Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Tips Pasang CCTV Outdoor di Luar Rumah Agar Hasil Maksimal

cctv ip camera outdoor
Sumber: freepik.com free photo

Halo teman online! Jika dilihat dari tempat pemasangannya CCTV terbagi menjadi dua jenis yaitu CCTV Indoor dan CCTV Outdoor. Pasang CCTV outdoor di luar rumah membutuhkan perencanaan yang lebih teliti agar hasil pengawasan dan keamanan maksimal. Mengingat letaknya yang berada di luar rumah, maka akan banyak faktor luar yang mempengaruhi hasil rekaman CCTV tersebut.

Faktor seperti terdapat frekuensi suara yang lebih tinggi di luar, tingkat pencahayaan yang berubah-ubah, cahaya matahari, jangkauan orang dan faktor lainnya yang bisa mengganggu hasil rekaman CCTV. Oleh sebab itu ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan untuk memasang CCTV di luar ruangan agar hasilnya tetap maksimal.


Tips Memasang CCTV Outdoor Agar Hasilnya Maksimal

Menempatkan kamera CCTV di outdoor memang memiliki berbagai pertimbangan tambahan yang berbeda dengan CCTV indoor. Untuk itu dibutuhkan tips memasang CCTV outdoor yang tepat agar hasil rekaman maksimal, seperti di bawah ini:

1. Pastikan Peletakkan Kameranya Tidak Terjangkau

Pencuri atau orang yang memiliki niat jahat untuk melakukan tindak kriminal pasti akan melakukan pengecekan di area sekitar untuk memastikan ada atau tidaknya CCTV. Jika pemasangan CCTV outdoor di tempat yang mudah dijangkau maka para pelaku akan berusaha merusaknya untuk dapat melancarkan aksi jahatnya.

Jadi, sangat penting meletakkan kamera di area yang sulit dijangkau agar tidak dirusak oleh para pelaku kejahatan. Akan tetapi meskipun sulit dijangkau pastikan kamera CCTV tersebut tetap dapat merekam dan mengambil gambar serta dapat mengidentifikasi orang yang datang dengan baik.

2. Hindari Refleksi Cahaya

Refleksi cahaya matahari atau lampu di sekitar area pemasangan CCTV bisa mengakibatkan suar lensa. Suar tersebut akan membentuk lingkaran atau titik-titik yang muncul pada rekaman video yang diambil oleh kamera CCTV. Hal ini akan menyulitkan Anda dalam melihat hasil gambar karena tidak begitu jelas dan silau. 

Selain itu cahaya yang sangat terang juga akan memunculkan cahaya latar atau backlight yang mengakibatkan video akan menjadi pucat. Jika cahaya yang memantul semakin besar maka hasil gambarnya akan semakin pucat bahkan putih. 

3. Terjangkau Koneksi Wifi

Jika teman online sering melakukan kontrol terhadap rekaman CCTV setiap hari meskipun sedang berada di luar kota maka pastikan CCTV yang dipasang berada di area yang terkoneksi dengan wifi. Jika menggunakan router maka pastikan router tersebut mengeluarkan signal yang kuat dan mampu menjangkau CCTV outdoor yang dipasang. 

Kalau sinyal wifinya hilang timbul dan tidak stabil maka kinerja rekaman atau gambar yang dihasilkan juga akan buruk. Hal ini akan sangat merugikan, karena kamu tidak bisa melakukan pengamatan dengan baik.

4. Pilih Kamera Beresolusi Tinggi

CCTV outdoor
Sumber: Canva Pro

Resolusi kamera akan berhubungan langsung dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Jika teman online menggunakan CCTV IP camera outdoor dengan resolusi tinggi maka tangkapan gambarnya pun akan bagus dan jernih. Biasanya resolusi CCTV outdoor sudah mampu mendukung HD dan ini adalah kualitas gambar yang tinggi. Jika memungkinkan kamu bisa menggunakan ful HD agar hasil gambarnya terlihat sangat jelas.

5. Pilih Kamera dengan Fitur Pergerakan, Pendeteksi dan Night Vision

Ada banyak fitur yang ada ada kamera CCTV yang mampu mendukung hasil rekaman. Fitur pergerakan kamera misalnya akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengawasan di area luar rumah tema online. Bahkan jika ada sebaiknya CCTV mampu digerakkan secara horizontal, vertikal bahkan memutar. 

Selain itu kamu juga bisa memilih CCTV dengan fitur zoom yang mampu menangkap objek dan memperbesar hasil rekamannya untuk memudahkan identifikasi. Satu lagi fitur yang penting dimiliki CCTV yang dipasang di luar ruangan adalah night vision yang menggunakan infra red sehingga mampu menangkap dan merekam gambar dengan baik meskipun tidak ada cahaya. Fitur ini berguna untuk memaksimalkan fungsi CCTV di malam hari. 

6. Pastikan Jumlahnya Sesuai Kebutuhan

Banyak jumlah kamera yang akan dipasang sebenarnya tidak ada standarnya, cukup disesuaikan saja dengan kebutuhan. Nah, kebutuhan kamera ini sangat tergantung pada ukuran dan tata letak rumah sehingga mempengaruhi jumlah kamera yang akan digunakan. Teman online harus memastikan dengan baik jumlah kamera yang akan dipasang.

7. Pasang di Titik-Titik Rawan

Pemasangan kamera CCTV tidak boleh sembarangan, pasanglah di titik-titik yang dianggap rawan dan penting. Misalnya di area rumah yang menghadap ke jalan raya, pintu masuk, pintu keluar, lorong dan sebagainya. Teman online bisa menentukan sendiri titik rawan tersebut sesuai dengan layout rumah yang akan dipasang CCTV.  

Tips di atas bisa diikuti jika teman online ingin memasang CCTV outdoor di rumah. Tidak mudah memang melakukan pemasangan CCTV di luar ruangan karena banyak faktor pengganggu yang harus disingkirkan. Maka, banyak orang yang memilih menggunakan jasa untuk melakukan pemasangan kamera CCTV untuk luar ruangan.

Agar mudah pemasangannya, teman onljne bisa memilih kamera CCTV terbaik untuk luar ruangan adalah Hikvision AcuSense. CCTV IP Camera Outdoor ini mampu memberikan hasil rekaman yang akurat. Jika teman online tertarik untuk menggunakan kamera CCTV Hikvision AccuSense, kamu bisa mencari informasinya lebih lanjut di sini.

Posting Komentar

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi