Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Tips Aman Pakai Paylater agar tidak Terjebak Utang

Paylater Digibank
sumber: https://www.pexels.com/photo/sale-sign-in-a-miniature-shopping-cart-and-paper-bag-5632398/

Siapa yang tidak kenal cara pembayaran paylater atau bayar nanti? Sekarang fitur ini bisa dijadikan solusi instan untuk berbelanja dan mendapatkan pinjaman uang tunai. Namun, sayangnya jika tidak digunakan dengan benar, maka seseorang dapat terjebak hutang karena pinjaman paylater.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami apa itu paylater dan cara penggunaannya agar aman. Ikuti dan praktikkan tips aman dalam menggunakan paylater agar teman online tidak jatuh pada kondisi terlilit utang.


Ini 7 Tips Aman Menggunakan Paylater Tanpa Terjebak Utang

Kebanyakan orang enggan menggunakan paylater karena takut terjebak utang, sehingga tidak mampu membayar. Nah, teman online jangan khawatir karena ada tips yang bisa membantumu tetap aman menggunakan fitur bayar nanti tanpa terjebak utang, seperti di bawah ini:

1. Gunakan Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Menggunakan pinjaman paylater memang menggiurkan, apalagi dengan kemudahan pembayaran yang didapatkan saat kamu sedang berbelanja. Tinggal klik saja, semua bisa dibayar selama masih ada limit pinjamannya. 

Inilah yang berbahaya, apalagi bagi pengguna yang tidak mampu mengontrol diri saat menggunakan fitur bayar nanti. Ingat, teman online harus tetap memperhatikan kemampuan finansial saat menggunakan paylater. Jangan gunakan limit di atas kemampuanmu.

Jika tetap ngotot menggunakannya, maka teman online akan merasa kesulitan saat membayarnya. Jangan sampai hal ini terjadi karena justru akan merugikan kondisi finansial di kemudian hari. Sebab, teman online jadi punya beban membayar utang di atas kemampuan.

2. Perhitungan Bunga yang Dibebankan

Sebuah pinjaman pasti membebankan bunga pada peminjamnya, begitu juga pinjaman paylater ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghitung dengan cermat besaran bunga yang dibebankan saat menggunakan fitur pinjaman ini.

Biasanya besaran bunga akan berbanding lurus dengan lama tenor yang diambil. Semakin lama tenor pinjaman, maka bunga yang harus dibayarkan akan semakin tinggi. 

Hal ini juga penting untuk dijadikan dasar pertimbangan sebelum menentukan berapa kali cicilan yang diambil, 1x, 3x atau 6x sesuaikan dengan kemampuan finansial. Akan lebih baik jika memaksimalkan kemampuan membayar hutang agar bunga yang harus dibayar juga kecil.

3. Periksa Biaya-biaya Lain yang Harus Dibayar

Selain bunga pinjaman perhatikan biaya-biaya lain yang biasanya juga dibebankan pada peminjam. Misalnya saja biaya denda jika telat membayar cicilan yang tidak sesuai dengan jatuh tempo. 

Selain itu jika menggunakan marketplace tertentu, periksa juga biaya layanan yang dikenakan. Pertimbangkan semua komponen biaya dengan baik agar tidak tidak terjebak dalam utang yang menggunung. 

4. Rancang Rencana Pembayaran Sesuai Kemampuan

Fitur paylater memang sangat memudahkan pengguna dengan cara pembayarannya yang simple dan tenor yang fleksibel. Pengguna bisa menentukan sendiri berapa kali pembayaran yang ingin dilakukan untuk mengembalikan pinjaman paylater nya. 

Jika teman online menggunakan pinjaman ini, rencanakan dengan baik terlebih dahulu pembayarannya. Pastikan pembayaran yang akan kamu lakukan sesuai dengan kemampuan finansial mu. Dengan begitu pembayaran akan berjalan lancar tanpa tunggakan.

Jika tidak terjadi tunggakan selama pembayaran pinjaman, maka biasanya limit kredit akan dinaikkan. Ini adalah hal yang menguntungkan bagi pengguna.

5. Belanja Sesuai Kebutuhan

Digibank by DBS
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-smartphone-koneksi-teknologi-4199526

Berbelanjalah sesuai kebutuhan jangan menuruti keinginan saja, agar tidak terjebak dalam utang yang menggunung. Prinsip ini juga cocok diterapkan saat kamu menggunakan paylater. Meskipun misalnya kamu mendapatkan limit yang tinggi, janganlah tergiur untuk menghabiskannya. 

Hal ini karena karena limit paylater sama saja degan limit utang. Jika kamu menggunakannya tanpa kontrol, maka hutangmu akan menggunung dan terjebak di dalamnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa kebutuhanmu yang paling mendesak untuk memutuskan membelinya menggunakan pinjaman paylater. Jangan sedikit-sedikit klik pembayaran dengan fitur “Bayar nanti” karena akan membahayakan finansialmu di masa yang akan datang.

6. Pahami Aturan Paylater dengan Benar

Tips selanjutnya untuk menggunakan fitur “bayar nanti” agar aman adalah memahami aturan fitur ini dengan benar. Ikuti semua ketentuan yang ada, mulai dari ketentuan pendaftaran, limit pinjaman, cara dan waktu pembayaran. 

Perhatikan juga bunga dan denda yang dibebankan. Banyak sekali penyedia layanan paylater dan umumnya ketentuan yang diterapkan tidak jauh beda kecuali pada besaran bunga. 

Lihat ketentuan syarat untuk masing-masing penyedia layanan paylater agar dapat membandingkan satu dengan lainnya. Kemudian pilihlah yang terbaik dan paling menguntungkan bagimu. 

7. Melunasi Pinjaman Tepat Waktu

Terakhir, tapi juga sangat penting adalah melunasi pinjaman sesuai jatuh tempo agar tidak bertambah lagi bunga pinjamannya. Sangat penting membayar pinjaman tepat waktu. Jangan sampai hutang menumpuk gara-gara kamu melewatkan waktu pembayaran cicilannya.

Hal inilah yang menyebabkan banyak pengguna terlilit hutang sehingga terjadi gagal bayar dan terkena denda. Kamu akan dikenakan denda biaya keterlambatan jika tidak membayar pinjaman tepat waktu. Selain itu bunga juga akan ikut bertambah 


Layanan Paylater Aman dengan Bank Digital Termudah 

Tidak ada salahnya memang menggunakan fitur paylater kartu kredit digibank by DBS untuk berbelanja. Namun, harus tetap mampu mengendalikan diri untuk menggunakan fitur ini agar manfaat yang didapat bisa lebih besar dengan mengikuti tips-tips di atas. 

Dapatkan pinjaman paylater digibank by DBS yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Teman online bisa merasakan transaksi lengkap, mudah dan terjamin aman dengan menggunakan digital banking yang satu ini.

Menariknya, fitur Paylater digibank by DBS ini menawarkan cicilan 0% dengan pilihan jangka waktu, di antaranya 3 bulan, 24 bulan dan 60 bulan. Dengan begini, cashflow tetap terjaga, kamu pun bisa lebih pintar dalam pengelolaan keuangan. 

Tertarik dengan produk-produk dari digibank by DBS? Tenang saja. Ada banyak produk digital banking yang bisa kamu nikmati. Teman online bisa mencari informasi lebih lengkap di sini

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi