Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari, Pulas Sampai Pagi!

Cara agar tidur nyenyak

Pernah, nggak, sih, badan terasa kurang segar saat bangun pagi padahal sudah tidur semalaman? Bisa jadi itu tanda bahwa kamu tidur tidak nyenyak.

Kalau sudah begini kamu bisa coba tips tidur nyenyak di malam hari berikut agar pulas sampai pagi. Bangun tidur badan segar, aktivitas pun jadi lancar.


Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari, Bikin Tidur Auto Pulas Sampai Pagi!

Berdasarkan jurnal penelitian Nature and Science of Sleep, tidur tidak nyenyak bisa mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Akibatnya, tubuh tetap tidak mendapatkan tidur yang cukup, sehingga bangun dalam keadaan lelah.

Selain itu, tidur tidak nyenyak bisa menyebabkan mudah sakit, suasana hati tidak baik, hingga risiko sakit jantung. Oleh karena itu, kamu wajib coba cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari berikut ini agar bisa bangun dalam kondisi badan yang segar.

1. Mengatur Ritme Jam Tidur dan Bangun

Hal pertama yang harus dilakukan dalam rangkaian tips tidur nyenyak di malam hari adalah mengatur jam tidur dan bangun. Dilansir dari Healthline, pola tidur yang tidak teratur dapat mengganggu kadar melatonin yang memberi sinyal pada otak untuk tidur.

Maka, sebisa mungkin bangun kebiasaan tidur dan bangun pada jam tertentu setiap hari agar tak mengganggu fungsi melatonin. Misalkan atur alarm untuk tidur malam maksimal jam 21.00, lalu set alarm untuk bangun pagi jam 04.00 pagi.

2. Menjaga Asupan Makan dan Minum

Pola sehat dalam asupan makan dan minum juga bisa mempengaruhi orang tersebut bisa tidur nyenyak atau tidak. Contohnya saat kamu tidur dalam kondisi lapar, tentu tidak akan bisa tidur nyenyak.

Minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi juga bisa membuat tidur tidak nyenyak. Jadi, hindari minum teh atau kopi sebelum tidur, serta makan secukupnya. Kamu bisa juga membuat food preparation untuk lebih menjaga asupan makan tau minum.

3. Pose Yoga untuk Mudah Tidur Nyenyak

Rutin melakukan olahraga fisik juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Salah satu jenis olahraga yang memiliki pose tertentu agar bisa tidur nyenyak adalah yoga.

Lewat beberapa pose yoga seperti warrior with one side bend, child's pose, bridge pose, dll., bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, melakukan olahraga yoga juga bisa memperlancar sirkulasi darah. Tidur bisa pulas, badan pun makin sehat.

Pose Yoga Child's pose
Pose yoga: child's pose (sumber: Canva)

4. Tidak Memegang Gadget 1-2 Jam Sebelum Tidur

Cara mengatasi tidur tidak nyenyak selanjutnya adalah dengan stop menggunakan gadget sekitar 1-2 jam sebelum tidur. Cahaya biru (blue light) yang dihasilkan gadget seperti laptop atau smartphone bisa mengacaukan ritme skardian dalam tubuh

Hal ini mengakibatkan produksi hormon melatonin berkurang, sehingga saat tidur tidak akan bisa nyenyak. Jika terpaksa harus tetap bekerja dengan gadget, unduh aplikasi khusus untuk memblokir cahaya biru dari gadget.

5. Teknik Napas 4-4-4

Tips tidur nyenyak di malam hari yang lumayan ampuh selanjutnya adalah teknik napas 4-4-4. Caranya dengan tarik napas 4 hitungan, tahan 4 hitungan, lalu hembuskan dalam 4 hitungan.

Teknik napas ini sebenarnya merupakan teknik untuk relaksasi. Bisa dilakukan sebelum tidur untuk mendapatkan fase relaksasi agar cepat tidur.

6. Mematikan Lampu Kamar

Hampir sama dengan tips tidur nyenyak di malam hari dengan membatasi paparan cahaya biru, mematikan lampu kamar bisa membuat seluruh sel tubuh beristirahat. Ritme sirkadian dan hormon melatonin dalam tubuh akan bekerja maksimal dalam merelaksasi tubuh saat kondisi gelap.

Menyalakan lampu saat tidur akan membuat sel tubuh tetap 'bangun'. Sebaliknya, sel tubuh akan ikut istirahat saat tidak ada cahaya, sehingga tubuh benar-benar tidur secara sempurna.

7. Mengatur Suhu Ruangan

Terakhir, cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari adalah membuat suasana kamar nyaman. Salah satu caranya adalah mengatur suhu ruangan menjadi lebih sejuk.

Bisa dengan mengatur suhu AC menjadi lebih dingin atau menyalakan kipas angin. Kamar yang sejuk, serta nyaman tentunya akan lebih cepat membuat kamu tertidur.


Ternyata saat tidak bisa tidur nyenyak bisa mengakibatkan masalah gangguan kesehatan, hinga psikologi. Kamu bisa menggunakan tips tidur nyenyak di malam hari dari artikel ini untuk meningkatkan kualitas tidur. Kamu pun bisa tidur pulas sampai pagi dan bangun dengan badan yang segar.


Referensi

  • Medic, et al. (2017). Short and Long-Term Health Consequences of Sleep Disruption. Nature and Science of Sleep, 9, pp.151–161.
  • https://www.alodokter.com/cara-tidur-nyenyak-ternyata-tidak-sulit
  • https://www.healthline.com/nutrition/17-tips-to-sleep-better#_noHeaderPrefixedContent

20 komentar

20 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Nengsih
    Nengsih
    15 Agustus 2023 pukul 23.20
    Mematikan lampu kamar wajib banget buat aku. Nggak bisa tidur kalau kamar masih benderang. Hehe
    Reply
  • gemaulani
    gemaulani
    15 Agustus 2023 pukul 22.29
    Sering banget saya kak, udah tidur semalaman tapi paginya lemes banget. Wah kayaknya saya mesti ngikutin yang jangan pegang gadget 1-2 sebelum tidur deh. Terus mulai yoga juga.
    Reply
  • Indra DP
    Indra DP
    15 Agustus 2023 pukul 20.42
    wah ini tips yang aku cari, kadang tinggal tidur aja ada aja yang anu,, jadinya tidur terlalu larut dan paginya kadang abis bangun tidur masih ngantuk.. hehehe
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    15 Agustus 2023 pukul 19.16
    Tekniknya boleh dicoba tuh. Tp aku msh susah kalo blm pegang gadget sblm tdr wkwk. Kadang hrs nonton apa dl baru kantuk datang. Kecuali kalo capek bgt sih. Pelor. Nempel lgsg molor wkwkwk.
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    15 Agustus 2023 pukul 18.58
    Nahh iya Kak, kalo mau tidur malah biasa pegang HP dulu buat nonton video di reels. Harusnya HP disembunyiin ya biar tenang dan bisa pulas tidurnya.

    Kalo biasa tidur dengan lampu nyala gimana?
    Reply
  • Putu Felisia
    Putu Felisia
    15 Agustus 2023 pukul 18.34
    Akhir-akhir ini saya nggak enak tidur gara-gara AC rusak. Nyamuknya juga banyak. Semoga bisa menerapkan tips lainnya, deh. Makasih tipsnya ya.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    15 Agustus 2023 pukul 17.35
    Memang terkadang, perasaan tidurnya lama, kok pas bangun masih capek saja, Mbak. Tapi kadang juga, tidur tidak sampai 8 jam, tapi nyenyak, rasanya segar pas bangun hehehe.
    Makanya saya sekarang coba tidur pukul 10 malam, dan bangun pukul 5 subuh. Hanya itu, saya suka melanggar minum teh malam, akhirnya keringatan pas tidur hehehe. Soal gadget, belum bisa lepas. 1 menit sebelum tidur pun, masih cek hape, cek job hehehe.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    11 Agustus 2023 pukul 07.28
    Wah aku mau coba tips ini ah. Kadang kadang aku tuh susah tidur pulas di malam hari mbak
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    10 Agustus 2023 pukul 23.47
    Bermanfaat sekaliii..
    Sebenernya aku tipe orang yang gak susah tidur pulas. Alhamdulillah~
    Kecuali lagi demam.

    Dan memang yang terasa ketika kamar gelap tuh bikin tidur lebih optimal.
    ((bisa bangun saat dini hari sebelum shubuh ini nikmat banget))
    Reply
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh
    10 Agustus 2023 pukul 21.52
    ini bisa juga nih diterapkan buat anak ya.. tapi kalau buat bumil dan busui kayanya belum cocok hihi
    • atiq - catatanatiqoh
      Kyndaerim
      15 Agustus 2023 pukul 19.44
      Bumil sama busui mah tidurnya tergantung kondisi badan sama jadwal mengASIhi yah, Mbak, wkwk..
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    10 Agustus 2023 pukul 19.33
    Setuju banget yang nomor 6. Paling enak sih kalo lampu mati. Jd otak bs beristirahat total. Bagi yg susah tdr kl ga ada cahaya bs gunakan lampu redup utk meminimalisasi radiasi yg mengganggu otak bs rehat sempurna.
    Reply
  • Ayah Ugi
    Ayah Ugi
    10 Agustus 2023 pukul 18.13
    Menarik juga nih tips mengurangi cahaya biru dengan aplikasi khusus. Kalau tahu info aplikasinya bagi juga dong, Kak.
    Reply
  • Nurul Mutiara R.A
    Nurul Mutiara R.A
    10 Agustus 2023 pukul 15.41
    Menarik mbak informasinya mbak mengingat aku termasuk manusia yang susah banget tidur nyenyak akhir-akhir ini. Dan menurutku, menjaga ketenangan pikiran juga jadi hal krusial biar bobok selalu nyenyak hehe
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    10 Agustus 2023 pukul 13.03
    Tidur kalau gak berkualitas, efeknya memang ada aja ya kak buat kesehatan.
    Sakit kepalalah, mood gak enak, dan penyakit lainnya. Bahkan kalau gak tidur² wuaah bisa berabe nih.
    Cuss nyenyakan tidur buat kesehatan diri
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    10 Agustus 2023 pukul 09.57
    Tips yang sangat bermanfaat sekali, ternyata ada pose yoga yang bisa membuat tidur nyenyak ya aku baru tau kakak...susah tidur nyenyak aku alami kemarin kemarin sampai akirnya terapi akupuntur sangat membantu. Akupuntur barangkali bisa juga dimasukkan ya kak...(gusti yeni)
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    10 Agustus 2023 pukul 07.57
    Poin keempat, bahkan seringnya ketiduran pas megang hp, wkwk.. Harus bener² diubah sih ini, wuuff..
    Reply
  • HendraDigital
    HendraDigital
    9 Agustus 2023 pukul 18.54
    Karyawan shift kayak saya, kayaknya bakalan sulit mengatur ritme tidur. Kadang tidur malam banget, kadang tidur awal, tergantung jadwal kerja, hehehe...

    Tapi jujur, kalo tanpa gadget sebelum tidur, sulit banget, pasti dengerin lagu dulu, hahahaha... Justru dengan mendengarkan musik, malah jadi ngantuk.

    Makasih banyak tips yang sangat keren ini.
    Reply
  • Nita
    Nita
    9 Agustus 2023 pukul 11.31
    Trimakasih tipsnya, kak. Beberapa sudah saya lakukan, mau coba atur nafar dengan rumus 444, deh, sepertinya gampang menrapkannya. PR terberat adalah melakukan yoga, padahal bagus ya untuk kesehatan, hehe. o iya satu lagi unduh aplikasi penghilang blue light, kadang gadget malah jadi pengantar tidur, hiiiiks.
    Reply
  • timduniamasak
    timduniamasak
    7 Agustus 2023 pukul 08.47
    yang masih sulit aku lakukan adalah tidak bermain hp 1-2 jam sebelum tidur :') karena pasti ada chat masuk
    Reply