Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Yuk Kenali Perbedaan Kelas Pada Kereta Api Di Indonesia Beserta Fasilitasnya

Traveloka partner resmi KAI

Teman online lebih suka menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan untuk liburan? Toss dulu, dong! Saat ini kereta api memang sudah memiliki pelayanan serta fasilitas yang sangat baik untuk menemani perjalanan ke berbagai daerah. Dengan waktu tempuh yang relatif cepat, kereta api sering kali menjadi andalan perjalanan jauh antar kota, antar provinsi, maupun perjalanan lokal.

Selain fasilitas, kenyamanan, serta keselamatan yang terjamin, teman online masih bisa mendapatkan tiket kereta dengan harga murah. Kamu juga bisa menemukan berbagai promo setiap harinya melalui platform tiket online terpercaya seperti Traveloka partner resmi KAI.

Saat menggunakan kereta api, kamu juga akan terhindar dari kemacetan dan cuaca panas. Kamu juga bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan. Selain itu, bagi teman online yang suka internetan, saat ini kereta api telah dilengkapi dengan layanan internet atau Wi-Fi. Layanan ini bisa dinikmati sambil melihat pemandangan selama perjalanan yang dapat memanjakan mata.

Tapi, apakah teman online sudah mengetahui perbedaan jenis kelas kereta api yang disediakan oleh PT. KAI? Yuk, simak penjelasan di bawah ini agar kamu bisa mengetahui perbedaan kelas kereta api. Disamping itu agar kamu juga bisa menikmati layanan serta fasilitas sesuai keinginan.


Kelas Kursi Kereta Api Indonesia

Ada 4 kelas kereta api yang saat ini ada di kereta api Indonesia. Mulai dari ekonomi, bisnis, eksekutif, dan luxury. Apa saja bedanya?

1. Kelas Ekonomi

Seperti moda transportasi pada umumnya, kereta api juga memiliki kelas ekonomi. Perbedaan kelas ekonomi kereta api saat ini dengan ekonomi pada beberapa tahun sebelumnya adalah fasilitas dan layanannya. Kelas ekonomi kereta api saat ini telah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC dan stop kontak. Selain itu, KAI juga menyediakan bagasi untuk meletakkan barang-barang kamu dan toilet yang terjaga kebersihannya.

Kelas ekonomi kereta api memiliki formasi 106 kursi, 80 kursi, dan 64 kursi khusus untuk penumpang difabel dan lansia. Sering kali menjadi keluhan para penumpang pada kelas ekonomi adalah jenis kursinya yang tidak bisa dimiringkan sehingga penumpang harus bersandar pada kursi yang sudutnya hampir 90 derajat.

Akan tetapi teman online tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena saat ini beberapa kelas ekonomi telah dilengkapi dengan formasi kursi 2-2 dengan sandaran yang bisa dimiringkan atau reclining seat serta dilengkapi dengan arm rest atau sandaran tangan. Jenis kursi ini biasanya sudah pasti ada di kelas ekonomi premium.

2. Kelas Bisnis

Kereta api kelas bisnis memiliki sedikit perbedaan dengan khususnya dengan kelas eksekutif. Kelas bisnis pada kursinya tidak memiliki reclining seat, jadi kamu tidak bisa mengatur kemiringan sandaran kursi. Akan tetapi yang membedakan dari kelas ekonomi adalah kamu bisa mengatur posisi kursi agar bisa berhadapan atau berlawanan arah dengan kursi bagian depan maupun belakang kamu.

Harga tiket kelas bisnis memang sedikit berbeda dengan kelas ekonomi. Namun, dengan fasilitas yang disediakan, kelas bisnis masih masuk ke dalam jangkauan harga tiket yang relatif murah. Jika kamu ingin menambah kenyamanan ketika beristirahat, kamu bisa menambah sedikit biaya agar bisa mendapatkan bantal serta selimut.

3. Kelas Eksekutif

Kelas eksekutif bisa didapatkan dengan mengeluarkan sedikit lebih banyak biaya. Teman online bisa mendapatkan fasilitas serta kenyamanan yang lebih menarik saat menggunakan kereta api.

Beberapa fitur kenyamanan premium pada kelas eksekutif adalah tempat duduk dengan kenyamanan maksimal dengan susunan 2-2. Kamu juga bisa mengatur posisi serta kondisi kursi kamu sesuai hati. Selain itu, pada bagian bawah kursi belakang terdapat pijakan kaki untuk menghindari kaki kamu dari rasa pegal karena tertekan selama perjalanan.

Kualitas yang paling terasa adalah jarak antara masing-masing kuris sangat lebar. Berbeda dari kelas bisnis dan ekonomi sehingga kamu memiliki ruang yang lebih luas.

Ada harga ada kualitas, kelas eksekutif menyediakan bantal dan selimut secara gratis untuk kamu agar tidak kedinginan selama perjalanan. Kamu juga bisa sampai stasiun dengan lebih cepat dibanding kelas lainnya. Kereta eksekutif tidak berhenti di setiap stasiun sehingga membuatnya tiba lebih cepat dibanding kereta bisnis dan ekonomi pada jarak tempuh yang sama.

4. Luxury

Jika kamu ingin merasakan kenyamanan dan fasilitas yang lebih unggul dari kelas eksekutif, kamu bisa memilih kereta luxury untuk perjalanan kamu. Jenis kereta yang baru meluncur pada tahun 2018 ini menawarkan kamu kenyamanan terbaik.

Dengan kursi yang empuk dan bisa disandarkan hingga 170 derajat, kursi pada kereta luxury ini juga memiliki sandaran kaki yang menyatu dengan kursi kamu. Sehingga kamu bisa rebahan dengan nyaman dan santai selama perjalanan.

Di dalam kereta, ada fasilitas berupa pembatas antar penumpang, entertainment on board, laci penyimpanan, lampu baca, stop kontak, serta headphone yang siap menemani perjalanan kamu. Terakhir, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas makan gratis 1 kali beserta cemilan dan minuman.


Itulah 4 jenis kelas yang ada pada layanan kereta api yang disediakan oleh PT. KAI saat ini. Di Setiap kelasnya memiliki fasilitas berbeda-beda yang bisa kamu rasakan sesuai dengan keinginan. Untuk kelas luxury, kamu juga bisa menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun.

18 komentar

18 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta
    18 Oktober 2023 pukul 11.55
    Belum punya pengalaman naik kereta sama sekali dan selama ini tahunya cuma kelas ekonomi dan kelas bisnis saja ternyata ada 2 jenis kelas lainnya juga ya. Jadinya nanti kalau ada kesempatan buat naik kereta api gak bingung lagi nih milih kelasnya yang sesuai dengan kebutuhan dan budget
    Reply
  • Fera Marentika
    Fera Marentika
    16 Oktober 2023 pukul 14.30
    wah belum pernah naik kereta kelas luxury, sepertinya nyaman sekali yaa ^^ sudah lama juga aku ga naik kereta jarak jauh, jadi kangen suasanya :D
    Reply
  • Deeva Collection
    Deeva Collection
    16 Oktober 2023 pukul 03.35
    Alhamdulillah jadi paham jenis kereta api, dulu awal-awal.naik kereta api cuma ekonomi doang, makin ke sini sukanya eksekutif atau bisnis. Lucury belum lernah naik masih
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    15 Oktober 2023 pukul 22.46
    Wah, kereta sekarang makin kece aja ya! Aku dulu mikir kereta eksekutif itu udah top banget, tapi ternyata ada luxury yang makin wah lagi. Penasaran banget rasanya naik yang luxury, pasti kayak di pesawat bisnis class kali ya. Tapi kalo buat yang budgetnya pas-pasan kayak aku, eksekutif atau bisnis udah oke banget deh. Mau coba deh kalo ada kesempatan, apalagi buat perjalanan jauh. 👌🚄
    Reply
  • ginanelwan
    ginanelwan
    15 Oktober 2023 pukul 21.53
    penasaran pen cobain yang luxury, keknya seru aja lebih mewah dari bisnis ya,,nanti mo coba ke Surabaya
    Reply
  • April Hatni
    April Hatni
    15 Oktober 2023 pukul 21.53
    Aku paling nggak bisa perjalanan jauh, karena pasti lelah dan capek banget. Dari dulu pengin banget naik kereta, tapi khawatir kecapean. Eh tapi sekarang ini kereta di Indonesia sudah banyak yang bagus, nggak kayak dulu banget. Perlu banget nyoba nih tar pas mudik.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    15 Oktober 2023 pukul 21.39
    keren sih KA sekarang ada kelas berdasarkan kursi dan fasilitasnya. kalau jarak pendek sih tentu pilih yang ekonomi saja, tapi kalau mau naik KA sampai surabaya aku pasti pilih luxury, kalau ke jakarta yaaaa kelas bisnis boleh lah, hehehe. duuh jadi pengen naik KA sama anak-anak, pasti seru yaaaaa. auto ccuzzzz naik kereta next sunday ....jarak deket aja dan pesen yang ekonomi dulu deh, hihihi
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    15 Oktober 2023 pukul 21.39
    keren sih KA sekarang ada kelas berdasarkan kursi dan fasilitasnya. kalau jarak pendek sih tentu pilih yang ekonomi saja, tapi kalau mau naik KA sampai surabaya aku pasti pilih luxury, kalau ke jakarta yaaaa kelas bisnis boleh lah, hehehe. duuh jadi pengen naik KA sama anak-anak, pasti seru yaaaaa. auto ccuzzzz naik kereta next sunday ....jarak deket aja dan pesen yang ekonomi dulu deh, hihihi
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    15 Oktober 2023 pukul 21.34
    Semua jenis kereta itu udh pernah aku naiki. Mulai dr kelas ekonomi yg hrs duduk di lantai hingga sambungan gerbong, bahkan di depan WC yg super bau. Atau kelas bisnis yg duduknya hadap2an dgn org lain (yg dl blm bs ditarik ke depan) sampe kelas eksekutif.

    Nah yg Luxury ini nih yg blm coba. Rutenya sampe Surabaya sih. Blm ada ke daerahku tuh. Tp smg ntr ada rezeki jd bs ikut cobain kereta luxury ini.
    Reply
  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako
    15 Oktober 2023 pukul 21.33
    sekarang lagi happening yang luxury, semua kembali lagi ke preferensi setiap orang sih ya, kalo memang suka perjalanan darat, naik luxury ya worth it ya dgn kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan
    Reply
  • Han
    Han
    15 Oktober 2023 pukul 21.20
    Sejak kereta api jadi buagusss banget akhir2 ini, aku baru naik kereta sekaliii aja tujuan Banyuwangi dan itu kelas ekonomi. Meskipun tempat duduknya masih tegak buanget tapi jadi jauuuh lebih nyaman karena bersiiihh, trus juga yang paling penting ONTIME.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    15 Oktober 2023 pukul 21.18
    Beda kelas, beda fasilitasnya ya
    Aku sudah pernah nyobain semua kelas kereta apai
    Kecuali yang Luxury sihh
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    15 Oktober 2023 pukul 20.57
    Dih pengen banget mencoba naik kereta api di kelas luxury. Berasa beneran jadi sultan kali ya. Hahaha...
    Alhamdulillah ya sekarang kelas ekonomi kereta api di Indonesia sudah lebih baik. Semoga semua pelayanan terus ditingkatkan juga.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    15 Oktober 2023 pukul 20.36
    Aduh, udah lama juga nih nggak naik kereta. mana di Bali nggak ada, haha.. Sejauh ini sih paling sering naik yang kelas ekonomi, bahkan sampe pernah ndelosor karena tempat duduknya full, haha.. Tapi yg fasilitas sekarang udah lebih baik yah, semoga kelak bisa nyobain naik yang luxury sama eksekutif, hehe..
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    15 Oktober 2023 pukul 20.05
    Belakangan ini aku agak penasaran dengan kelas luxury di kereta api yang di medsos tuh banyak dikenalkan. Sekarang aku jadi paham deh pada akhirnya apa saja sih perbedaan yang disediakan pada kelas-kelas di kereta api tuh. Termasuk aku jadi eungeuh bedanya eksekutif dan luxury.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    15 Oktober 2023 pukul 10.38
    Makin asik sih ini naik kereta karena daku pun melihat berita tampak makin nyaman ya.
    Bisa memilih juga pilihan kelas mau yang mana, disesuaikan sama bujet dan kondisi juga.
    Cuss traveling dengan kereta
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    13 Oktober 2023 pukul 21.07
    Salah satu favorit saya kalau mau ke mana-mana adalah kereta api Mbak. Apalagi sekarang sudah lebih nyaman. bersih, tidak ada penjual dan pengamennya. Naik kelas ekonomi juga nyaman. Hanya saya baru bisa cobain kelas ekonomi dan bisnis hehehe. Semoga bisa naik kelas Eksekutif dan Luxury. Aamin.
    Reply
  • hani
    hani
    13 Oktober 2023 pukul 14.32
    Aku belum pernah naik KA yang kelas Luxury. Kayaknya enak banget nih untuk ke luar kota jarak jauh. Punggung engga capek, dan bisa tidur manis.
    Buat aku paling nyaman emang naik KA sih. Engga kejebak macet, dan lumayan on time kok. Boardingnya juga engga harus berjam-jam sebelumnya kayak pesawat.
    Reply