukul 11.48
    Lomie & es cendol bakalan jadi pasangan yang serasi nih. Waktu saya ke saudara di Cimahi, nyobain seblak kering gitu, rasanya enak banget. Jadi ketagihan malah hehehe
    Reply
  • Yonal Regen
    Yonal Regen
    25 Juli 2023 pukul 10.14
    Mie Yamin sama Es Cendol Elizabeth terkenal banget sampai ke Sukabumi, sampai ada cabangnya di sini, jadi ketulungan buat yang ga bisa jalan-jalan ke Bandung
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    25 Juli 2023 pukul 09.53
    Surabii. Di Malang ada yg jual surabi Bandung gitu Kak. Topping oncom, sosis, dll.

    Pengen deh ke Bandung buat wisata kuliner dan nyobain batagor kuah. Kek mana kuahnya ya? Lalu bedanya cuanki ama bakso apa ya? Serupa tapi tak sama.
    Reply
  • Diah Alsa
    Diah Alsa
    25 Juli 2023 pukul 07.30
    duuh bikin lapar banget baca ini pagi-pagi, pengen doong wisata kulineran di Bandung
    Noted nih, moga nanti ada rejeki bisa ke Bandung lagi dan wisata kulineran, nyaam nyamiii
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    25 Juli 2023 pukul 06.21
    Kalau kuliner Bandung memang selalu juara ya, Mbak. banyak makanan kekinian, ya asalnya dari Bandung. Dan paling ngehits ya seblak. Dan saya suka semua nih, Mbak. makanya kalau ke Bandung tidak boleh dilewatkan.
    Reply
  • Kanianingsih
    Kanianingsih
    25 Juli 2023 pukul 01.43
    noted kak, saya sering ke bandung karena anak saya sekolah di bandung. aduh jadi hoyong nyomot surabina
    Reply
  • Muhammad Zaini
    Muhammad Zaini
    24 Juli 2023 pukul 21.57
    Wah wah khas banget ya kayaknya jajanan Bandung ini. Di Samarinda kayaknya nggak ada deh jajanan-jajanan tersebut. Kalau ada juga paling beda rasanya.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    24 Juli 2023 pukul 19.58
    Wah, enak enak banget ini
    Aku paling suka ke bandung
    Selain hawanya adem, kulinernya juga enak enak
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    24 Juli 2023 pukul 17.02
    Pernah lihat bakcang Braga di TV. Langsung kepo. Enak banget kayaknya ginuk ginuk gitu.
    Reply