Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak Sesuai Kurikulum Keluarga

Cara memilih sekolah TK terdekat

Memilih sekolah TK untuk anak ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Sekitar 2 tahun lagi, si kecil akan mulai sekolah TK. Rencana awal saya masukkan TK dekat rumah saja yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Namun, suami kurang setuju karena tidak sesuai dengan kurikulum pendidikan keluarga. Beliau ingin di usia golden age, si kecil sekolah TK dengan lingkungan islami alias TK islam Berarti masalah selesai dong?

Tidak semudah itu juga, buibuk teman online-ku. Kami melalui banyak diskusi dan pencocokan dengan kurikulum keluarga. Selain itu, banyak sekali pertimbangan dalam memilih sekolah TK yang membuat kepala cukup.

Apa saja, sih, pertimbangan kami saat memilih sekolah TK untuk anak? Yuk, kumpul sini! Saya akan berbagi pengalaman, serta pemikiran yang mungkin bisa jadi inspirasi dalam memilih sekolah TK.


Pertimbangan Saat Memilih Sekolah TK untuk Anak

Setelah saya dan suami berdiskusi panjang kali lebar, ada 3 pertimbangan utama yang jadi pedoman dalam menentukan sekolah anak. Mulai dari kesesuaian kurikulum pendidikan keluarga, prioritas TK, dan kemampuan finansial.

1. Kurikulum Pendidikan Keluarga

Hal pertama yang kami bedah adalah kesesuaian dengan kurikulum pendidikan keluarga. Sebab, berdasarkan Kemdikbud, pendidikan anak dimulai dari keluarga dan orang tua sebagai pendidik utama.

Secara singkat berdasarkan kurikulum pendidikan keluarga kami ingin agama, serta fitrah bermain anak lebih diutamakan saat sekolah TK dibandingkan calistung. Oleh karena itu, kami lebih memilih sekolah dengan nuansa islami saja. Soal calistung bisa saya ajarkan sendiri secara privat di rumah.

2. Prioritas TK

Kedua adalah TK seperti apa yang mau diprioritaskan berdasarkan kurikulum pendidikan keluarga? Kami lebih memprioritaskan TK dengan nuansa islami dan jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah. Minimal bisa dicapai tanpa harus melewati jalan raya besar.

3. Kemampuan Finansial

Nah, ketiga adalah kemampuan finansial. Jangan sampai hanya gara-gara ingin sekolah TK terbaik untuk anak sampai harus berhutang besar. Padahal pendidikan terbaik itu justru berasal dari pendidikan keluarga alias pendidikan dari rumah.

Jadi pilih TK yang sesuai dengan kemampuan finansial saja. Kurang atau lebihnya bisa ditambahkan sendiri lewat pendidikan dari rumah. Buibuk teman online juga bisa coba buat sendiri lesson plan untuk anak usia dini, sebagai pendamping sekolah TK anak.


Cara Memilih Sekolah TK yang Baik untuk Anak

Cara memilih sekolah TK untuk anak

Nah, dari 3 hal yang menjadi pertimbangan utama kami untuk mencari sekolah TK, berikut cara memilih sekolah TK untuk anak yang bisa saya bagikan.

1. Buat Daftar Sekolah TK Terdekat dari Rumah

Buat semacam daftar atau list sekolah TK terdekat dari rumah. Catat semua TK, lalu kelompokkan menjadi TK umum dan TK islam. Nantinya, saya akan memprioritaskan TK di kelompok TK islam, barulah kalau tidak ada pilihan yang pas sesuai kriteria lainnya saya akan pilih kelompok di TK umum.

2. Cek Kurikulum TK

Lakukan browsing kurikulum TK lewat internet atau bertanya kepada teman dan tetangga yang anaknya pernah sekolah di situ. Catat garis besarnya saja untuk nantinya dibandingkan dengan TK yang lain.

3. Tentukan Transportasi untuk Antar Jemput

Pikirkan sejak sekarang transportasi apa yang digunakan untuk antar-jemput anak. Kalau saya lebih memilih untuk menggunakan sepeda atau sepeda listrik kalau tidak bisa dicapai dengan jalan kaki. Saya sesuaikan juga dengan ikhtiar saya untuk menjaga lingkungan.

4. Survei ke Pihak Sekolah TK

Selanjutnya bisa survei ke pihak sekolah TK. Tanyakan secara detil terkait kurikulum, cara guru menilai, bagaimana guru akan menyelesaikan masalah muridnya jika nantinya si kecil membuat masalah, tanyakan pula perkara bagaimana sekolah menyikapi pembullyan.

5. Diskusi Keluarga

Setelah semua data terkumpul, saya dan suami kembali diskusi untuk menentukan kira-kira sekolah TK mana yang dipilih. Alhamdulillah akhirnya kami memilih sekolah TK islam dekat rumah yang bisa dicapai dengan bersepeda, tidak perlu melewati jalan raya besar, dan sesuai dengan kemampuan finansial.

6. Berdoa

Terakhir, tentu saja berdoa kepada Allah agar meridhoi pilihan kami, serta melancarkan semua urusan sekolah anak di masa depan. Sebab, kadang apa yang jadi pilihan manusia belum tentu yang terbaik versiNya. Oleh karena itu, perlu juga didampingi dengan doa agar diberi petunjuk.


Penutup

Ternyata perkara memilih sekolah TK untuk anak sesuai kurikulum keluarga tidak semudah kelihatannya. Ada banyak sekali diskusi yang saya lakukan bersama suami tentang segala hal.

Semoga sharing dari saya terkait cara memilih sekolah TK untuk anak bisa jadi inspirasi atau bantuan dalam menentukan sekolah anak. Hal paling penting yang perlu digaris bawahi adalah pendidikan terbaik datang dari pendidikan di lingkungan keluarga.


Referensi

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/10/kemendikbud-selenggarakan-apresiasi-pendidikan-keluarga-ke3

16 komentar

16 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Manda Dea
    Manda Dea
    3 September 2023 pukul 00.22
    benar, yang katanya ah yang penting TK, nyatanya, di TK lah salah satu pembentukan karakter, aku pun sama lebih memilih TK Islami, karena masa kanak-kanak masa yang mudah membentuk karakter
    Reply
  • Linda Puspita
    Linda Puspita
    24 Agustus 2023 pukul 14.17
    Saya juga yang termasuk sangat hati hati dalam memilih sekolah, khususnya TK, kebetulan Hiru sedang TK dan dapat sekolah yang lebih mengajarkan life skill. Bener. soal baca dan hitungan diajarkan sendiri di rumah
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    15 Agustus 2023 pukul 23.30
    Kalau aku selalu minta kurikulum sekolah sebelum menentukan pilihan
    Saya harus tahu anak saya akan belajar apa selama di TK
    Jika tidak ada perkembangan maka sebaiknya di rumah dulu
    Reply
  • Han
    Han
    13 Agustus 2023 pukul 07.05
    ya Allaah ini aku banget sih :(( iyaa beneran, transportasinya ini sekarangg kerasa bangett capeknyaa karena jauh dari rumah hahaa, jadi pelajaran tersendiri. Next di SD kudu cari yang transportasinya kejangkau di aku
    Reply
  • Anis Khoir
    Anis Khoir
    12 Agustus 2023 pukul 11.18
    Sudah mengalami bagaimana susahnya berburu TK yang sesuai dengan prinsip keluarga. Dan pada akhirnya aku gak cari yang muluk sih, yang terpenting anak nyaman dahulu saat sekolah.
    Reply
  • nunu
    nunu
    12 Agustus 2023 pukul 10.24
    Izin koreksi mba. "TK Biasa" baiknya pakai kata "TK Umum". Kalau menurutku bisa ditambahkan list TK yang kurikulum atau guru2nya menanamkan "pendidikan karakter"
    Reply
  • admin
    admin
    12 Agustus 2023 pukul 10.01
    Pendidikan keluarga memang tidak tergantikan, termasuk tergantikan oleh sekolah ya. Jadi tentu tidak mudah menemukannya. Sekolah dan keluarga punya peran masing-masing yang saling mendukung
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    12 Agustus 2023 pukul 09.50
    Saat memilih sekolah TK untuk anak sesuai kurikulum keluarga memang perlu banget list yang panjang untuk TK sekitar rumah. Intinya memang anak-anak kalau bisa jangan sekolah terlalu jauh dari sekolah. Karena namanya anak TK masih kadang ini dan itu mengenai komitmennya untuk sekolah.

    Semoga pilihan bisa tepat dan sesuai dengan kebutuhan ananda sehingga ananda bisa bertumbuh sesuai dengan fitrahnya.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    12 Agustus 2023 pukul 09.00
    Benar sekali kurikulum yang terbaik adalah selaras dengan visi misi keluarga
    Reply
  • Nita
    Nita
    12 Agustus 2023 pukul 08.43
    Selamat, ya, mba, akhirnya bisa menjatuhkan pilihan yang pas karena sudah dipertimbangkan segala sisinya. Memilih sekolah untuk si kecil terutama tingkat TK, memang gampang tapi jg susah, salah penerapan konsep mendidik di usia dini, imbasnya bisa sampai dewasa juga.
    Reply
  • lailyfitrianimenulis
    lailyfitrianimenulis
    12 Agustus 2023 pukul 08.19
    Diskusi sama pasangan ini termasuk yang selalu daku lakukan saat menentukan anak-anak mau sekolah di mana sejak TK hingga SMA. Selama ini pertimbangannya dekat dengan tempat kerja kami Mbak, agar jemputnya mudah.
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    12 Agustus 2023 pukul 07.49
    Menentukan pendidikan anak sejak dini itu ternyata penting banget ya. Termasuk pemilihan TK, tapi selain kualitas jg mesti dipertimbagkan dari segi finansial soalnya TK dekarang biayanya nggak main-main.
    Reply
  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy
    12 Agustus 2023 pukul 04.27
    Dulu waktu anak-anak masuk TK, kriteria utama adalah yang dekat dengan rumah agar ngak ada drama saat berangkat sekolah karena anak harus bangun pagi sekali, tapi meskipun begitu kurikulum tetap menjadi fokus utama. Sebelum daftar biasanya aku nongkrong dulu di TK inceran, biar tahu sistem pembelajaran yang diterapkan.
    Reply
  • Friska Julia
    Friska Julia
    11 Agustus 2023 pukul 19.07
    Kebanyakan ibu memilih TK terdekat untuk anaknya. Menurut mereka, selain lebih praktis antar jemput, anak juga lebih nyaman karena masih dalam lingkungan rumah. TK dengan nuansa keagamaan bisa jadi nilai tambah, demi pembentukan karakter anak di masa depan.
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    11 Agustus 2023 pukul 14.52
    inspiratif banget mbaaa
    tak segampang itu memutuskan pilihan cari sekolah utk anak yak
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    11 Agustus 2023 pukul 12.20
    Memang perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan sekolah TK untuk anak. Kalau anak sulungku karena TK-nya di Amerika mau enggak mau ikut zonasi (di sana level TK termasuk SD/elementary school), jadi di SD negeri dan zonasi berdasarkan alamat rumah. Tapi syukurnya ada school bus jadi ga perlu ngantar jemput. Kalau anak bungsu di Jakarta pilih TK dekat rumah...Meski standar TK seperti yang lainnya aku lebih sreg di sini. Karena kalau yang bagus agak jauh, di Jakarta harus melawan kemacetan kasihan anaknya.
    Reply