Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Rekomendasi Sekolah Homeschooling Online untuk PAUD

Homeschooling online

Halo teman online! Selain homeschooling mandiri, teman online juga bisa memiliki opsi lain untuk melakukan homeschooling secara online atau disebut dengan homeschooling online. Melalui opsi ini, orang tua cukup jadi fasilitator di rumah. Sementara itu, kurikulum dan semua modul sudah disiapkan oleh sekolah homeschooling online.

Lalu, apa bedanya dengan sekolah online biasa? Yuk, mari kita bahas! Aku juga punya beberapa rekomendasi sekolah homeschooling online untuk PAUD. Baca sampai akhir, ya, teman online-ku.


Apa itu Sekolah Homeschooling Online?

Sebelum mengenal lebih jauh tentang homeschooling online, teman online harus paham dulu prinsip dasar homeschooling. Secara singkat, homeschooling merupakan sekolah alternatif yang memposisikan anak sebagai subjek, bukan objek. Kegiatan belajar dan mengajar dalam homeschooling mendapatkan pengawasan dari orangtua atau tutor pendamping di rumah.

Lalu, apakah homeschooling online itu?

Dengan prinsip yang sama, homeschooling online juga dilakukan dari rumah dengan pengawasan orang tua. Hanya saja semua materi pembelajaran, alur belajar, kurikulum, tutor pendamping hingga ruang diskusi dilakukan secara online.

Selain itu, orang tua juga harus mengeluarkan biaya bulanan atau tahunan untuk biaya sekolah homeschooling online. Berbeda dengan homeschooling mandiri yang pengeluaran biaya menyesuaikan dengan kegiatan belajar.

Homeschooling anak usia dini
Sumber: dokpri

Kalau aku pribadi saat menjalani homeschooling anak usia dini secara mandiri tetap mengeluarkan biaya yang bisa dibilang hampir sama dengan homeschooling online. Mulai dari penyediaan rak buku, aparatus Montessori based, bahan belajar, buku, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, homeschooling online untuk paud bisa jadi pilihan praktis homeschooling anak usia dini. Teman online tidak perlu lagi pusing mencari ide bermain atau breakdown kurikulum. Cukup bayar, sediakan waktu bermain dengan anak, lalu tunggu pengiriman modul dan kit permainan.


Daftar Sekolah Homeschooling Online untuk PAUD

Aku pribadi baru akan mencoba salah satu sekolah homeschooling online untuk si kecil bulan Oktober nanti. Namun, buat teman online yang penasaran, aku sudah kepo beberapa sekolah homeschooling online.

Berikut beberapa rekomendasi sekolah homeschooling online untuk PAUD dengan berbagai metode, kurikulum, serta biaya yang bervariasi. Ini dia daftarnya, langsung cek saja, ya!

1. Cendekiawan Cilik Homeschooling 

Homeschooling online
Sumber: instagram @cendekiawancilik

Pertama ada sekolah homeschooling online untuk anak usia dini 2-6 tahun, namanya Cendekiawan Cilik (instagram @cendekiawancilik). Sekolah Cendekiawan Cilik menggunakan kurikulum yang sudah disesuaikan dengan Kemendikbud RI.

Kegiatan dalam homeschooling online menggunakan metode Islamic Brain-Based Learning. Metode ini dapat mengoptimalkan fungsi otak anak yang mengacu nilai-nilai Islam untuk membangun karakter anak.

Nama program homeschooling online khas Cendekiawan Cilik adalah Sekolah Stimulasi Anak. Durasi satu program sebanyak 10 pekan dengan biaya antara Rp475.000-Rp500.000.

2. Alkindi Online Preschool

Setiap orang menjadi guru. Setiap rumah menjadi sekolah
Ki Hadjar Dewantara
PAUD online
Sumber: instagram @alkindikids

Selanjutnya ada homeschooling online dari Alkindi Online Preschool yang mengusung slogan “1 Rumah 1 guru karena Ibuku adalah Guruku”. Jadi, fokus Alkindi adalah menyediakan fasilitas belajar-mengajar secara online dengan orang tua di rumah sebagai pelaksana kegiatan alias guru anak di rumah.

Alkindi menggunakan kurikulum dengan stimulasi holistik mulai dari bahasa, kognitif, iman, akhlak, motorik, kreativitas, dan life skill. Satu rangkaian program Alkindi Online Preschool berlangsung selama 2 bulan dengan biaya Rp378.000 untuk usia 2,5-5 tahun.

Fasilitas yang didapatkan mulai dari modul belajar, panduan kurikulum, sesi kelas zoom bersama psikolog, webinar, web e-learning, dan WAG kelas.

3. Albata

Sekolah Homeschooling
Sumber: instagram @albata.id

Teman online cari sekolah homeschooling online dengan metode Islamic Montessori? Albata bisa jadi jawaban paling pas untuk pertanyaan tersebut.

Albata menyediakan kelas online dengan tutor dan orang tua yang bertindak sebagai fasilitator.

Selain itu, Albata juga menyediakan kelas offline yang sudah tersedia di Jabodetabek, Jogja, dan Surabaya. Jadi Albata bisa jadi solusi kalau teman online sedang mencari kelas pendamping homeschooling mandiri offline untuk menstimulasi kemampuan sosialisasi anak.

Program dari Albata yang bisa dijadikan sekolah homeschooling online PAUD adalah Toddler Class Online untuk usia 1-3 tahun. Kurikulum yang digunakan berdasarkan Quran dan Sunnah dengan metode Montessori.

Biaya satu program Toddler Class Online sebesar Rp350.000 dengan durasi 4x pertemuan online dalam satu bulan. Kelas ini ada setiap bulan, teman online bisa cek lewat instagram @albata.id

4. Homeschooling Imam Nawawi

PAUD online
Sumber: instagram @hs_imam_nawawi

Homeschooling PAUD online selanjutnya untuk anak usia dini 4-6 tahun dari Homeschooling Imam Nawawi (HSIN). Nama programnya HSIN TK Mandiri Plus dan Reguler Plus.

Loh, kok TK bukan PAUD? Kalau masih ada yang bertanya seperti ini, baca lagi ya tentang definisi sekolah PAUD.

Penyelenggara utama dalam HSIN TK Mandiri Plus tentu saja orang tua di rumah. HSIN sebagai pendamping memberikan fasilitas modul, RPP pembelajaran, akses materi pembelajaran online, program bimbingan orang tua, serta metode evaluasi dan template rapor. Sementara itu HSIN Reguler Plus akan mendapatkan tutor untuk mengajar online 3-4 kali dalam seminggu.

Kurikulum yang digunakan HSIN mengacu pada Quran dan sunnah dengan stimulasi anak usia dini yang bersifat tematik. Kalau aku baca kurikulumnya bagus untuk membangun fitrah iman dan aqidah anak.

Program homeschooling online HSIN TK Mandiri Plus dan Reguler Plus memiliki durasi sekitar 1 tahun ajar. Biaya untuk HSIN TK Mandiri Plus sebesar Rp850.000 dan HSIN TK Reguler Plus sebesar Rp1.750.000.

5. Sekolah Murid Merdeka

Homeschooling online
Sumber: sekolahmuridmerdeka.id

Sekolah Murid Merdeka atau biasa dikenal dengan SMM merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum blended learning pertama di Indonesia. Rincian kurikulum bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Sebelum mengenal lembaga homeschooling online lainnya, SMM ini sekolah yang aku kenal pertama kali. Durasi 1x program Daring Rutin PAUD adalah 1 tahun ajaran. Biaya program bervariasi tergantung dari program dan add on yang dipilih mulai dari 7 jutaan.

Saat mendaftar program Daring Rutin PAUD akan mendapatkan fasilitas:

  • Belajar live 3 kali seminggu, di luar itu tetap belajar di rumah bersama orang tua.
  • Mendapatkan playkit atau add on yang dikirim ke rumah jika memilih tambahan tersebut
  • Kegiatan pameran karya di cabang terdekat setiap bulan
  • Menggunakan platform belajar all in one (App Based) untuk kebutuhan belajar daring
  • Bisa konsultasi secara langsung dengan guru atau tutor SMM

6. Alta School

Alta School merupakan sekolah homeschooling mulai dari jenjang PAUD yang juga menggunakan kurikulum blended learning. Aku sudah pernah bahas detail Alta School homeschooling paud online di postingan sebelumnya. Mulai dari kurikulum, biaya, dan fasilitas.

Secara singkat, Alta School memiliki kelas daring yang lebih banyak dengan tutor karena orang tua lebih ke fasilitator saja. Namun, satu hal yang menarik adalah Alta School selalu menyediakan project yang bisa dilakukan di rumah bersama orang tua.


Sekolah homeschooling online bisa jadi pilihan teman Ibu atau Ayah dalam membersamai tumbuh kembang anak usia dini. Dari berbagai pilihan rekomendasi homeschooling anak usia dini secara online, orang tua bisa memilih sekolah atau lembaga sesuai dengan preferensi.

Bagi teman online yang tertarik atau sedang mempersiapkan homeschooling untuk anak usia dini di rumah, pilih homeschooling online yang mana? Yuk, diskusi di kolom komentar!


Referensi

Instagram @cendekiawancilik

Instagram @albata.id

https://alkindionlinepreschool.com/

https://hs.imamnawawi.school/

https://www.sekolahmuridmerdeka.id/

13 komentar

13 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Alfida Husna
    Alfida Husna
    25 Juli 2024 pukul 20.51
    Wah aku baru tahu ada homeschooling online. Homeschooling online juga bisa jadi pilihan bagi orang tua yang ingin terlibat langsung dalam proses belajar anak ya. Ada banyak pilihan homeschooling online, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan anak dan orang tua.
    Reply
  • Andrie K.
    Andrie K.
    22 Juli 2024 pukul 05.11
    Aku juga nanti rencana mau menyekolahkan anakku dihomescholling agar bisa fokus dengan apa yang diminatinya. Apalagi di artikel ini ada beberapa rekomendasi pilihan homescholling yang bagus, saya cek cek dulu deh
    Reply
  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    21 Juli 2024 pukul 22.45
    Hmm. Kalau PAUD anakku dulu yang offline banget, plus dekat timah dan murce. Hehe ... itulah PAUD kampung binaan kader PKK.
    Reply
  • April Hamsa
    April Hamsa
    21 Juli 2024 pukul 22.17
    Jadi keinget masa2 pandemi saat sekolah2 gini atau lebih tepatnya PKBM ini bermunculan. Kebetulan anakku sejak awal sekolah dengan Sekolah Murid Merdeka. Dari yang awalnya daring sekarang menjadi tatap muka rutin. Senengnya sih gak terlalu akademik tapi membantu memunculkan potensi anak gtu deh.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    21 Juli 2024 pukul 16.50
    aku baru tahu paud juga ada yang homeschooling juga. berarti ini gurunya bawa peralatan banyak banget ya ke rumah?
    Reply
  • Andri Marza
    Andri Marza
    21 Juli 2024 pukul 14.44
    Terima kasih banyak bun atas rekomendasi home schoolingnya. Ini bisa jadi solusi terbaik untuk orang tua yang pengen ngembangin kemampuan anak dari kecil, tapi terbatas akan pengetahuan yang dimiliki. Bisa jadi sarana bonding juga untuk orang tua dan anak.
    Reply
  • Utie Adnu
    Utie Adnu
    20 Juli 2024 pukul 21.54
    Boleh nih kak.. kalau anak belajar online malah bikin hemat waktu gak sih... Gak anter2 sekolah..mungkin aku pilih yg Cendekiawan Cilik online kali ya yg menggunakan kurikulum yang sudah disesuaikan dengan Kemendikbud RI juga
    Reply
  • Ninin
    Ninin
    20 Juli 2024 pukul 21.09
    Baru tau PAUD bisa homeschooling y? aku kirain untuk sekolah dasar dan menengah aj... btw mau tanya, kalau homeschooling begitu interaksi dengan teman bagaimana ya? secara anak segitu harus banyak belajar berinteraksi dengan sekitar..
    Reply
  • Lintang
    Lintang
    17 Juli 2024 pukul 22.21
    Penasaran sama Albata karena menggunakan metode Islamic Montessori, apalagi juga ada kelas offline buat anak-anak yang ngga suka online ya. Enak nh homeschooling online, kita jadi ngga bingung bikin kurikulum dan ide bermain yang bikin pusing.
    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai
    17 Juli 2024 pukul 15.31
    Dulu saya pernah ingin anak-anak homeschooling aja. Tapi, infonya masih terbatas banget. Asik banget ya sekarang semakin banyak yang menganggap kalau HS juga sebuah pilihan bagus.
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    16 Juli 2024 pukul 12.16
    Kalau diriku sih biasanya memperhatikan beberapa hal seperti kurikulum dan metode pembelajaran yang ditawarkan. Pastikan kurikulumnya sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan pendidikan keluarga.
    lalu Pilihlah sekolah dengan guru yang berpengalaman dan tersertifikasi. Guru yang baik akan mampu membimbing anak belajar secara efektif dan menyenangkan.
    Reply
  • Nasha
    Nasha
    16 Juli 2024 pukul 11.32
    pas bget ini mba lg cari2 opsi sekolah online buat anak. baru tau bbrp dr yg diatas sih, tar coba dipelajari lg biar dapet yg paling pas sesuai kebutuhan anak hehe thanks mba
    Reply
  • Aminudin Aszad
    Aminudin Aszad
    15 Juli 2024 pukul 18.42
    Terima kasih kak infonya. Pengen coba homeschooling, tapi biayanya itu lohhh,


    Newsartstory
    Reply