Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Wisata di Sumatera Barat paling Populer, Cantik dan Eksotis!

Rental mobil Padang

Halo teman online! Ada yang sudah pernah plesir ke Sumatera Barat? Pasti setuju kalau wisata di Sumatera Barat nggak kalah menarik dengan destinasi lain di Indonesia seperti Bali.

Kapan lalu aku bertanya ke teman di sana, lalu mendapatkan rekomendasi destinasi wisata yang menarik di Sumatera Barat. Apa saja itu? Yuk simak di sini!


Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumatera Barat Paling Populer

Provinsi Sumatera Barat sudah dikenal banyak wisatawan asing maupun lokal akan keindahannya. Beberapa tempat wisata ini wajib teman online kunjungi saat berada di Sumatera Barat.

1. Pulau Pagang

Pulau Pagang merupakan salah satu wisata alam paling populer di Sumatera Barat. Lokasi Pulau Pagang ada di Sungai Pinang, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Selain air laut yang masih bening kebiruan, Pulau Pagang menawarkan keindahan pasir putih sepanjang pantai dengan luas sekitar 12 hektar. Di sini terdapat banyak cottage untuk menginap dengan harga mulai dari 800.000 per malam.

Teman online juga bisa melakukan berbagai aktivitas di Pulau Pagang. Mulai dari snorkeling, berenang, camping, bahkan mendaki bukit di sekitar pantai. Menarik sekali, bukan?

2. Istano Basa Pagaruyung

Selanjutnya ada wisata Istano Basa Pagaruyung atau dikenal dengan Istana Besar Kerajaan Pagaruyung berupa replika istana Kerajaan Pagaruyung.

Bangunannya memiliki bentuk rumah gadang. Di dalamnya merupakan museum lengkap dengan peralatan dan benda-benda koleksi Istana Kerajaan Pagaruyung.

Obyek wisata ini cocok untuk teman online yang tertarik dengan sejarah dan budaya Sumatera Barat. Lokasinya ada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

3. Jam Gadang Bukittinggi

Nah, kalau Jam Gadang Bukittinggi ini sangat familiar bagiku karena menjadi semacam ikon wisata di Sumatera Barat. Jadi kalau ada yang menyebutkan kata Sumatera Barat, aku langsung auto ingat Jam Gadang.

Sebenarnya apa sih Jam Gadang itu? Jam Gadang ini merupakan suatu menara jam yang dibangun oleh seorang Arsitek asli Minangkabau yaitu Yazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh tahun 1926 atas perintah Ratu Belanda Wilhelmina.

Perpaduan arsitektur menarik khas eropa dan budaya khas Sumatera Barat pada atap jam, menjadikan jam Gadang Bukittinggi sangat unik. Oleh karena itu, wisata Jam Gadang Bukittinggi cukup populer di Sumatera Barat.

4. Kampung Eropa Harau

Awalnya aku penasaran kenapa di wisata alam lembah Harau bisa disebut sebagai Kampung Eropa Harau. Ternyata oh ternyata, di dekat situ ada Lembah Harau Park yang memuat sejumlah replika negara-negara Eropa dihadirkan dalam bentuk wisata di Kampung Eropa.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berada di Benua Eropa karena ada berbagai replika ikonik dari berbagai negara Eropa. Ada replika Menara Eiffel dan Piramida Louvre dari Paris, stonehenge dari Salisbury, jam Big Ben ikon London, kincir angin dari Amsterdam, dan masih banyak lagi.

5. Ngarai Sianok

Buat teman online yang suka ketenangan, ingin healing menjernihkan pikiran, pergi ke wisata Ngarai Sianok adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, kawasan ini memiliki sebutan Lembah Pendiam karena suasananya yang tenang, damai, udara bersih, serta memiliki latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai.

Ngarai Sianok sebenarnya merupakan lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit dengan tebing curam. Di tengahnya terdapat aliran sungai kecil yang menambah sejuknya wilayah itu.

Tidak heran Ngarai Sianok masih jadi wisata di Sumatera Barat yang populer di kalangan wisatawan lokal dan interlokal. Teman online wajib datang ke sini, nih!

6. Museum Adityawarman

Rental mobil Padang
Museum Adityawarman (sumber: padangutara.padang.go.id) 

Selain wisata alam yang cantik ann eksotis, Sumatera Barat juga memiliki ragam budaya yang tak kalah menarik. Salah satu wisata budaya yang populer adalah Museum Adityawarman di Padang.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya untuk melestarikan benda-benda bersejarah di Sumatera Barat. Mulai dari cagar budaya Minangkabau dan cagar budaya nasional. Museum yang juga memiliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat merupakan cara singkat untuk melihat budaya di Sumatera Barat.

7. Jembatan Siti Nurbaya

Kalau ke Sumatera Barat rasanya kurang lengkap kalau belum ke Jembatan Siti Nurbaya yang terletak di kota Padang. Penamaan Siti Nurbaya pada jembatan ini berasal dari sebuah kisah memorable dari novel Kasih Tak Sampai oleh Marah Rusli.

Selain itu, letaknya yang strategis membuat Jembatan Siti Nurbaya menjadi salah satu destinasi wisata populer Kota Padang. Jika dilihat dari sisi barat akan terlihat panorama dari Samudera Hindia. Sedangkan jika dilihat dari sisi timur akan terlihat keindahan Bukit Barisan.

Pastinya kalau ke jembatan Siti Nurbaya bakal mendapatkan panorama alam yang indah. Cocok untuk masuk wishlist destinasi wisata di Sumatera Barat.


Transportasi Saat Wisata di Sumatera Barat

Soal akomodasi aku lebih prefer sewa mobil saat berada di sana agar waktu lebih fleksibel. Maklum, mamak-mamak sepertiku pastinya bakal rempong dan agak susah kalau menggunakan transportasi umum.

Nah, kalau mau jalan-jalan ke Sumatera Barat paling enak sewa hotel di kota Padang, lalu sewa mobil di rental mobil Padang Vicini Travelindo. Ini rekomendasi dari kolega di Padang yang ada di sana karena harga sudah All-In sudah termasuk driver, proses pesan mudah, nyaman, bersih, dan orang lokal sehingga pasti sudah kenal medan jalanan.

Pastinya bikin mood mamak-mamak sepertiku happy terus selama di Sumatera Barat. Yuk, liburan ke Sumatera Barat! Jangan lupa sewa mobil aja di rental mobil Padang.


Referensi

https://padangutara.padang.go.id/

https://vicinirentalmobil.com

16 komentar

16 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    27 Juli 2024 pukul 19.57
    Sumatera Barat ternyata punya banyak tempat keren untuk dikunjungi! Pulau Pagang dengan pasir putihnya bikin pengen langsung terjun ke laut, sementara Istano Basa Pagaruyung cocok banget buat yang pengen ngulik sejarah. Jam Gadang Bukittinggi dan Kampung Eropa Harau juga nggak kalah seru, bener-bener bikin penasaran! Plus, Ngarai Sianok dan Museum Adityawarman nambahin daftar tempat wajib dateng.
    Reply
  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari
    27 Juli 2024 pukul 12.59
    Kak, saya udah lama pengen ke Sumatera. Pengen lihat rumah Gadang. Doakan bisa ke sana ya kak. Kalau kesampaian, saya tidak akan melewatkan Sumatera Barat.
    Reply
  • Akarui Cha
    Akarui Cha
    26 Juli 2024 pukul 05.55
    Banyak banget lokasi wisata cantik yang bisa dikunjungi bila berkunjung ke Padang nih. Selama ini yang sering terdengar itu tentang Ngarai Sianok yang cantiknya luar biasa, juga Jam Gadang di Bukittinggi. Ternyata ada banyak lagi destinasi wisata menarik yang bisa disambangi bila berkunjung ke sana.
    Reply
  • Diaz Bela
    Diaz Bela
    26 Juli 2024 pukul 05.03
    Wah keren-keren banget ya destinasi wisatanya! Semoga suatu hari nanti bisa traveling ke sumatera barat :)
    Reply
  • Han
    Han
    25 Juli 2024 pukul 22.53
    museumnya pun iconik banget ya kak, masyaAllah, ini yang dicintai dari Indonesia. Buanyaaak banget budaya yang bisa diselami :)) Proud to be Indonesian kalo gini hahaah
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    25 Juli 2024 pukul 22.12
    Penasaran dgn Jembatan Siti Nurbaya ini. Novel klasik yg jd bahan wajib saat aku masuk kelas 3 Bahasa dulu. Nggak diwajibin jg aku pasti baca krn dulu serialnya happening banget saat masih kecil. Meski blm mengerti apa itu cinta, tp serialnya emg booming. Pas SMA, jd mengerti bgt ceritanya.

    Smg suatu saat bs berkunjung ke Padang ya kak. Bs ke Jam Gadang hingga Ngarai Sianok yg terkenal itu. Dulu hny sempat ke Aceh, yg transit bentar di Medan. Jd blm explore daerah Sumatera Barat nih.
    Reply
  • Priyo Harjiyono
    Priyo Harjiyono
    25 Juli 2024 pukul 21.28
    Wah jadi makin menarik nih pengen ke lembah Harau selain bisa menikmati bentang alam juga udah disiapkan wahana wisata yang baru n berbeda
    Reply
  • Tria TR
    Tria TR
    25 Juli 2024 pukul 21.11
    Banyak sekali tempat menarik di Sumatra Barat, ya. Rasanya pengeeen mendatangi semuanya.
    Reply
  • Catcilku
    Catcilku
    25 Juli 2024 pukul 19.33
    Huhu belum pernah ke Padang. Cuma dapar cerita saja dari teman. Jadi penasaran dengan ngarai sihanok. Katanya kawasan air terjun yang letaknya di pinggir jalan
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    25 Juli 2024 pukul 19.13
    Seru seru yaa.. wisata yang ada di Sumatera Barat.
    Aku yakin sih.. ini gak cukup seminggu. Hehehe, karena kan lokasinya lumayan.. dan kabarnya sumbar tuh tantanganan kontur jalanannya persis kaya Bandung yaa... Jadi kudu sewa mobil yaa.. biar lebih fleksibel tapi juga satset dalam memenuhi bucket list wisata di Sumatera Barat.
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    25 Juli 2024 pukul 18.25
    Aww.. Belum pernah ke Sumbar akutuh. Penasaran sama Ngarai Sianok, semoga pankapan bisa lewat sana, hihihi..
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    25 Juli 2024 pukul 17.00
    Nomor 2,3,5,7 inceran daku buat jadi itinerary kalo semisal berkunjung ke Sumatera Barat. Soalnya selama ini melihatnya lewat film aja hehe, belum pernah secara langsung
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    25 Juli 2024 pukul 15.34
    Banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di sumatera barat. Pemandangan indah dan budaya yang masih kental jadi daya tarik memikat wisatawan.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    25 Juli 2024 pukul 10.36
    Jam gadang sama ngarai Sianok itu terkenal banget ya lokasi wisata di Sumatra Barat. Ternyata masih ada banyak lagi lokasi wisata lainnya yang semuanya pengen saya kunjungi juga pastinya.
    Semoga ada umur, rezeki dan jodohnya nih bisa main ke Sumbar
    Reply
  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini
    25 Juli 2024 pukul 09.08
    Kalau suatu hari nanti kaki saya mendarat di Padang, yang paling pengin saya kunjungi perdana adalah Jam Gadang dan Ngarai Sianok.
    Reply
  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto
    24 Juli 2024 pukul 21.37
    Wah, tempat wisata di Sumatera ini keren-keren ya. Saya jadi segera pengin ke sana. Apalagi belum pernah. Kalau tahunya sudah dari kecil dari membaca atau menonton televisi. Misalnya Jam Gadang. Pengin juga ke Jembatan Siti Nurbaya, karena sudah baca bukunya dan dulu nonton sinetronnya di TVRI.
    Reply